Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

DxOMark Rilis Skor Audio ROG Phone 5, Jadi yang Terbaik Saat ini

Setelah foto tampilannya bocor di internet pada pertengahan Januari lalu, akhirnya smartphone gaming terbaru dari ASUS nongol di salah satu situs pengujian ternama, DxOMark. Ya, ROG Phone 5 telah diulas lebih dulu bahkan sebelum acara perilisan resminya.

Namun ada yang sedikit unik. Karena hadir sebagai smartphone gaming, yang diuji oleh DxOMark bukanlah kemampuan kameranya, melainkan di sektor audio. Tak dapat dipungkiri, sektor tersebut cukup penting terutama untuk kalangan gamer, supaya proses bermain gim terasa lebih imersif.

Dalam ulasan yang diunggah oleh DxOMark, warganet juga pada akhirnya dapat melihat penampakan ROG Phone 5 secara jelas. Sesuai dengan bocoran foto yang muncul sebelumnya, ROG Phone 5 bakal mengusung desain mirip generasi sebelumnya, dengan beberapa perbedaan di bodi belakangnya.

Baca juga: ASUS Rilis ROG Flow X13, Laptop Gaming Convertible yang Inovatif

Tampilan Resmi ASUS ROG Phone 5

ASUS ROG Phone 5

Dari foto yang ada di situs DxOMark, terlihat bila ASUS ROG Phone 5 masih mengusung sistem tiga kamera utama. Sensor yang paling kanan terlihat lebih kecil dari dua lainnya, mengindikasikan bila ASUS bakal tetap gunakan jenis sensor seperti kamera makro. Besaran megapikselnya masih sama, yaitu 64MP ‘quad bayer’ yang bisa hasilkan foto 16MP berkualitas tinggi.

Yang baru pada bodi belakang ROG Phone 5 adalah tampilan layar sekunder layaknya laptop ROG seri premium. Layar tersebut terlihat menyatu dengan bodi, namun bisa tampilkan informasi maupun logo tertentu, yang dapat dikustomisasi oleh pengguna. Layaknya AOD di layar depan.

Sementara bagian depan smartphone-nya sendiri masih identik, dengan bezel bagian atas dan bawah dibuat lebih tebal. Hal tersebut bukanlah tanpa tujuan, supaya pengguna masih nyaman memegang kedua sisi tersebut saat bermain gim. Dan juga menjadi letak speaker stereo di bagian depan.

Raih Skor Audio Tinggi di DxOMark

DxOMark Audio ROG Phone 5

Lalu bagaimana dengan kualitas audio dari ROG Phone 5? Tak mengejutkan, smartphone gaming ASUS di 2021 ini berhasil menempati peringkat pertama dengan skor 79 poin. Di bawahnya, ada Xiaomi Mi 10 Pro yang menduduki peringkat kedua di 76 poin, sementara posisi ketiga diisi dengan ROG Phone 3.

Spesifikasi yang turut berkontribusi dari skor tinggi ROG Phone 5 termasuk penggunaan chipset Qualcomm Snapdragon 888 5G. Selain itu, dua speaker simetris di bagian depan tentu beri nilai tambah. Ditambah dengan ESS DAC serta jack audio 3,5mm.

Ya, ASUS memutuskan untuk berikan opsi konektivitas lengkap pada smartphone ini, supaya pengguna bebas menggunakan earphone atau headphone kabel favoritnya. Sebelumnya, pengguna harus gunakan dongle atau aksesori tambahan di ROG Phone 3. Teknologi Dirac tuning juga hadir untuk membantu koreksi frekuensi audio, serta berikan efek bass virtual. Lebih detilnya, bisa lihat dari grafik yang disertakan oleh DxOMark pada gambar di bawah ini.

Bakal Rilis 10 Maret Mendatang

ASUS ROG Phone 5 bakal diperkenalkan secara resmi pada 10 Maret 2021 mendatang, pukul 7 malam waktu lokal Taiwan. Selain spesifikasi yang telah disebutkan di atas, dikabarkan bila smartphone gaming ini bakal usung kapasitas RAM 16GB serta baterai besar 6,000 mAh.

Dimensi layar depannya mencapai 6,78 inci, sama-sama gunakan panel OLED dengan sensor sidik jari yang terbenam di balik layar seperti seri sebelumnya. Serta masih gunakan material kaca di bodi belakang, meski kini punya bagian layar khusus.

Tinggalkan komen