Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Laporan Barometer Mobile Internet Indonesia: Koneksi Jaringan Masih “Menderita”

Hanya Smartfren yang menyediakan kecepatan unduhan yang cukup untuk penggunaan intensif. Namun hasil akhirnya, Telkomsel keluar menjadi yang terbaik.

Bagaimana kualitas internet di Tanah Air pada tahun 2018? Kami baru saja mendapatkan data terbaru dari nPerf, perusahaan yang menyediakan platform pengukur kualitas internet asal Perancis. nPerf membuat laporan mengenai Barometer Mobile Internet Indonesia berdasarkan data yang diperoleh dari pengujian yang dilakukan oleh pengguna selama tahun 2018.

Bagi nPerf, Indonesia adalah kasus khusus untuk pengukuran jaringan seluler. Karena ukuran yang besar untuk sebuah negara. Saat pengguna melihat peta coverage untuk mengecek kinerja jaringan, antara wilayah yang satu dengan lainnya yang berdekatan pun hasilnya bisa berubah.

Sepanjang 1 Januari 2018 sampai 31 Desember 2018, pengguna nPerf di Indonesia melakukan uji kecepatan (speed test) sebanyak 636.757 kali. Pengujian mencakup kecepatan koneksi internet, streaming video dan browsing. Hasilnya, Telkomsel keluar sebagai pemenang. Menjadi operator seluler dengan koneksi mobile internet terbaik sepanjang 2018.

Dalam laporan ini, nPerf membuat catatan yang seharusnya bisa menjadi bahan evaluasi bagi operator seluler di Indonesia. Menurut nPerf, kondisi jaringan internet di Indonesia masih “menderita” karena kapasitas yang terbatas.

Sebagian besar besar operator seluler di Indonesia masih memberikan kecepatan yang terbatas untuk penggunaan intensif seperti streaming video dalam definisi tinggi. Hanya Smartfren yang menyediakan kecepatan unduhan yang cukup untuk penggunaan intensif.

Related Posts
1 daripada 48

Namun hasil akhirnya tak terduga. Telkomsel menempati posisi pertama, XL Axiata kedua dan Smartfren ketiga. Menurut analisis nPerf, sebenarnya Smartfren menyajikan kinerja yang sangat bagus selama semester pertama. Namun Telkomsel berhasil menyajikan kinerja kecepatan unggah yang sangat baik dan tingkat kinerja penelusuran yang signifikan.

Baca juga: Dari Desain Flip Sampai 5G, Ini 5 Tren Smartphone yang akan Booming pada 2019!

Data Barometer Mobile Internet Indonesia 2018

Menurut metodologi penilaian nPerf, Telkomsel meraih skor 23185 nPoints, disusul dengan XL Axiata di posisi kedua dengan skor 21596 nPoints. Selanjutnya Smartfren yang sebelumnya sempat meraih rekor terbaik kini puas di posisi tiga dengan nilai 21077 nPoints.

Dilanjutkan dengan Bolt 18070 nPoints, Tri sebesar 14606 nPoints dan Indosat Ooredoo yang kinerjanya melempem harus menerima posisi buncit 11165 nPoints. Khusus untuk Bolt, data untuk bulan Desember tidak ada karena resmi ditutup sejak bulan November 2018. Tapi kinerjanya pun masih bagus dibanding Tri dan Indosat.

Meskipun menempati posisi ketiga, Smartfren adalah operator seluler yang telah memberikan kecepatan unduhan terbaik (14,77 Mb / s) jauh melampaui Telkomsel yang rata-rata hanya 8,06 Mb /s. Kinerja yang sangat baik ini berasal dari hasil yang kuat di LTE Advanced.

Smartfren tampaknya menjadi satu-satunya operator di Indonesia yang benar-benar mengembangkan jaringan LTE Advanced-nya. Dengan tingkat koneksi 39,72%, Smartfren jauh di depan dari para pesaingnya yang tarifnya tidak melebihi 6%. Selain itu, operator anak perusahaan Sinar Mas ini menghadirkan latensi yang sempurna untuk para gamer.

Hal yang menarik lainnya dari hasil laporan ini adalah XL Axiata kembali kompetitif menjadi sang penantang. Operator yang identik dengan warna biru ini memiliki kecepatan unggah (5,01Mb /s), latensi, penelusuran, dan streaming. Dengan peningkatan kualitas jaringan yang dilakukannya, XL pun berhasil masuk ke peringkat ketiga.

Rangkuman Barometer Mobile Internet Indonesia 2018

Catatan:

Kamu juga bisa melakukan uji kualitas koneksi internet di Gizmologi, langsung di peramban web dengan mengunjungi laman Speed Test ini.

 

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More