alexa

Astra dan Bank Permata Kolaborasi, Buka Rekening Tabungan Melalui Aplikasi

Jakarta, Gizmologi – Layanan bank digital makin marak, memudahkan masyarakat untuk membuka rekening tanpa perlu ke kantor cabang, tetapi bisa melalui aplikasi smartphone. Salah satu yang terbaru adalah kolaborasi PermataBank dan Astra Financial melahirkan Tabungan Permata Moxaku.

Dengan layanan tersebut, pengguna dapat membuka tabungan langsung melalui aplikasi Moxa milik Astra Financial. Aplikasi fintech milik Astra Grup sendiri baru diluncurkan pada Maret 2021. Selain Moxa yang merupakan aplikasi finansial lengkap, Astra juga memiliki sejumlah aplikasi fintech yaitu AstraPay (dompet digital) dan Maucash (kredit online).

Kerja sama Moxa dan PermataBank ini disebut melengkapi ekosistem digital Astra Financial. Bersama PermataBank, Moxa bertujuan mendorong inklusi keuangan di Indonesia dengan menyediakan akses layanan perbankan digital yang aman bagi masyarakat.

Hal ini ditegaskan oleh Daniel Hartono, Presiden Direktur Moxa (PT Astra Kreasi Digital) yang mengatakan, “Peluncuran fitur Tabungan ini merupakan bagian dari rencana strategis Moxa untuk menjadi sebuah platform yang tidak hanya melayani kebutuhan pembiayaan dan asuransi, tetapi juga membantu para pengguna untuk memiliki tabungan dan kartu debit.”

Kelebihan Tabungan Permata moxaKu

Tabungan Permata moxaKu ATMTabungan Permata moxaKu adalah kolaborasi PermataBank dan Moxa yang menawarkan kemudahan proses pembukaan rekening secara digital serta kemudahan bertransaksi bagi nasabah pengguna aplikasi Moxa dari Astra Financial. Pengguna bisa memperoleh benefit kartu debit Permata moxaKu Debit Card sehingga dapat meningkatkan kenyamanan nasabah dalam melakukan aktivitas perbankan.

Dengan syarat mengisi saldo awal minimal Rp 100.000 (sekaligus berlaku sebagai saldo minimum), pelanggan dapat menikmati gratis biaya administrasi tabungan dan kartu debit. Juga gratis biaya transfer antar bank dan tarik tunai, serta 5% cashback saat berbelanja di SPBU, tentu sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Untuk tarik tunai dan transfer antar bank, PermataBank membatasi gratis tiga kali dalam sebulan tanpa minimum saldo. Setelah itu berlaku tarif normal. Sedangkan untuk suku bunga, hanya berlaku bagi nasabah yang memiliki saldo di atas Rp1 Juta yaitu hanya 0.50% per tahun. Sangat kecil.

Selain itu, nantinya pelanggan dapat menikmati berbagai layanan keuangan Astra Financial. Di antaranya mulai dari pembiayaan mobil, motor atau multiguna, pembiayaan haji/ umroh, asuransi umum dan jiwa, penyewaan mobil dan pembayaran digital AstraPay.

Abdy D. Salimin, Direktur Teknologi dan Operasi PermataBank mengatakan, dengan secara teknis PermataBank menanamkan Application Programming Interface (API) di aplikasi Moxa, sehingga konsumen bisa langsung membuka rekening Tabungan Permata moxaKu secara on-line, real-time, dan aman di masa pandemi.

“Pengembangan layanan pembukaan rekening menggunakan jalur API ini merupakan inisiatif digital yang pertama tersedia di Indonesia. Peluncuran hari ini merupakan titik awal kerja sama yang penting antara PermataBank dan Moxa dan kolaborasi digital ini akan terus berlangsung untuk memberikan pengalaman finansial yang inklusif dan menyeluruh kepada customer,” kata Abdy, saat peluncuran Tabungan Permata moxaKu secara virtual (2/8).

Cara Membuka Tabungan Permata moxaKu

Tabungan Permata Moxaku astraSebagai fitur terbaru di aplikasi Moxa, “Tabungan Permata moxaKu” merupakan solusi bagi pengguna aplikasi Moxa untuk melakukan transaksi keuangan digital secara aman dan nyaman. Untuk membuat rekening, pengguna hanya perlu memilih fitur “Tabungan Permata moxaKu” di aplikasi Moxa dan menyiapkan e-KTP.

Selanjutnya, nasabah bisa mengisi data KTP, melakukan foto selfie serta mengisi data diri yang dibutuhkan untuk pembukaan rekening. Setelah proses di aplikasi Moxa selesai, pelanggan akan mendapatkan email notifikasi bahwa rekening sudah berhasil terbuka dan mendapatkan sms berisi link ke aplikasi PermataMobile X untuk mengaktifkan kartu debit moxaKu dan melakukan transaksi finansial lainnya.

Seluruh proses verifikasi dilakukan di dalam aplikasi Moxa dalam hitungan menit. Kartu debit dengan desain khusus, Permata moxaKu, akan dikirimkan ke alamat nasabah untuk rekening yang telah berhasil dibuka setelah semua persyaratan terpenuhi.

Kartu debit Permata moxaKu didukung oleh jaringan GPN (Gerbang Pembayaran Nasional) dan Visa sehingga dapat digunakan bertransaksi di ATM, belanja di berbagai merchant offline dan online (platform e-commerce) baik di dalam maupun di luar negeri.

Djumariah Tenteram, Direktur Retail Banking PermataBank mengatakan Kartu debit Permata moxaKu memiliki desain yang fresh dan kekinian sesuai dengan karakter pengguna Moxa dan PermataBank yang smart dan digitally empowered. “Kami berharap kartu ini menjadi simbol inklusi keuangan dan diterima secara baik oleh masyarakat khususnya generasi muda baik itu millennials maupun Gen-Z di Indonesia,” pungkasnya.

Tinggalkan komen