Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

GoPro Hero 9 Hadir dengan Dua Layar Warna & Perekaman Video 5K

0 2.875

Menjadi salah satu produsen action camera yang paling dikenal, GoPro menyiapkan sebuah produk flagship mereka dengan peningkatan yang signifikan dibandingkan tahun sebelumnya. Seri yang disiapkan tahun 2020 ini tak hanya memiliki layar yang lebih besar, tapi juga punya satu tambahan layar untuk mudahkan pengambilan foto maupun video.

Dengan dua layar, GoPro Hero 9 Black juga hadir membawa kapasitas baterai lebih besar, stabilisasi video lebih baik, resolusi perekaman video hingga 5K serta lensa yang bisa diganti. Fungsinya sudah semakin serius, tak sekadar kamera kompak untuk point and shoot, melainkan untuk kreasi konten yang bisa dipasangkan dengan lebih dari 40 aksesori lainnya.

Baca juga: Pre-Order DJI OM 4 Dibuka dengan Harga Rp2,099 Juta

Keunggulan GoPro Hero 9

GoPro Hero 9
GoPro Hero 9 dengan tambahan aksesori mod terpisah.

Secara desain memang masih terlihat serupa, layaknya action camera pada umumnya. Namun di bagian depan, kini terdapat layar warna baru yang punya dimensi 1,4 inci. Layar ini juga dapat berfungsi sebagai viewfinder, tak hanya sekadar informasi pengaturan saja. Cocok untuk keperluan swafoto maupun vlogging.

Layar sentuh utama di bagian belakang juga lebih besar, berukuran 2,27 inci (dibandingkan 1,95 inci dari seri sebelumnya). Dimensinya juga dibuat sedikit lebih besar, namun dengan begitu, daya tahan baterainya kini 30% lebih lama (naik 500 mAh menjadi 1,720 mAh), serta lebih tahan dari penggunaan di kondisi cuaca dingin.

Menggunakan sensor baru 23,6MP, kini GoPro Hero 9 bisa mengambil foto dengan resolusi tinggi 20MP. Sementara untuk perekaman video, terdapat beragam format yang bisa dipilih; 5K30, 4K60, 2,7K120, 1440p120 dan 1080p240. Dengan stabilisasi HyperSmooth 3.0, hasil videonya akan terlihat jauh lebih stabil layaknya menggunakan gimbal tambahan.

Dukungan aksesoris mods juga dihadirkan di seri terbaru GoPro ini. Selain display mod (layar tambahan yang bisa diputar) serta light mod untuk pencahayaan, GoPro perkenalkan mod jenis baru untuk GoPro Hero 9, yaitu Max mod. Menggantikan lensa bawaan, mod yang satu ini mungkinkan pengguna mengambil video hampir 360 derajat, dengan perekaman yang tetap stabil.

Dengan in-camera horizon levelling, GoPro Hero 9 bawa fitur Linear mode pada video, memastikan video yang direkam secara horizontal memiliki horizon yang konsisten hingga sudut 45 derajat. Fitur TimeWarps yang serupa time-lapse juga diperbarui, serta hadir fitur tambahan seperti Scheduled Capture dan Duration Capture.

Uniknya, GoPro Hero 9 bakal dijual tanpa kotak atau boks plastik. Dibuat plastic-free, perangkat ini akan dikemas secara langsung di dalam carrying case, sehingga bisa langsung dipakai atau dibawa-bawa, tanpa perlu membuang kotak.

Baca juga: Rekomendasi 6 Aplikasi Edit Video Terbaik untuk Android & iPhone

Harga GoPro Hero 9 Lebih Mahal

Sama seperti seri Hero 8, GoPro Hero 9 sanggup digunakan hingga kedalam 10 meter, dan 60 meter menggunakan housing tambahan. Kamera ini juga bisa difungsikan sebagai webcam, atau live-streaming hingga resolusi full HD, dipasangkan dengan perangkat Windows atau iOS.

Dijual lebih mahal, kamera ini dibanderol seharga USD450 (Rp6,6 jutaan). Konsumen bisa mendapatkannya dengan harga USD100 lebih murah, jika bersedia untuk berlangganan layanan GoPro Plus selama satu tahun. Sementara tambahan lensa Max mod dijual terpisah seharga USD99 (Rp1,4 jutaan).