Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Samsung Galaxy M31, Kuat Baterainya Kuat Performanya

0 5.470

Berdasarkan data operator telekomunikasi, saat ini penggunaan internet mengalami kenaikan traffic yang cukup tinggi karena banyak orang yang memilih untuk mengisi waktunya menggunakan smartphone untuk mengakses internet.

Karena itu, smartphone menjadi satu hal penting agar pengguna dapat tetap nyaman, #stayconnected, dan juga #stayfun di rumah. Nah, Gizmologi mencoba satu smartphone yang belum lama ini diluncurkan yaitu Samsung Galaxy M31, dan merasa inilah smartphone yang memiliki fitur-fitur yang mumpuni untuk mendukung kegiatan-mu seharian penuh.

Baterai Kuat Untuk Always-on Seharian? Lebih!

Baterai Samsung Galaxy M31
Baterai besar membuat smartphone ini tahan seharian lebih.

Yang menjadi bintang pada smartphone ini adalah kapasitas baterainya. Samsung Galaxy M31 dilengkapi baterai dengan kapasitas 6.000 mAh, untuk bisa always-on seharian penuh. Team Gizmo mencobanya sendiri, mau dipakai nonton Netflix, sesekali main PUBG Mobile, akses media sosial, jadi mobile hotspot ketika koneksi internet rumah gangguan, rata-rata pemakaian konstan di dua hari, sebelum akhirnya baterai mencapai persentase 10%.

Untuk menonton film misalnya, jika durasi satu episode film seri favorit-mu adalah 1 jam, kamu bisa menonton 26 episode serial tanpa perlu mengisi daya sama sekali. Ya, Galaxy M31 memiliki daya tahan 26 jam non-stop memutar video tanpa perlu mengisi ulang daya baterai.

Jika daya baterai sudah mulai habis, Samsung memberikan dukungan fast charging 15-watt untuk Galaxy M31. Total waktu yang dibutuhkan bisa sampai 3 jam untuk mengisi daya baterai hingga penuh kembali, namun hal tersebut sangat wajar, mengingat kapasitasnya yang memang kuat.

Layar Super AMOLED Yang Memanjakan Mata

Layar Galaxy M31
Layar lebar Super AMOLED Galaxy M31 memanjakan mata saat digunakan untuk menonton video.

Samsung Galaxy M31 mengusung layar SuperAMOLED 6,4 inci dengan resolusi full HD+ dan aspek rasio 19,5:9. Aspek rasio tersebut membuat smartphone tak terasa lebar, jadi masih nyaman ketika dipegang satu tangan. Untuk proteksi tambahan, panel depannya sudah terlindungi Corning Gorilla Glass 3.

Layar Samsung Galaxy M31 sangat nyaman untuk digunakan saat menonton serial favorit di Netflix maupun nge-game, dengan reproduksi warnanya yang sangat baik, dengan sensitivitas tinggi. Fitur adaptive display, menjadikan kualitas kecerahan tidak akan terpengaruh cahaya luar sehingga warna dan gambar yang disajikan tetap nyaman di mana saja. Dan benar saja ketika team Gizmo mencoba streaming film di teras rumah, gambarnya tetap jernih dan jelas terlihat.

Samsung juga menyediakan fitur blue light filter untuk melindungi mata agar tidak mudah lelah, cocok digunakan saat malam hari menjelang tidur atau membaca buku lewat smartphone. Fitur always-on display tentu juga hadir, menggantikan absennya LED notifikasi untuk memberitahukan adanya pesan baru.

Performa Mulus Tanpa Lag

Multitasking Galaxy M31
Selain kuat buat nge-game, Samsung Galaxy M31 mampu jalankan multitasking dengan mudah.

Sudah menggunakan chipset Exynos 9611 yang dibuat dengan fabrikasi 10nm, menjelajah aplikasi di Samsung Galaxy M31 dapat dilakukan secara cepat dan bebas lag. Hal tersebut juga berkat penggunaan jenis storage UFS 2.1 berkapasitas 128GB, plus kapasitas RAM yang sangat lega di 6GB.

GPU Mali-G72 MP3 juga sanggup memberikan visual yang baik ketika digunakan untuk bermain game sekelas PUBG: Mobile, menawarkan opsi grafis smooth – ultra. Dan ketika digunakan untuk bermain game Mobile Legends, secara default, Galaxy M31 mengaktifkan fitur high framerate 60fps. Sehingga pergerakan yang terjadi selama bermain terlihat lebih halus.

Selain itu, Samsung Galaxy M31 juga sudah menjalankan Android 10, dengan tampilan antarmuka One UI 2.0. Desain tombol dibuat besar-besar dan mudah diraih meski dengan satu tangan. Kalau kamu sudah pernah menggunakan smartphone Samsung sebelumnya, maka kamu tidak akan merasa kesulitan untuk bernavigasi. Dark mode, pop-up view sampai Dual Messenger tentu hadir, memungkinkan kamu menggunakan dua aplikasi WhatsApp, Facebook maupun Telegram sekaligus.

Agar kamu bisa lebih fokus saat bermain game atau menonton film favorit ketika di rumah, Samsung menawarkan sebuah fitur yang memudahkan, bernama Focus Mode. Ketika diaktifkan, notifikasi yang masuk akan dibatasi, meminimalisir distraksi dari pesan media sosial. Informasi lebih lengkap mengenai fitur Focus Mode dapat kamu baca lewat tautan berikut ini.


Disclaimer: artikel ini merupakan kerja sama dengan Samsung Indonesia