Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Samsung & FFI Adakan Kompetisi Film Pendek Galaxy Movie Studio

0 281

Pilihan hiburan yang bisa didapatkan oleh masyarakat menjadi lebih terbatas semasa pandemi. Kita tak bisa lagi menonton konser beramai-ramai di tempat publik, maupun menonton film terbaru di dalam gedung bioskop. Alhasil, sumber hiburan yang paling mudah didapat dan banyak dilakukan, bersumber dari perangkat seperti smartphone.

Gaya hidup Next Normal telah tingkatkan penggunaan smartphone sebagai salah satu alat hiburan, di mana 68% mereka menonton video, gim dan dengarkan musik dari perangkat tersebut. Melihat sebuah peluang dan kebutuhan konsumen terhadap penggunaan smartphone, Samsung Electronics Indonesia berkolaborasi dengan FFI untuk kembangkan potensi anak muda Indonesia dalam membuat video bercerita layaknya film.

Melalui sebuah platform bernama Galaxy Movie Studio, Samsung sendiri telah bekerja sama dengan Festival Film Indonesia sejak tahun 2019. Platform tersebut bertujuan untuk mengajak masyarakat, khususnya para sineas muda dan kreator konten untuk terus berkarya. Juga agar tetap produktif dalam kondisi yang penuh tantangan seperti sekarang ini.

Baca juga: Rekomendasi Samsung Galaxy A Harga Sejutaan untuk Belajar Online

Mengajak Sineas Muda Berkreasi Lewat Smartphone Samsung

Samsung Galaxy Movie Studio 2020
(kiri-kanan-bawah): Miranda Warokka, IT & Mobile Marketing Director, Samsung Electronics Indonesia; Ketua Komite Festival Film Indonesia, Lukman Sardi & Muriel Makarim, Head of Large Customer Marketing, Google Indonesia.

Dalam sebuah konferensi pers yang diadakan secara virtual (6/10), Miranda Warokka, IT & Mobile Marketing Director, Samsung Electronics Indonesia menyampaikan latar belakang kolaborasi tahun ini, yang diwujudkan dari kemampuan flagship terbaru dari Samsung. “Inovasi terdepan yang dibenamkan pada Galaxy Note20 series & Galaxy S20 series berikan peluang kepada anak muda Indonesia untuk membuat konten video seperti layaknya film.”

Miranda menambahkan, Galaxy Note20 series yang baru saja dirilis semester kedua tahun ini punya teknologi kamera terdepan, lewat fitur Pro Video Mode dengan kualitas 8K dan rasio sinematik 21:9. “Inovasi ini kami hadirkan agar setiap pembuatan konten dapat menuangkan tuturan cerita menarik, menjadi video yang menginspirasi orang banyak.”

Baca juga: Review Samsung Galaxy Note20 Ultra: Penunjang Produktivitas Terbaik

Dalam kesempatan yang sama, Muriel Makarim, Head of Large Customer Marketing, Google Indonesia juga hadir untuk berikan beberapa insight mengenai tren konten video yang ada di platform YouTube saat ini. Ditemukan lebih dari 70% masyarakat Indonesia gemar membuat kreasi konten video melalui smartphone mereka.

Konsumsi Data Video di Platform YouTube Meningkat Selama Pandemi

Logo Aplikasi YouTube

Memasuki masa pandemi dan new normal, data menunjukkan adanya pertumbuhan tren dan minat masyarakat terhadap konsumsi data video sebesar 4,6%. Lebih banyak orang melakukan penelusuran video kategori baking, movies atau streaming. Juga minat pencarian tentang film pendek yang meningkat, salah satunya film pendek ‘Tilik’ yang kini sudah ditonton lebih dari 23 juta kali.

“Hal ini menunjukkan bahwa keragaman minat dan ketertarikan masyarakat akan film pendek, membuka peluang bagi sineas Indonesia untuk secara kreatif mengeksplor genre konten dan metode distribusi yang mereka ingin tempuh,” tambah Muriel. Ketertarikan tersebut juga menjadi salah satu latar belakang kolaborasi antara Samsung Galaxy Movie Studio dengan FFI tahun ini.

Sebagai Ketua Komite Festival Film Indonesia, aktor kenamaan Lukman Sardi menyambut baik kolaborasi yang diadakan oleh kedua pihak. Menjadi salah satu wujud semangat FFI untuk melatih talenta muda Indonesia menjadi kreator film, dengan bantuan smartphone Samsung yang mendukung para talenta muda untuk berkreasi.

“Hadirnya Galaxy Movie Studio yang berkolaborasi dengan cerita sinema workshop dari FFI menjadi upaya kami memberikan akses, wawasan, dan ilmu yang dapat langsung mereka praktekkan melalui pelatihan khusus, sehingga mereka dapat mengoptimalkan fitur canggih dari smartphone seperti Galaxy Note20 dan Galaxy S20 untuk membuat video berkualitas layaknya sebuah film pendek,” ujar Lukman Sardi.

Mekanisme Samsung Galaxy Movie Studio 2020

Samsung Galaxy Movie Studio berkolaborasi dengan Cerita Sinema FFI untuk membuka empat kelas workshop daring, berikan kesempatan untuk mempelajari lebih dalam seluruh proses dari pembuatan film; mulai dari workshop penulisan naskah sampai pasca-produksi video termasuk tahap distribusi, dengan mentor Lala Timothy, Yandy Laurens sampai Ernest Prakasa.

Kompetisi film pendek Galaxy Movie Studio 2020 bakal dimulai pada 7 – 23 Oktober 2020, terbuka untuk para pengguna smartphone Samsung yang berdomisili di Jabodetabek dan usia 18-35 tahun. 10 ide cerita atau video yang terpilih bakal berkesempatan untuk menjadi finalis, dan bisa mengikuti empat kelas workshop yang telah disebutkan di atas pada November 2020 mendatang.

Dari 10 finalis, akan dipilih empat pemenang yang dinilai dari deretan sutradara profesional Tanah Air dan team Galaxy. Bakal ada hadiah uang tunai senilai total Rp65 juta, ditambah empat smartphone mulai dari Galaxy S20 FE, Galaxy S20 Ultra dan Galaxy Note20 Ultra yang dapat dimenangkan.