Melalui START Summit 2021, Tokopedia Persiapkan Talenta Digital Indonesia

Jakarta, Gizmologi – Tokopedia kembali konferensi teknologi terbesarnya bertajuk Tokopedia START Summit 2021 pada 3 Juli 2021. Ajang tahunan START Summit merupakan wadah untuk berbagi pengalaman, pengetahuan, serta terobosan terbaru yang dihadirkan oleh Tokopedia. Tahun ini, karena masih di masa pandemi, START Summit digelar secara virtual.

Tahun ini, START Summit 2021 mengangkat tema ‘Transforming Indonesia Through Technology Together’. Untuk yang kedua kalinya, Tokopedia sukses mengajak para pegiat teknologi untuk kembali berkumpul serta memberikan mereka kesempatan dalam mengembangkan pengetahuan langsung dari para ahli teknologi Tokopedia. Perusahaan lokapasar ini berkomitmen untuk membantu percepatan akselerasi digital melalui pemanfaatan teknologi.

Baca juga: Situs Belajar Tokopedia Academy Bantu Indonesia Capai 113 Juta Talenta Digital

Kominfo: Indonesia butuh 9 juta talenta digital

Banner 5 Banner TokoPedia 1 640Tokopedia berkomitmen untuk mendukung dan mengembangkan talenta digital Indonesia. Melalui START Summit 2021, Tokopedia menghadirkan para pembicara dan praktisi terbaik di bidang teknologi untuk dapat membagikan pengalaman serta pengetahuan kepada lebih dari 43,955 partisipan yang hadir secara virtual melalui situs Tokopedia Academy.

Johnny G. Plate, Menteri Komunikasi dan Informatika, dalam sambutannya salah satu bentuk kolaborasi anak bangsa yang terus mendorong indonesia maju adalah melalui akselerasi transformasi digital nasional. Ini tidak hanya ditopang infrastruktur digital yang merata, ekonomi digital yang berdaya, serta pemerintah digital  terintegerasi, tetapi juga membutuhkan sumber daya manusia. Talenta digital yang berkualitas berkelanjutan dan dalam jumlah yang cukup.

“Dalam 15 tahun ke depan, Indonesia butuh setidaknya 9 juta talenta digital yang terlatih di tingkat menengah dan lanjut, guna menjamin kebermanfaatan dan keberlangsungan transformasi digital indonesia. Penguatan talenta digital,” ujarnya.

Melalui konferensi Start Summit 2021, Menteri Johnny berharap dapat menjadi ajang bagi masyarakat untuk mempelajari serta memahami berbagai topik terkait teknologi. Seperti core engineering, ifrastrutur, data, maupun hal-hal inovatif dan produktif lainnya demi menunjang keberlanjutan transformasi digital.

Sementara itu Co-Founder and Vice Chairman Tokopedia, Leontinus Alpha Edison menjelaskan Tokopedia sebagai perusahaan teknologi Indonesia terus berupaya mendukung kemajuan talenta digital Indonesia dan membentuk ekosistem yang kolaboratif. “Salah satunya melalui START Summit, yang merupakan wadah berbagi pengalaman para pegiat teknologi, pelaku bisnis teknologi, hingga komunitas digital, yang memiliki semangat sama dalam memajukan industri teknologi Indonesia,” ujarnya.

Konferensi yang berlangsung selama satu hari ini menghadirkan lebih dari 35 pembicara dengan pembahasan yang beragam. Berbagai topik pun menarik dibawakan melalui sesi Breakout stages yang mencakup tiga pilar utama pada inovasi Tokopedia yakni Core Engineering, Infrastructure & Productivity, dan Data. Antusiasme penonton yang hadir dapat terlihat melalui sesi tanya jawab yang interaktif setelah masing-masing sesi breakout berakhir. Beragam topik seputar sistem Programing, Multi-Cloud, hingga Data Analytics telah dikupas tuntas pada acara tersebut.


Disclaimer: Gizmologi adalah media partner ajang Start Summit 2021

Tinggalkan komen