OPPO Find X3 Series Meluncur 11 Maret, Ini Bocoran Foto & Spesifikasinya

Sudah tidak perlu menunggu lama lagi untuk kehadiran smartphone terbaik OPPO di 2021. Untuk bersaing dengan flagship lainnya yang sudah bermunculan, OPPO bakal siapkan Find X3 series. Setelah bocoran foto, spesifikasi OPPO Find X3 hingga video teaser-nya bermunculan.

Kini giliran pihak resmi OPPO yang mengumumkan tanggal resmi perilisan smartphone yang punya desain kamera belakang berbeda dari seri lainnya. Plus setup kamera “mikroskop” unik dengan sensor utama dan ultra wide-angle berkualitas tinggi.

Sebagai informasi, flagship terakhir yang diluncurkan OPPO sendiri, Find X2 Pro tersedia di Tanah Air secara resmi pada awal tahun 2020 kemarin. Belum lama ini, OPPO memang telah memamerkan seri OPPO X 2021, yang unitnya dipajang di OPPO Gallery Plaza Indonesia. Namun perangkat tersebut hanyalah purwarupa alias bukan produk final yang bakal hadir secara massal.

Baca juga: MWC Shanghai 2021, Ajang OPPO Pamer Teknologi 5G Futuristik dan Pengisian Daya Baterai

Bakal Diperkenalkan Secara Resmi 11 Maret

OPPO Find X3 Series launch date

Melalui akun media sosial resminya, OPPO telah mengunggah sebuah gambar dengan judul “OPPO Find X3 Series Launch Event”, lengkap dengan sebuah siluet yang dipercaya sebagai flagship OPPO di 2021 tersebut. Bila dilihat-lihat, siluet yang ditampilkan adalah desain dari tonjolan kameranya yang memang unik.

Acara peluncuran daring OPPO Find X3 series bakal diadakan pada 11 Maret 2021 mendatang, sekitar pukul 6:30 malam WIB di Indonesia  dan disiarkan langsung melalui akun YouTube OPPO. Karena membawa embel-embel “series”, dipastikan tak hanya satu varian saja yang bakal diperkenalkan secara global nantinya.

Sejauh ini, diperkirakan bakal ada total tiga varian flagship yang akan dirilis oleh OPPO. Ketiganya yaitu OPPO Find X3 Pro, Find X3 Lite dan Find X3 Neo. Dari penamaannya, memberikan impresi bila tiga varian ini punya segmen yang berbeda, berurutan mulai dari yang paling premium sampai ke kelas lebih terjangkau.

Patrick Owen, Chief Creative Officer OPPO Indonesia, mengatakan, “Seri Find X selalu menjadi unggulan dengan menggabungkan desain yang human-centric dan semangat OPPO untuk inovasi yang bermanfaat bagi umat manusia. Di Find X3 Pro, OPPO berfokus pada spektrum manajemen warna agar dapat dinikmati dengan baik, aman bagi mata, dan mudah diakses.”

Bocoran Desain OPPO Find X3 Series

OPPO Find X3 Pro
OPPO Find X3 Pro

Lantas bagaimana dengan tampilan dan spesifikasi masing-masing? Roland Quandt dari WinFuture telah mengunggah semuanya secara lengkap, yang bisa Gizmo friends akses sendiri di sini (khusus yang fasih berbahasa Jerman, ya). Desain foto OPPO Find X3 Pro yang diunggah sama persis dengan foto dari Evan Blass, sementara dua varian lainnya mirip seri-seri sebelumnya.

Menjadi varian terbaik, OPPO Find X3 Pro tampil dengan lekukan modul kamera yang tidak biasa. Menggunakan material kaca, modul tersebut terlihat punya lengkungan halus yang sepertinya menggunakan teknik manufaktur cukup sulit. Dengan struktur bodi samping berbahan metal.

Sementara di bagian depan, terdapat sebuah layar yang punya lengkungan 3D di sisi kiri dan kanannya. Bezel atas dan bawah dibuat sangat tipis, dengan kamera punch-hole berdiameter kecil di atas kirinya.

OPPO Find X3 Neo - X3 Lite

Untuk dua seri lainnya, seperti yang terlihat pada gambar di atas, OPPO Find X3 Neo (kiri) terlihat persis seperti OPPO Reno5 Pro Plus. Sementara OPPO Find X3 Lite gunakan desain yang sama dengan Reno5 varian biasa, lengkap dengan kombinasi warna yang digunakan.

Selain itu, pada acara OPPO INNO Day 2020, pabrikan smartphone tersebut mengumumkan terobosan Full-path Colour Management System 10-bit yang menyajikan pengalaman menyeluruh yang unggul. Teknologi ini siap dibagikan ke dunia melalui Find X3 Pro. Full-path Colour Management System menjamin integritas di setiap titik dalam hal warna. Hasilnya adalah pengalaman visual yang nyata, menggugah, dan kaya, mulai dari capture, encoding, storage, decoding, dan display.

OPPO Find X3 Pro tidak hanya unggul dalam fitur warna. Layarnya juga memberikan keunggulan dalam resolusi, screen refresh rate, dan high dynamic range content, untuk menghadirkan tampilan yang paling jelas, paling akurat, halus, dan nyaman bagi pengguna hingga saat ini.

Spesifikasi OPPO Find X3 Pro

OPPO Find X3 Pro

Menjadi flagship terbaik OPPO untuk 2021, tentu saja spesifikasi OPPO Find X3 Pro bakal sangat menarik. Sebut saja layar 6,7 inci yang punya resolusi QHD+, dengan panel AMOLED, refresh rate 120Hz dan sudah mendukung sertifikasi HDR10+.

Performa kencang Snapdragon 888 diimbangi dengan kapasitas memori 12GB RAM & 256GB penyimpanan internal. Dibuat tahan air (IP68), kapasitas baterainya 4,500 mAh dengan dukungan 65W SuperVOOC 2.0. Bobotnya sendiri 193 gram dengan ketebalan 8,3mm saja.

Lantas bagaimana dengan spesifikasi OPPO Find X3 Pro pada kameranya? Baik sensor utama dan ultra-wide angle sama-sama punya besaran resolusi 50MP dengan autofokus, meski hanya sensor utama yang dilengkapi OIS. Sementara kamera periskopnya bisa berikan pembesaran gambar 5x hybrid zoom. Plus 5MP “microlens” f/3.0 yang belum diketahui pasti kegunaannya.

Fitur kamera yang sudah dibocorkan oleh Roland Quandt adalah perekaman video hingga 4K 60fps, mode ultra-night dan live HDR, mode bokeh dan “Super RAW”. Sensor utama yang digunakan oleh Find X3 Pro adalah Sony IMX766 yang punya dimensi fisik cukup besar di 1/1,56 inci.

Kalau spesifikasi OPPO Find X3 sudah dijabarkan secara lengkap, maka kita tinggal menantikan acara peresmiannya saja. Untuk mengetahui lebih jauh fitur-fitur yang bakal dibawa seperti sensor microlens, dan tentunya, harga dari perangkat paling mewah OPPO satu ini. Kita nantikan 11 Maret nanti ya!

Tinggalkan komen