Ini Bocoran Desain & Spesifikasi Terbaru Samsung Galaxy S21 FE

Rumor akan kehadiran perangkat terbaru dari Samsung cukup santer bermunculan belakangan ini. Vendor asal Korea Selatan tersebut dikabarkan tengah mempersiapkan peluncuran smartphone lipat mereka, lengkap bersama dengan wearables seperti smartwatch dan earphone TWS. Namun yang juga dinanti-nanti oleh konsumen adalah kehadiran Galaxy S21 FE.

Ya, sesuai dengan namanya, smartphone tersebut digadang-gadang akan menjadi flagship yang lebih murah dari Samsung di 2021. Rumornya sendiri telah bermunculan sejak beberapa bulan lalu, dengan kabar terbaru bakal dirilis kuartal keempat karena adanya keterbatasan suku cadang. Namun penampakan desainnya sendiri telah bermunculan, mulai dari foto render hingga visual 360 derajat.

Baca juga: Samsung Galaxy Tab S7 FE 5G Hadir di Indonesia, Harga Rp9 Jutaan

Sementara di Tanah Air, Samsung Electronics Indonesia baru saja memperbarui varian Galaxy S20 FE dengan chipset Snapdragon 865. Meski agak lawas, kehadirannya dinilai dapat teruskan komitmen Samsung untuk berikan pilihan bagi penggemarnya. Dibanderol mulai dari Rp9 jutaan dan hadir dalam enam pilihan warna lengkap.

Samsung Galaxy S21 FE Bakal Punya Empat Warna

Lantas bagaimana dengan Samsung Galaxy S21 FE? Setelah muncul beberapa foto render, Evan Blass atau yang biasa dikenal lewat akun Twitter pribadinya, @evleaks, baru saja mengunggah empat video singkat. Masing-masing video tersebut memperlihatkan desain luar dari Galaxy S21 FE, dalam opsi empat warna berbeda yang sesuai dengan rumor sebelumnya. Tampilannya sendiri sangat mirip dengan seri Galaxy S21.

Diunggahnya video singkat dari Evan seolah mengonfirmasi foto-foto render sebelumnya. Pasalnya, ia memiliki track record yang baik dan akurat, termasuk beberapa seri Samsung sebelumnya hingga mundur jauh ke seri Nokia Lumia yang pertama kali ia bocorkan lewat media sosial. Bila dilihat lebih dekat, ada sedikit perbedaan pada tampak desain di video.

Galaxy S21
Samsung Galaxy S21.

Ketika dibandingkan dengan Galaxy S21 biasa, Galaxy S21 FE tidak memiliki aksen warna berbeda pada bagian bodi belakang dengan tonjolan kameranya, bahkan di keempat varian warna. Opsi warnanya sendiri juga lebih menyerupai warna pastel, seolah bodinya gunakan permukaan doff seperti generasi sebelumnya.

Layar depannya dibuat flat, sementara tombol di samping hanya volume dan power saja—mengindikasikan sensor sidik jari tetap terbenam di bawah layar. Tonjolan kamera belakangnya pun tak terlalu dominan. Mengutip dari sertifikasi yang telah rilis di TENAA, dimensinya lebih kecil dari sebelumnya.

Rumor Spesifikasi Galaxy S21 FE

Galaxy S21 FE
Bocoran poster resmi Samsung Galaxy S21 FE (Sumber: Android Headlines).

Dengan ukuran 155,7 x 74,5 x 7,9mm, dimensi Galaxy S21 FE bakal berada tepat di tengah Galaxy S21 standar dan Galaxy S20 FE. Untuk bocoran spesifikasi kunci lainnya, perangkat yang memiliki kode nama SM-G9900 ini bakal punya layar AMOLED 6,4 inci, beresolusi full HD+ dengan refresh rate 120Hz.

Menjalankan Android 11, kapasitas baterai yang tertulis adalah 4,370 mAh (atau bakal dibulatkan menjadi 4,500 mAh), setara dengan Galaxy S21 Plus. Bakal hadir dalam dua opsi prosesor; Samsung Exynos 2100 untuk beberapa wilayah Asia dan Afrika, serta Snapdragon 888 untuk daerah lainnya. Ditambah kombinasi RAM 6/8GB dan memori 128/256GB.

Fitur ekstra lainnya adalah speaker stereo, sertifikasi IP68, NFC, dukungan wireless charging serta yang tak kalah menarik adalah dukungan fast charging hingga 45 watt. Dan dengan chipset terbaru, smartphone ini juga bakal mendukung 5G lewat mekanisme dual SIM slot.

Tak sabar menanti Galaxy S21 FE? Harus bersabar, karena rumor yang beredar mengatakan bahwa smartphone ini bakal hadir setelah peluncuran Galaxy Z Flip3, Z Fold3, Galaxy Watch 3 dan Galaxy Buds 2 pada 11 Agustus mendatang.

Tinggalkan komen