Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

iPhone SE 2020 Bakal Hadir di Indonesia 2 Oktober

0 3.532

Seperti yang Gizmo friends sudah ketahui, Apple baru saja merilis beberapa perangkat baru dalam gelaran September Event 2020. Bukan iPhone baru, melainkan seri iPad Air 2020, iPad generasi ke-8, serta Apple Watch Series 6 & versi standarnya yaitu Apple Watch SE.

Di Indonesia sendiri, kita juga bakal kehadiran sebuah iPhone baru secara resmi. Bukan, bukan iPhone 12, melainkan iPhone SE 2020 yang memang belum dijual resmi di Indonesia. Smartphone tersebut sempat menarik banyak perhatian konsumen secara global, karena harganya yang murah, namun tetap mengusung chipset kencang yang digunakan di iPhone 11 series dengan harga jauh lebih mahal.

Baca juga: Pembaruan iOS 14, iPadOS 14 & watchOS 7 Sudah Tersedia

iPhone SE 2020 Bakal Dijual Oleh iBox & Eraspace

Pertanda iPhone SE 2020 bakal masuk resmi di Indonesia, ditandai dengan beberapa postingan yang diunggah oleh peritel resmi lokal Indonesia. Beberapa di antaranya adalah Eraspace serta iBox Indonesia. Keduanya telah memberikan teaser melalui sebuah banner di situs masing-masing, dengan tagar “iPhone idaman, dengan harga impian.”

iPhone SE 2020 - iBox
Halaman banner iPhone SE 2020 di situs resmi iBox Indonesia.

Belum ada informasi lainnya seperti harga maupun ketersediaan varian warna serta kapasitas memori, namun setidaknya sudah diketahui kapan smartphone murah terkencang Apple ini bakal hadir di Indonesia. Ya, bagi Gizmo friends yang sudah tidak sabar menanti, iPhone SE 2020 akan mulai tersedia pada tanggal 2 Oktober 2020 mendatang, alias tidak lama lagi.

Perangkat ini sangat cocok bagi mereka yang memang telah menggunakan beberapa seri iPhone lawas seperti iPhone 5, 6 dan 7, yang menginginkan smartphone baru namun masih tetap memilih dimensi yang serupa, dengan tombol home di bagian depan. Serta mereka yang hanya inginkan performa kencang, dan tidak ingin merogoh kocek dalam-dalam.

Spesifikasi iPhone SE 2020

iPhone SE 2020

Lalu apa spesialnya iPhone SE 2020 jika dibandingkan dengan smartphone lain sekelasnya? Secara desain memang bisa dibilang jadul, punya dimensi layar 4,7 inci Retina HD display dengan tepian bezel yang masih tebal. Namun layar tersebut sudah mendukung wide color gamut, standar HDR10 dan Dolby Vision.

Bodi depan dan belakang dibuat dari kaca tahan gores, digabungkan dengan frame aluminum setara flagship, dan masih ditambah sertifikasi IP68. Kapastias baterainya tergolong imut, hanya 1,821 mAh saja. Namun sudah mendukung PD fast charging, dan diklaim sanggup tahan seharian berkat chipset Apple A13 Bionic yang efisien daya.

Jika dilihat secara spesifikasi di atas kertas, kamera belakang 12MP f/1.8 yang ada di belakang terdengar sangat biasa, apalagi hanya satu saja sensornya. Namun digabungkan dengan OIS, EIS, ISP serta Neural Engine dari A13 Bionic, kamera ini sanggup rekam video 4K 60fps dengan stabil, atau 4K 30fps dengan HDR.

Baca juga: Kamera iPhone SE (2020) Meraih Skor 101 di DxOMark

Fitur potret dengan Portrait Lightning juga tetap dihadirkan, memanfaatkan olah data software seperti apa yang telah dilakukan Google lewat perangkat Google Pixel-nya. Di Singapura sendiri, iPhone SE 2020 telah tersedia dengan harga mulai dari Rp7 jutaan untuk varian 64GB.

Sementara yang paling mahal mencapai Rp9,8 jutaan dengan memori 256GB. Semoga harganya tak terlampau jauh ketika hadir di Indonesia secara resmi, karena ini bisa menjadi smartphone Apple baru yang termurah, bawa dimensi paling kecil dengan performa setara flagship.