Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Google Tak Sengaja Luncurkan Android 11 Beta, Bawa Sejumlah Fitur Baru

0 2.566

Tahun ini adalah jadwalnya Google untuk merilis versi terbaru dari sistem operasi smartphone Android mereka, yaitu Android 11. Awalnya, Google hendak perkenalkan seri perangkat lunak terbaru ini pada perhelatan Google I/O 2020, yang kemudian harus dibatalkan karena adanya pandemi Covid-19, langsung ditunda ke tahun berikutnya. Sudah hadir untuk dicoba oleh developer, Android 11 versi Beta harusnya dijadwalkan rilis 3 Juni mendatang.

Akan tetapi, melalui akun media sosial resmi, peluncuran versi beta tersebut harus kembali ditunda karena saat ini bukanlah waktu yang tepat untuk sebuah perayaan. Hal tersebut Google lakukan sebagai aksi solidaritas untuk iklim sosial yang terjadi saat ini—Google tidak menyebutkan subjek tertentu.

Raksasa teknologi yang berbasis di Silicon Valley, California, AS ini belum memberikan jadwal penggantinya. Namun kemudian ada kesalahan yang menyebabkan beberapa pengguna Google Pixel mendapatkan pembaruan Android 11 Beta tersebut.

Baca juga: Empat Fitur Baru Google Duo Ini Perlancar Proses Panggilan Video

Android 11 Beta Datang Ke Sejumlah Pengguna Google Pixel 4

Informasi ini disampaikan oleh Mishaal Rahman dari XDA Developers, menyebutkan jika ia menerima pesan pribadi dari dua orang, yang mendapatkan Android 11 Beta melalui OTA pada smartphone Google Pixel 4 XL mereka. Google memang seharusnya menghadirkan pembaruan keamanan serta fitur baru untuk Pixel series, namun tetap dengan Android 10 dan bukan malah ke versi Beta.

Android 11 Beta
Contoh tampilan bentuk icon baru, dan menu kontekstual untuk tangkapan layar penuh (extend).

Setelah itu, Mishaal memberikan beberapa penemuan fitur baru yang ada di Android 11 Beta. Google akan berikan tiga opsi pilihan bentuk icon baru, plus opsi untuk mengambil tangkapan layar panjang atau penuh. Sebelumnya fitur serupa hanya tersedia di Android dengan kustomisasi UI seperti One UI, ColorOS dan lainnya.

Fitur Android 11 Beta
Selain lima aplikasi yang bisa berubah otomatis, aplikasi pihak ketiga mendapat opsi tampilan chat bubbles.

Lima aplikasi yang berada di bagian depan (dock) atau homescreen juga dapat dibuat supaya berubah otomatis, disesuaikan dengan aplikasi apa saja yang paling sering diakses oleh pengguna. Untuk perpesanan, akan ada lebih banyak aplikasi yang mendukung fitur chat bubbles, serupa aplikasi Facebook Messenger.

Tampilan menu ketika menekan tombol power juga akan dibuat jauh lebih fungsional. Saat ini tak banyak fungsi yang dihadirkan, selain mematikan smartphone, restart atau ambil screenshot. Kedepannya, power menu dapat menampilkan status perangkat elektronik lain seperti IoT di dalam rumah, serta metode kartu pembayaran digital. Pengguna dapat menyalakan lampu rumah atau melakukan pembayaran dengan kartu debit langsung dengan menahan tombol power.

Fitur Android 11 Beta
Opsi untuk menampilkan metode pembayaran dan pintasan tertentu di power menu, serta ilustrasi gambar menu aksesibilitas.

Fitur aksesibilitas seperti pintasan untuk menyuarakan konten di layar serta TalkBack, kini diberi petunjuk visual sehingga lebih mudah dipahami. Dan pada menu Developer Options, ada opsi “media resumption”, dimana musik atau video bisa muncul secara konstan di area Quick Settings. Biasanya ketika pengguna memutar lagu dari Spotify, notifikasi akan muncul tepat di bawah beragam pintasan tersebut.

Setelah Tahap Beta, Android 11 Dirilis Q3 2020

Jadwal perilisan Android 11
Timeline perilisan Android 11.

Itu saja yang bisa ditemukan pada Android 11 Beta pertama yang hadir secara tidak sengaja. Setelah adanya pandemi, Google merevisi timeline atau jadwal perilisan sistem operasi terbarunya, dengan jadwal rilis final mulai awal kuartal ketiga tahun 2020 alias awal bulan Juli, mundur satu bulan dari jadwal sebelumnya. Yang pasti, pengguna Google Pixel 2 ke atas akan dapat langsung menikmatinya. Karena masih dalam tahap Beta, pastinya tak luput dari beragam bug yang dapat mengganggu penggunaan sehari-hari.

Selain fitur-fitur di atas, Android 11 akan bawa banyak peningkatan untuk messaging. Beberapa diantaranya seperti melihat obrolan atau mengirim gambar langsung dari notifikasi ketika hendak membalas pesan. Keamanannya juga terus ditingkatkan, memberikan opsi “only this time” ketika ada aplikasi yang butuh akses kamera, mikrofon atau sejenis lainnya. Fitur screen recording juga akan hadir langsung dari sistem, mengejar ketertinggalan dari iOS. Android 11 juga dirancang untuk lebih fleksibel dengan beragam jenis layar smartphone, termasuk layar lipat seperti Galaxy Z Flip atau Motorola RAZR.