Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

realme Buds Q Diluncurkan di India, TWS Murah dengan Daya Tahan Baterai 20 Jam

0 2.602

Setelah membawa penerus dari realme X2 Pro ke Indonesia, realme X3 SuperZoom baru saja dirilis secara resmi di India. Meski begitu, realme India hadirkan beberapa produk lainnya, seperti realme X3 dan sebuah earphone TWS terbaru. Bukan, bukan realme Buds Air Neo.Tetapi earphone TWS dengan desain yang jauh berbeda, yaitu realme Buds Q.

Earphone ini hadir dengan cukup spesial dan juga menarik. Spesial, karena desainnya dirancang oleh seorang seniman. Menarik, karena harganya justru lebih terjangkau dari realme Buds Air & Buds Air Neo. Daya tahan baterainya juga lebih lama dari kedua seri earphone tersebut, padahal bobotnya justru lebih ringan.

Hadir dalam tiga pilihan warna (Quite Black, Quite White & Quite Yellow), realme Buds Q punya desain case yang melebar berbentuk pill. Serta berbeda dari dua seri Buds Air sebelumnya, masing-masing earbud memiliki karet silikon dengan model in-ear. Keuntungan dari desain model seperti ini adalah mampu bekerja sebagai passive noise cancellation, alias menyumbat noise dari luar.

Spesifikasi realme Buds Q

realme Buds Q

Dengan bobot hanya 3,6 gram saja, realme Buds Q lebih ringan dari selembar kertas A4. Desain inovatif ini dimungkinkan atas kerjasama realme dengan Jose Levy. Sebelumnya, seniman asal Perancis ini juga turut menjadi juri dalam kontes realme Global Wallpaper Design Contest. Karena terjangkau, case-nya masih menggunakan port micro-USB tanpa dukungan wireless charger.

Masing-masing earbud punya baterai berkapasitas 40 mAh, serta baterai 400 mAh di dalam charging case-nya. realme mengklaim jika perangkat ini mampu digunakan hingga 4,5 jam sekali pakai, dan total 20 jam dengan case. Durasi tersebut setara dengan menonton 8 film atau mendengarkan 400 lagu. realme Buds Q hanya perlu diisi daya sekali dalam seminggu, jika penggunaan per hari tak sampai 3 jam.

Gunakan chip R1Q True Wireless, realme Buds Q juga membawa fitur Gaming Mode untuk latensi yang lebih rendah, hanya 119ms. Earbud-nya dilengkapi driver 10mm dengan Dynamic Bass Boost untuk dentuman bass yang lebih bertenaga.

Untuk penggunaan telepon, terdapat fitur noise cancellation dari satu mikrofon. Dengan sertifikasi IPX4, perangkat ini masih aman jika terkena percikan air. Dengan sensor sentuh, realme Buds Q juga mendukung gestur yang serupa earphone TWS lain. Gaming Mode dapat diaktifkan dengan menyentuh dan tahan kedua sisi earbud.

Selain realme Buds Q, realme Juga Perkenalkan realme X3 di India

realme Buds Q

Mulai dijual 1 Juli mendatang di India, realme Buds Q hadir menjadi earphone TWS termurah dari realme. Harganya INR1,999, atau sekitar Rp380 ribuan saja. Belum ada informasi apakah perangkat ini juga bakal hadir di Indonesia atau tidak.

Selain resmikan realme Buds Q, realme India juga membawa realme X3 & X3 SuperZoom. X3 biasa hadir tanpa sensor periskop, melainkan lensa telefoto 2x optical zoom seperti pada realme X2 Pro. Smartphone ini dijual seharga INR24,999 untuk varian 6GB/128GB, atau sekitar Rp4,7 jutaan. Sementara realme X3 SuperZoom 12GB/256GB dibanderol INR32,999 (Rp6,2 jutaan).