Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Alibaba Cloud Gelar Pengembangan Kapasitas Digital Para Mahasiswa dan Wirausaha Indonesia

0 450

Untuk mendorong pengembangan transformasi digital di Indonesia, Alibaba Cloud hari ini (16/01) mengumumkan inisiatif barunya dengan para mitra. Melalui program “Digital Talent Empowerment Program”, perusahaan cloud milik Alibaba ini menargetkan talenta dari kalangan mahasiswa dan wirausahawan untuk pengembangan kapasitas di bidang digital.

Digital Talent Empowerment Program merupakan inisiatif pertama yang dilakukan Alibaba Cloud di Indonesia. Mereka bekerja sama dengan Universitas Bina Nusantara dan Universitas Prastya Mulya untuk menghadirkan pelatihan cloud dan intelegensi digital bagi mahasiswa dan pengajar.

Tak hanya dengan kalangan kampus, Alibaba Cloud juga berkolaborasi dengan lembaga pelatihan global dan juga inkubator, yaitu Trainocate, PT Inovasi Informatika (i3), dan Block71 Jakarta. Tujuan dari kolaborasi tersebut adalah menawarkan pelatihan IT tingkat lanjut bagi developer maupun wirausaha yang ada di Indonesia.

Leon Chen, Head of Alibaba Cloud Indonesia, mengatakan pihaknya senang meluncurkan program ini dengan dukungan dari universitas, lembaga pelatihan dan inkubator di Indonesia. “Kami berharap dengan berkontribusi melalui teknologi, keahlian, dan pengalaman kami, kami dapat membantu mengembangkan lebih banyak talenta yang memiliki pengetahuan cloud dan intelegasi data yang ada di Indonesia,” ujar Leon di Jakarta.

Baca juga:AWS & Kemnaker Targetkan Ratusan Ribu SDM Jago Cloud Computing

Tak hanya itu, pada kesempatan yang sama Alibaba Cloud juga meluncurkan “Partner  Alliance Program”. Program aliansi mitra ini menggaet lebih dari 40 mitra ekosistem yang di dalamnya terdapat perusahaan telekomunikasi terkemuka yaitu Indosat Ooredoo dan Telkom Indonesia. Aliansi ini ditujukan untuk mempromosikan adopsi penggunaan cloud dan intelegensi data pada berbagai macam bisnis dengan berbagai skala.

Selina Yuan, President of Internasional  Bussines, Alibaba Cloud Intelligence mengatakan bahwa ia telah menyaksikan semakin banyak perusahaan sektor tradisional yang menggunakan cloud untuk mencapai peluang pertumbuhan yang baru.

“Ini merupakan hal yang sangat menggembirakan bagi kami. Karena itulah kami meluncurkan ‘Partner Alliance Program, dengan komitmen untuk memfasilitasi inisiatif transformasi digital yang dicanangkan oleh pemerintah Indonesia,” ujar Selina.