Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Google Pixel Buds Generasi Kedua Resmi Dijual, Kompetitor Apple AirPods

0 1.616

Saat memperkenalkan Google Pixel 4 series pada sebuah event di Oktober 2019 lalu, Google juga memperkenalkan aksesoris resmi mereka, salah satunya adalah Google Nest Mini dan Google Pixel Buds 2. Nest Mini sudah tersedia di Indonesia akhir Februari lalu, sementara Pixel Buds baru sebatas pengenalan, belum tersedia secara global.

Sampai pada akhirnya, pada 27 April kemarin, Google secara resmi menjual perangkat earphone true wireless stereo (TWS) pertamanya. Perangkat ini memiliki fitur yang bisa dibilang setara dengan aksesoris dari Apple yaitu AirPods. Selain Google Pixel Buds (2020), Google juga memperkenalkan teknologi pairing baru melalui Bluetooth.

Google Pixel Buds versi pertama mempunyai reputasi yang cenderung jelek, dengan kualitas audio dan kualitas telepon yang kurang serta isu konektivitas. Lewat Pixel Buds versi baru, Google mencoba mengatasi isu tersebut dengan teknologi baru serta Adaptive Sound.

Baca juga: Google Nest Mini Hadir di Indonesia, Speaker Canggih Berteknologi AI

Keunggulan Google Pixel Buds Generasi Kedua

Secara desain, perangkat ini dilengkapi karet tambahan (stabilizer arc) agar tetap presisi alias tidak mudah lepas ketika digunakan untuk berolahraga sekalipun. Bodinya sudah dibuat tahan keringat dan tetesan air dengan sertifikasi ketahanan IPX4. Dalam sekali penggunaan, Pixel Buds (2020) bisa menyetel musik lima jam non-stop. Dikombinasikan dengan wireless charging case, total waktu penggunaan adalah 24 jam.

Untuk meningkatkan kualitas telepon, Pixel Buds (2020) mengkombinasikan sinyal dari mikrofon serta sensor khusus yang bisa mendeteksi apabila rahang pengguna bergerak ketika sedang berbicara. Dengan begitu, perangkat ini dapat digunakan untuk menelepon tanpa gangguan, berguna ketika sedang di rumah dengan kondisi suara anak yang ramai, misalnya.

Serupa dengan adaptive brightness pada sistem operasi Android terbaru, Google Pixel Buds (2020) juga dilengkapi Adaptive Sound yang dapat mengatur volume suara sesuai dengan noise di sekitar. Plus, asisten Google dapat diaktifkan tanpa perlu menyentuh bodi earbud, cukup dengan berkata, “Hey, Google” seperti ke perangkat Google Nest Mini dan smartphone pada umumnya.

Dengan integrasi Google Translate, fitur real-time translation juga hadir. Ketika digunakan sembari ngobrol bersama turis, suara yang didengar dari Pixel Buds dapat terekam otomatis dan langsung menyuarakan hasil translasi, sehingga obrolan bisa dilakukan secara natural. Find My Device juga bisa dimanfaatkan ketika lupa saat meletakkan earbud. Salah satu earbud akan menyalakan suara, dan berhenti otomatis ketika sudah ditemukan atau tersentuh.

Saat ini, Pixel Buds (2020) sudah tersedia di toko resmi Google serta ritel di Amerika Serikat, seperti AT&T, Best Buy, Walmart dan lainnya dalam varian warna putih. Untuk varian warna lain—Almost Black, Quite Mint dan Oh So Orange—Google bakal menghadirkannya di beberapa bulan mendatang, termasuk pasar yang lebih luas secara global. Perangkat ini dibanderol seharga 179 USD atau sekitar Rp2,7 juta.

Google Perkenalkan Teknologi Fast Pair

google pixel buds

Bersama dengan perilisan Google Pixel Buds (2020), Google memperkenalkan proses pairing lebih mudah dengan earphone TWS yang sudah mendukung teknologi Fast Pair. Saat ini, baru Pixel Buds serta Harman Kardon FLY yang punya teknologi tersebut, dan akan segera bertambah waktu mendatang.

Kurang lebih, fungsinya mirip dengan Apple AirPods bisa disambungkan ke perangkat Apple. Ketika case earphone dibuka, langsung muncul notifikasi untuk proses sambung secara instan pada smartphone, atau notifikasi kapasitas baterai bila sudah tersambung. Khusus di Android 10, earphone yang mendukung dapat diganti nama agar lebih personal, dan disambungkan ke Google Assistant serta fitur cari perangkat.