Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

8 Smartphone Terbaru yang Diluncurkan Minggu Ini, Mana Pilihanmu?

Ajang Mobile World Congress  yang biasanya menjadi momen peluncuran smartphone telah usai digelar sebulan yang lalu. Namun tidak seperti biasanya, sebulan setelahnya justru menjadi momen yang tak kalah menarik. Pekan ini, ada setidaknya 8 smartphone terbaru 2018 yang diluncurkan. Ada yang diluncurkan di Indonesia, ada pula yang baru diperkenalkan di tingkat global.

Tiap smartphone terbaru 2018 itupun mempunyai poin andalan jualan yang berbeda-beda. Soal harga juga bervariatif, ada yang dibanderol Rp4 jutaan hingga Rp15 jutaan. Yang pasti hajatan peluncuran smartphone terbaru 2018 dalam sepekan ini semakin memberikan pilihan bagi konsumen yang sedang mencari gawai baru atau sekadar ingin tahu tren saat ini seperti apa.

Jajaran 8 Smartphone Terbaru 2018

Related Posts
1 daripada 221

Berbeda dengan Mobile World Congress yang di satu tempat banyak produsen meluncurkan produk terbarunya, 8 smartphone ini diluncurkan di tempat yang berbeda-beda tanpa terikat satu event tertentu. Yang menarik, ada empat brand yang terhitung masih saudara memiliki hubungan darah investor yang sama, kendati di pasar tetap bersaing.

Ada OPPO yang meluncurkan smartphone terbarunya di India. VIVO, yang masih bersaudara dengan OPPO dalam trah BBK, meluncurkan produknya secara spektakuler di Borobudur, disiarkan langsung 12 stasiun TV.  Selanjutnya ada Huawei yang memperkenalkan smartphone flagship-nya di Paris. Di hari yang sama, merek sempalan Huawei yaitu Honor mengadakan jumpa pers untuk memberi tahu kehadirannya di pasar Indonesia melaui 3 smartphone terbaru 2018 miliknya. Selanjutnya, ada Xiaomi yang merilis perangkat anyarnya di Shanghai, China.

Tanpa panjang lebar, yuk Gizmolovers kita ulas 8 smartphone terbaru 2018 ini satu per satu.

01 of 8 Honor View 10

Honor View 10
Honor View 10 dilengkapi teknologi AI

Honor tak mau ketinggalan dengan vendor lain yang sudah menyematkan teknologi artificial intelligence atau AI dalam produknya. Kali ini produk andalannya Honor View 10, dipersenjatai dengan Chipset Kirin 970 dari Huawei sebagai otak di balik teknologi AI. Konsumen dijanjikan akan merasakan pengalaman berponsel pintar yang lebih cepat, lebih kuat, dan lebih mulus.

Unit pemrosesan jaringan neural pada internalnya mampu mempelajari perilaku pengguna. Ia  diperkuat pula dengan RAM 6GB dan ROM 128GB yang menawarkan kinerja lebih gegas. Pada bagian antarmuka, Honor View 10 menggunakan sistem dari Huawei yakni EMUI 8.0 yang dibekali teknologi AI. EMUI 8.0 mengerti bagaimana kita menggunakan Honor View 10 dan mengalokasikan sumber daya dengan mengantisipasi perilaku.

Baca juga: Sepak Terjang Si Kuda Hitam di Industri Smartphone Dunia 

02 of 8 Honor 9 Lite

Honor 9 Lite
Honor 9 Lite dengan empat kamera

Pekan ini dunia smartphone diramaikan oleh kehadiran Honor, yang dulu jadi bagian dari vendor Huawei. Tak tanggung-tanggung, Honor melakukan launching smartphone 3 produknya sekaligus.

Yang pertama, Honor 9 Lite. Smartphone ini mempunyai fitur kamera 4-lensa yang pas buat merekam momen penting. Ada front camera dengan konfigurasi 13 MP + 2 MP sistem dual lens demi pengalaman gambar yang jelas plus efek bokeh. Turut pula panorama selfie, gesture control shooting dan efek built-in lainnya.

Kamera belakang mempunyai konfigurasi 13 MP + 2 MP dual camera yang diperkuat PDAF Fast Focus biar mempermudah mendapatkan gambar alamiah. Terdapat wide aperture more yang mampu memberikan fokus lain pada foto yang sudah diambil. Honor 9 Lite menghadirkan layar 5,65-inci FullView HD tak bertepi dengan kaca 2,5D yang mutakhir.

03 of 8 Honor 7X

Honor 7X
Honor 7X, smartphone mumpuni buat gaming

Smartphone Honor kedua kali ini cocok bagi yang suka nge-game. Meski bukan seri tertinggi tetapi Honor 7X diklaim mempunyai performa oke dengan harga terjangkau. Honor 7X dilengkapi dengan teknologi octal-core Kirin 659 16nm dari Huawei, dipasangkan dengan RAM 4GB dan 64GB ROM.

Dengan layar FullView 18:9 sebesar 5,93 inci, Honor 7X dibalut dalam bingkai yang melengkung sehingga pas di genggaman. Ia dilengkapi kamera dual lens 16 MP + 2 MP dengan teknologi PDAF dan algoritma terbarukan sehingga kecepatan fokus super cepat bisa dinikmati konsumen.

BacaBidik Segmen Anak Muda, Inilah Tiga Smartphone Baru Honor untuk Indonesia

04 of 8 OPPO F7

OPPO F7
OPPO F7 dengan kamera selfie 25MP

Smartphone terbaru 2018 berikutnya datang dari vendor OPPO yang meluncurkan OPPO F7 di kota Mumbai, India. OPPO F7 hadir dengan kamera depan yang diperbaharui. Dengan upgrade sensor hingga 25 MP, jauh lebih tinggi dari 16 MP pada OPPO F5, maka smartphone ini menawarkan mutu hasil jepret yang lebih oke.

OPPO F7 juga turut meng-update kemampuan A.I Beauty Recognition Technology yang kini memasuki versi 2.0 dimana teknologi kecerdasan buatan pada fitur selfie-nya mencapai 296 titik wajah. Dengan demikian, fitur selfie pada smartphone ini pun dapat tepat mengenali subyek dan memperhalus wajah secara terpisah sehingga tiap subyek akan mempunyai personalisasi selfie-nya masing-masing.

Di India, smartphone ini dibanderol seharga 21.990 rupee (sekitar Rp 4,5 juta) untuk varian 4 GB + 64 GB ROM dan 26.990 rupee (sekitar Rp 5,5 juta) untuk varian 6 GB RAM + 128 GB ROM. Selain untuk RAM dan ROM, kedua varian OPPO F7 tersebut punya dapur pacu yang sama, seperti penggunaan chipset octa-core, GPU Mali G-72 MP3, OS Android 8.1 Oreo, dan baterai 3.400 mAH.

Bagi yang ingin segera mencoba smartphone selfie generasi terbaru ini, harap bersabar. Karena OPPO Indonesia akan meluncurkannya pada 17 April 2018 nanti.

BacaResmi Meluncur di India, Kecerdasan Kamera di OPPO F7 Makin Memikat

05 of 8 Vivo V9 

Vivo V9 
Vivo V9

Masih bersisa dong acara launching smartphone kemarin yang disiarkan oleh 12 stasiun televisi nasional langsung dari candi Borobudur? Vendor Vivo terlihat jor-joran mempromosikan Vivo V9, produk tergresnya ini. Memang seberapa kecekah Vivo V9 ini?

Vivo V9 menawarkan inovasi baru, yakni dual rear camera, dan tampilan bezel-less futuristik yang berponi mirip iPhone X. Vivo V9 menjadi smartphone V-series pertama Vivo yang mengusung dual kamera belakang. Dual kamera belakang dalam Vivo V9 membenamkan kamera belakang ganda, dengan kamera utama beresolusi 13 MP sedangkan kamera kedua 2 MP.

Dengan memanfaatkan fitur kamera ganda ini, kalian bakal bisa optimal dalam mengambil fokus obyek yang akan difoto. Dengan kata lain, jika masih belum puas berfoto maka skill edit kalian bisa berbicara maksimal dengan memakai Vivo V9 ini.

Dibanderol seharga Rp 3,999 juta,  Vivo V9 masuk ke segmen menengah meski jika mengulik spesifikasi yang diusung, ada beberapa yang perlu jadi perhatian. Pasalnya, dapur pacu yang diusung Vivo V9  tidak terlalu istimewa untuk berada  di kelas menengah. Chipset ‘hanya’ Snapdragon 450 dan GPU Adreno 506, sementara banyak smartphone di kisaran harga yang sama minimal mengusung Snapdragon 625.

Pendukung hardware pada dapur pacu juga terbilang standar smartphone kelas menengah, seperti RAM 4 GB dan ROM 64 GB yang bisa diekspan hingga 256 GB. Yang tampak sedikit menggiurkan mungkin hanya sistem operasi Android 8.1 Oreo yang dibenamkan pada smartphone tersebut. Dan tentu saja fitur selfienya.

BacaApakah Spesifikasi Vivo V9 Sementereng Pesta Peluncurannya?

06 of 8 Huawei P20

Huawei P20
Huawei P20

Huawei P20 menganut konsep yang mirip dengan pendahulunya, baik P9 maupun P10, yakni dibekali dengan Dual camera Leica. Namun dengan sensor dan resolusi lebih besar, serta dilengkapi teknologi Huawei AIS (Artificial Intelligence Image Stabilization). Konfigurasi kameranya adalah 20MP untuk lensa RGB dan 20MP monochrome dengan sensor besar 1.55 micrometers.

Smartphone ini berhasil memperoleh rating DXO Mark 102 yang menyalip kompetitornya Samsung Galaxy S9 Plus. Sebagai tambahan, Huawei P20 Series diklaim merupakan smartphone pertama di dunia yang dilengkapi dengan microcapsule PCM – teknologi pendingin pesawat untuk menjaga agar temperatur berada dalam batas aman. Untuk di pasar Eropa, Huawei P20 yang berkapasitas 4GB RAM + 128GB ROM dibanderol €649 atau Rp10 jutaan.

07 of 8 Huawei P20 Pro

Huawei P20 Pro
Huawei P20 Pro

 Huawei, turut meramaikan launching smartphone minggu ini. Adalah Huawei P20 Pro, yang semakin mentahbiskan Huawei sebagai produsen smartphone yang melakukan terobosan agar jadi smartphone dengan kamera paling bagus.

Kerjasamanya dengan Leica terbukti ampuh menghadirkan Huawei P20 Pro dengan triple camera Leica pertama di dunia yang dibekali teknologi Artificial Intelligene (AI), menghadirkan pengalaman smartphone yang revolusioner.

Kerjasamanya dengan Leica  ampuh menghadirkan Huawei P20 Pro yang memiliki triple camera Leica plus teknologi Artificial Intelligene (AI), menghadirkan pengalaman smartphone yang revolusioner.

Era fotografi cerdas smartphone dibuktikan pada Huawei P20 Pro dimana Huawei mengembangkan fitur fotografi inovatif berbasis AI. Huawei menyebutnya sebagai Master AI yang menawarkan keahlian fotografi profesional dimana Master AI sendiri berarti pada kemampuan mengidentifikasi obyek gambar dengan 500 skenario dalam 19 kategori berbeda secara real time.

BacaHuawei P20 Pro, Ambisi Menjadi Smartphone Kamera Terbaik

08 of 8 Xiaomi Mi MIX 2S  

Xiaomi Mi MIX 2S  
Xiaomi Mi MIX 2S, perpaduan karya seni dan teknologi

Xiaomi menyusul melakukan launching smartphone-nya, Xiaomi Mi MIX 2S, pekan ini juga. Vendor ini menyebut produk barunya ini sebuah mahakarya seni dengan desain elegan nan cantik. Xiaomi Mi MIX 2S mempunyai bagian belakang keramik yang cantik dengan desain lengkungan pada ke-4 sisinya, yang bisa bertransisi secara mulus menjadi kerangka alumunium.

Teknologi kecerdasan buatan dalam Xiaomi Mi MIX 2S bisa secara signifikan menambah kualitas foto pengguna. Dengan deteksi lokasi pada teknologi ini, kamera bisa secara pintar mengoptimalkan gambar setelah dijepret. Melalui model mesin pembelajaran berdasarkan ratusan ribu potret diri, Xiaomi Mi MIX 2S dapat secara akurat membedakan mana subyek dan mana latar sehingga bisa membuat latar menjadi blur secara jelas. Pengguna lalu bisa menambah efek bokeh dinamis pada gambar yang telah dijepret dalam mode portrait.

Xiaomi Mi MIX 2S diperkuat dengan platform Qualcomm Snapdragon 845 terbaru dilengkapi dengan Adreno 630 grafik yang dapat memberikan performa 30% lebih tinggi dan konsumsi baterai 30%. Dengan 8GB RAM dan 256GB ROM, maka performa smartphone ini akan maksimal.

BacaXiaomi Mi MIX 2S Memukau dengan Kamera Ganda AI, Desain Keren dan Snapdragon 845

Nah, demikian delapan ponsel baru yang siap menawan hati kalian. Tertarik kira-kira mau beli yang mana?

 

 

 

Get real time updates directly on you device, subscribe now.