Deretan Games Action James Bond, Sang Agen 007!

Jakarta, Gizmologi – Film terbaru James Bond yang dibintangi Daniel Craig baru saja rilis dan sudah dapat dinikmati di bioskop tanah air. Film berjudul No Time To Die tersebut akan menjadi penutup dari rangkaian film sang Agen 007 versi Daniel Craig. Setelah lebih dari 15 tahun memerankan karakter detektif populer dan menjadi pemeran resmi Bond keenam, aktor asal Inggris itu akhirnya harus menyudahi petualangannya.

Daniel Craig menjadi salah satu aktor Bond yang paling dikenal di seluruh dunia. Ada pula Sean Connery, dianggap yang terbaik, kemudian ada juga Pierce Brosnan, Roger Moore, Timothy Dalton, George Lazenby, Barry Nelson, hingga David Nieven. Kepopuleran James Bond telah membawa karakter rekaan penulis Inggris Ian Fleming, tidak hanya hidup di dunia film. Industri game juga turut membawa karakter flamboyan tersebut ke pasar mereka.

Cerita dan aksi menarik menjadi salah satu nilai jual dari setiap game yang diproduksi. Game resmi pertama hadir pada 1983 berjudul James Bond 007 di bawah developer Parker Brothers dengan konsep side-scrolling dan text adventure berdasarkan cerita dari novel. Kemudian berlanjut ke era Nintendo yang dikembangkan oleh developer Rare maupun rumah produksi Nintendo sendiri, pada durasi tahun 1995 – 1998.

Berlanjut ke era Electronic Arts (EA) sejak 1999. Boleh dibilang produksi EA, diteruskan Activision, berhasil membawa game James Bond konsisten mengisi daftar rilis game aksi kala itu. Ada beberapa judul menarik di bawah bendera EA dan masuk daftar di bawah ini. Setelah itu game James Bond vakum hingga saat ini belum ada game baru yang rilis.

Nah, daripada menanti-nanti game resmi sang Agen 007 dalam ketidakpastian. Alangkah baiknya jika kami berikan rekomendasi deretan game James Bond yang dapat dimainkan. Berbarengan dengan rilisnya No Time To Die, hitung-hitung sambil nostalgia dan mengulang kembali perjalanan penuh aksi dari Bond … James Bond!

1 Golden Eye 007 (1997 – Nintendo 64)

Golden Eye 007 (1997 – Nintendo 64)

Golden Eye merupakan film pertama Pierce Brosna sebagai Agen 007 pada tahun 1995. Film ini menjadi salah satu seri terbaik dari deretan film Bond lainnya. Menceritakan kisah Bond bersama dengan agen lain berkode 006 dalam misi ke Uni Soviet dalam usaha untuk mencari tahu tentang satelit Golden Eye. Kisah menarik dipadu aksi menawan membuat banyak reviewer film memberi skor tinggi untuk Golden Eye.

Keberhasilan seri film, ternyata diikuti pula oleh seri gamenya. Game berjudul sama Golden Eye dirilis dua tahun kemudian dan dianggap sebagai game Bond terbaik sepanjang masa. Bahkan menjadi acuan dari developer selanjutnya untuk membuat permainan serupa. Dikembangkan oleh Rare, game ini hadir untuk konsol Nintendo 64.

Dibuat dengan mode permainan first-person shooter, game ini mampu menawarkan keseruan bermain yang jarang ditemukan dari game adaptasi pada zamannya. Mode multiplayer dalam game menjadi highlight tak terlupakan bagi para gamer. Dapat dimainkan hingga 4 player dalam visual split screen di era belum ramainya koneksi online, membuatnya makin keren. Padahal mode tersebut baru dimasukkan beberapa bulan menjelang waktu rilis.

2 James Bond 007: Everything Or Nothing (2003 – GCN/ PS2/ GBA/ Xbox)

James Bond 007: Everything Or Nothing (2003 – GCN/ PS2/ GBA/ Xbox)

3 From Russia with Love ( 2005 – GCN/PS2/Xbox)

From Russia with Love ( 2005 – GCN/PS2/Xbox)

Karakter James Bond pernah dimainkan oleh enam aktor berbeda. Dari semua nama yang pernah mengisi daftar pemain, Sean Connery tetap dianggap yang terbaik. Dianggap memiliki interpretasi paling tepat seperti di dalam novel. Dan hal itu terus berlangsung sejak tahun 60-an hingga kini. Bahkan untuk mengobati kerinduan pada sosoknya, dibuatlah game berjudul From Russia with Love seperti film Bond di tahun 1963.

Game From Russia with Love menjadikan Sean Connery sebagai model karakter utama. Electronic Arts menjadikan game ini sesuai keinginan para fans Bond. Membawa model visual klasik bergaya 60-an disertai beberapa dialog baru dalam adegan di dalam permainan. Game ini sendiri memang bukan yang terbaik milik Bond, tapi sekadar pemenuh hasrat para fan pada hampir seluruh adegan di dalamnya. Dan itu sudah mampu menutupi minimnya inovasi gameplay pada seri ini.

4 Quantum of Solace (2008 – PS2/ PS3/ Xbox/ NDS/ Windows)

Quantum of Solace (2008 – PS2/ PS3/ Xbox/ NDS/ Windows)

Daniel Craig menjadi bagian dari film dan game berjudul sama, Quantum of Solace. Disebut sebagai Bond paling atletis, membuat arahan film Bond yang dibintanginya banyak menyelipkan adegan aksi berbahaya. Dan itu terbawa hingga pada game yang dibuat oleh Treyarch sebagai salah satu pengembang. Ya, Treyarch yang juga membuat game Call fo Duty (COD).

Keterlibatan Treyarch dalam pengembangan game James Bond Quantum of Solace membuat fans berharap ada sentuhan COD di dalamnya. Dan tentu saja itu tidak dapat terwujud. Sebagai gantinya, sistem cover dalam game ini membuat Bond mampu bersembunyi ketika berhadapan dengan musuh. Pandangan juga dapat diatur antara third-person atau first-person, tergantung kenyamanan gamer saat bermain.

5 Golden Eye 007 Reloaded (2010 – Wii/ NDS/ PS3/ X360)

Golden Eye 007 Reloaded (2010 – Wii/ NDS/ PS3/ X360)

Kami membuka dan menutup daftar dengan game James Bond berjudul sama, Golden Eye 007. Kesuksesan seri pertama di konsol Nintendo 64 memang menjadi acuan tak terbantahkan untuk pengembangan game selanjutnya. Termasuk ketika developer James Bond berpindah ke tangan Activision. Di mana mereka mencoba untuk membuat ulang game tersebut menjadi lebih baik di platform terbaik saat itu.

Hasilnya adalah game James Bond yang masih diterima fans dengan baik. Dengan pendekatan dan gaya bermain multiplayer sama seperti sebelumnya. Ketika antar gamer dapat bertarung dalam mode split-screen dan saling mengerjai satu sama lain. Hanya saja Activision tidak sepenuhnya mampu menghadirkan keseruan seperti seri aslinya. Selain sajian visual yang semakin baik saja. Oh ya, satu lagi, karakter utama dalam game ini sudah diperankan oleh Daniel Craig. Bukan lagi Pierce Brosnan seperti seri aslinya.

Itu tadi deretan game James Bond dari masa berbeda. Bukan merupakan deretan game terbaik atau paling dicari memang. Tapi daftar tersebut mencoba merangkum sajian dari developer, karakter, hingga platform berbeda tempat James Bond beraksi. Sambil menantikan seri game terbaru sang Agen 007, tidak ada salahnya kembali memainkannya. Mumpung hype James Bond di film terbaru No Time To Die masih berlangsung. Apalagi banyak kritikus menyanjung film terakhir Daniel Craig sebagai Bond itu.

Tinggalkan komen