Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Hands-on Samsung Galaxy Watch3: Mewah dan Canggih

0 2.050

Dalam acara peluncuran Samsung Galaxy Unpacked 2020 yang diadakan beberapa waktu lalu, Samsung memperkenalkan sederet perangkat premium yang dihadirkan untuk meningkatkan produktivitas penggunanya. Selain smartphone dan tablet, juga hadir Samsung Galaxy Watch3, sebuah jam tangan pintar yang disempurnakan dari seri Galaxy Watch pertama, rilis 2018 lalu.

Ya, menariknya, Samsung memilih untuk melanjutkan seri Galaxy Watch biasa daripada Galaxy Watch Active. Dengan begitu, desain Galaxy Watch3 terlihat lebih classy, ditambah dengan rotating bezel fisik yang memang menjadi nilai jual smartwatch Samsung sejak awal. Samsung Electronics Indonesia perlihatkan aksesori terbarunya, sekaligus menunjukkan varian baru ke awak media kemarin (8/9).

Dengan mematuhi protokol kesehatan serta membatasi jumlah partisipan setiap sesi, setiap media diberi kesempatan untuk mencoba langsung Samsung Galaxy Watch3, sembari mendengarkan penjelasan mengenai produk oleh Denny Galant, Head of Product Marketing IT and Mobile, Samsung Electronics Indonesia.

Baca juga: Samsung Dukung Pembelajaran Jarak Jauh Melalui Program SSLC

Galaxy Watch3 Hadir Sebagai Asisten Kesehatan Sehari-Hari

Samsung Galaxy Watch3

Menurut Denny, aktivitas masyarakat kini telah kembali di masa new normal dengan sejumlah penyesuaian, dan beberapa aspek berubah jika dibandingkan dengan waktu-waktu sebelumnya. “Samsung menawarkan inovasi dalam Galaxy Watch3 untuk mendampingi dan memudahkan hidup penggunanya menghadapi segala macam aktivitas dalam kesehariannya, dan tetap memonitor kesehatannya,” ujarnya.

Kami pun menjajal langsung Galaxy Watch3 varian 45mm dalam warna Mystic Black. Sejak pertama kali memegangnya, kesan premium sangat terasa. Mulai dari material stainless steel di bagian bodinya, sampai material kulit berkualitas pada bagian strap. Sama sekali tidak terlihat seperti smartwatch, sampai ketika tombol di samping ditekan atau layar disentuh.

Galaxy Watch3 45mm

Kalau Galaxy Watch hadir dengan dimensi yang agak bulky, pada Galaxy Watch3, Samsung berhasil mereduksi dimensinya, kini hadir 14% lebih tipis dan 16% lebih ringan. Namun layar 1,4 inci-nya terlihat lebih besar, berkat rotating bezel yang ukurannya lebih tipis (1,2 inci untuk varian 41mm). Terlindungi Corning Gorilla Glass DX, layar Samsung Galaxy Watch3 cukup spesial.

Selain menggunakan panel SuperAMOLED, smartwatch ini punya fitur full color always on display. Artinya? Berbeda dengan smartwatch lain yang umumnya hanya menampilkan warna hitam putih saat AOD aktif, Galaxy Watch3 bisa tampilkan watchface dengan warna penuh, membuatnya terlihat seperti jam tangan analog biasa. Diklaim mampu menyala sampai 56 jam, tentunya bakal berkurang derastis ketika AOD dinyalakan.

Galaxy Watch3

Menjalankan TizenOS 5.5, smartwatch ini terasa gegas ketika digunakan untuk bernavigasi. Ditenagai Exynos 9110 dual-core dengan RAM 1GB dan memori 8GB, rotating bezelnya memudahkan pengguna untuk bergulir dari satu notifikasi ke lainnya. Dengan memutar bezel, jari kita terbebas dari menyentuh layar, sehingga pesan teks dapat dibaca tanpa terhalang tangan di layar.

Samsung Galaxy Watch3 didesain kokoh dengan standar MIL-STD-810G, dengan rating 5ATM + IP68. Selain pengguna Android, pengguna iPhone dengan iOS 9 ke atas pun bisa menggunakan perangkat ini ke smartphone-nya. Samsung juga sangat mengunggulkan fitur pemantauan kesehatan serta kebugaran pada smartwatch ini.

Blood Oxygen monitoring Galaxy Watch3

Salah satu fitur yang paling dicari di perangkat wearables saat ini adalah pengukuran kadar oksigen dalam darah atau SpO2. Tentunya fitur ini hadir di Galaxy Watch3, dengan proses pendeteksian yang tergolong singkat. Selain itu, perangkat ini juga mampu menganalisa sesi lari, menghasilkan laporan di akhir sesi untuk membantu perbaiki postur, performa dan lainnya. Juga pembacaan VO2max yang ukur konsumsi oksigen saat berolahraga.

Sementara ketika di rumah, pengguna dapat memulai olahraga lewat aplikasi Samsung Health, yang punya lebih dari 120 video Latihan olahraga. Bahkan jika telah memiliki ekosistem perangkat Samsung, kita bisa memulai olahraga dari smartphone, menampilkannya di Samsung Smart TV, kemudian Galaxy Watch3 akan membantu sesi olahraga secara otomatis.

Laila Munaf, Denny Galant
Ki–ka: Laila Munaf, sport enthusiast & Denny Galant, Head of Product Marketing IT and Mobile, Samsung Electronics Indonesia. dalam sesi Q&A Galaxy Watch3 hands-on event Selasa (8/9).

Dalam sesi yang sama, Laila Munaf yang dikenal sebagai sport enthusiast juga membantu menjelaskan fitur-fitur kesehatan di perangkat ini. Sebagai pengajar kelas olahraga, ia rutin memantau intensitas cardio saat sedang mengajar, untuk memastikan tiap sesinya berjalan pada batas optimal.

“Kita bisa lebih mengenal diri kita lebih dalam melalui fitur-fitur seperti Sleep Tracker dan Menstrual Cycle untuk perempuan, dan juga mengetahui seberapa besar manfaat olahraga yang kita lakukan lewat Blood Oxygen, VO2Max dan Running Form Analysis,” tambah Laila. Galaxy Watch3 juga dilengkapi fitur fall detection, yang sesuai namanya, akan secara otomatis mengirimkan pesan SOS ke kontak terpilih apabila penggunanya terdeteksi terjatuh.

Samsung Juga Hadirkan Galaxy Watch3 Versi Titanium

Galaxy Watch3 Titanium
Galaxy Watch3 Titanium 45mm.

Samsung Galaxy Watch3 telah tersedia di Tanah Air, hadir dalam dua pilihan dimensi ukuran. Untuk varian 41mm, hadir dalam warna Mystic Bronze serta Mystic Bronze, dijual seharga Rp5,999 juta. Sementara varian 45mm juga tersedia dalam dua warna (Mystic Silver & Mystic Black), sedikit lebih mahal di Rp6,299 juta.

Lalu untuk pertama kalinya, Samsung Electronics Indonesia memperlihatkan sebuah varian baru yang lebih premium yaitu Galaxy Watch3 Titanium 45mm. Hanya hadir dalam opsi varian warna hitam, smartwatch ini terlihat sangat kokoh dengan strap metal serta bodinya yang terbuat dari titanium. Varian ini bakal tersedia pada 25 September 2020 mendatang, dengan harga Rp8,499 juta.


Cek harga perangkat Samsung di:

ERASPACE LAZADA SHOPEE Blibli Tokopedia