Gizmologi
Take a fresh look at your lifestyle.

Jajaran Smartphone Pilihan untuk Generasi Live 

Pengguna smartphone pada usia muda lebih cepat dalam menerima suatu inovasi baru. Mereka ini dikenal sebagai Generasi Z di mana kebanyakan saat ini berstatus sebagai pelajar dan mahasiswa yang turut menyumbang 40% dari permintaan perangkat mobile pada dekade berikutnya.

Sebagai digital native, mereka memiliki kebutuhan untuk bisa mendapatkan solusi dengan cepat. Mereka ingin dapat terkoneksi dengan cepat, bahkan melakukan banyak hal secara live seperti streaming di media sosial, chat dan video, streaming konten musik dan film, berbelanja hingga transaksi – semuanya dilakukan secara cepat. Berbagi, menangkap momen, berkomunikasi, dan mengkonsumsi, lalu dibagikan secara live, bukan lagi hanya sekadar selfie. Itulah mengapa, mereka juga disebut sebagai Generasi Live.

Dari riset yang dilakukan Gizmologi di kawasan Jakarta dan sekitarnya, dengan 40 responden yang terdiri dari SMP, SMA dan Mahasiswa, mengaku sering melakukan aktivitas live. Terutama yang paling banyak adalah aktivitas live di Instagram dengan membuat stories dan online gaming. Mereka juga menyukai video pendek, gif, konten meme dan lainnya yang langsung dibagi ke teman-temannya.

Temuan ini rupanya sejalan dengan data yang dirilis oleh Instagram, di mana lebih dari 400 juta pengguna per hari membagikan cerita mereka melalui Instagram Story. Era digital telah mengubah cara mereka untuk bertemu dengan orang-orang penting dalam hidup, memungkinkan untuk berbagi cerita dan terhubung dengan teman atau keluarga secara live.

Baca juga:  Begini Pemanfaatan Smartphone di Kalangan Pelajar dan Mahasiswa

Dalam skala industri, generasi Live ini juga mendorong pertumbuhan video seluler menjadi sangat cepat. Konsumsi video live menurut Cisco VNI Global Mobile Data Traffic Forecast 2016-2021 diperkirakan meningkat sebesar 870%, yang merupakan 78% dari total trafik data seluler pada tahun 2021. Generasi baru ini membeli perangkat mobile untuk berbagi, mengobrol, dan menonton konten.

Generasi Live ini sejalan dengan jajaran produk terbaru Samsung Galaxy A Series. Smartphone ini memiliki target market anak muda yang senang melakukan kegiatan nge-live baik di akun sosial media mereka, maupun menikmati konten-konten live lainnya seperti live streaming dan musik.

Berikut ini jajaran smartphone rekomendasi Gizmologi untuk para generasi live.

Samsung Galaxy A10

Samsung Galaxy A10 menghadirkan inovasi dan teknologi terkini pada kategori smartphone entry level yang menjawab kebutuhan konsumen yang senang menciptakan dan membagikan pengalaman serta terkoneksi dengan cepat satu sama lain di era yang serba live. Fitur unggulan seperti desain layar Infinity Display , hingga all-day battery dengan 15 Watt Fast Charging yang diyakini dapat memperkaya pengalaman live bagi konsumen di Indonesia.

Untuk mendukung aktivitas live, Samsung Galaxy A10 menghadirkan fitur kamera dengan sensor 13MP rear camera yang powerful untuk mengabadikan momen melalui foto maupun video. Selain itu, kapasitas baterai 3,400 mAh pada Galaxy A10 cukup untuk menemani aktivitas live pengguna sepanjang hari.

Smartphone tersebut juga didukung oleh penyimpanan data yang besar dengan kapasitas 32 GB serta dapat ditambahkan memori melalui Micro SD hingga 512 GB. Layar Infinity-V dengan resolusi HD+ berukuran 6.2 inch dapat memberikan pengalaman menonton streaming maupun bermain game online semakin menyenangkan.

Samsung Galaxy A20s

Samsung Galaxy A20sSmartphone dihadirkan dengan inovasi yang telah ditingkatkan dari seri sebelumnya serta memiliki teknologi terbaik di kelasnya seperti triple camera 13+8+5MP dengan kemampuan Live Focus pada Ultrawide camera untuk mendukung kreasi konten yang lebih epik.

Pengguna dapat dengan mudah memanfaatkan fitur tersebut untuk membuat hasil foto yang lebih dramatis dengan hanya mengatur kekuatan Bokeh pada hasil jepretan foto. Fungsi tersebut juga dapat digunakan pada kamera depan dengan lensa 8MP yang membuat foto maupun video selfie semakin terang dan tajam.Selain itu, Galaxy A20s menyuguhkan layar yang lebih besar yaitu 6.5-inch HD+ (720×1560) PLS yang memberikan pengalaman menonton video live streaming lebih luas dan berkesan serta dukungan kualitas suara Dolby Atmos yang menyempurnakan pengalaman audio visual pengguna untuk menikmati video maupun musik streaming.

Untuk kenyamanan dan keamanan, Galaxy A20s sudah dilengkapi dengan On-Screen Fingerprint  serta Face Recognition yang semakin menjaga privasi pengguna. Galaxy A20s flash sale pada tanggal 26 – 28 September 2019 ditawarkan seharga Rp. 2.499.000 untuk kapasitas RAM 3GB, dana Rp. 2.799.000 untuk RAM 4GB. Galaxy A20s tersedia dengan tiga pilihan warna menarik yaitu hijau, merah, dan hitam.

Samsung Galaxy A30s

samsung galaxy a30sBagi yang gemar bermain game online, Samsung Galaxy A30s merupakan pilihan yang tepat. Karena smartphone ini telah didukung dengan AI Gaming Booster yang dapat mengenali tipe game yang sedang dimainkan dan secara otomatis mengoptimalkan performa. Sehingga memberikan tampilan yang detail serta meminimalisir terjadinya lag pada saat proses bermain game online.

Selain itu, fitur NFC untuk pertama kalinya hadir pada varian Samsung Galaxy A30s yang menjawab tren pertumbuhan pembayaran digital di Indonesia.

Samsung Galaxy A30s juga turut menghadirkan peningkatan inovasi pada kamera dengan dengan triple camera 25+5+8MP yang mampu menangkap hasil visual yang lebih detail dan cerah serta kamera depan 16 MP yang memperkaya pengalaman video selfie serta memastikan hasil yang maksimal di setiap kreasi konten live lebih epik.

Galaxy A30s dengan kapasitas 4GB RAM dan internal memory 64GB dibanderol seharga Rp. 3.299.000 dan menawarkan tiga pilihan warna kekinian yaitu Prism Crush Black, Prism Crush White, dan Prism Crush Green.

Samsung Galaxy A50s

Samsung Galaxy A50s memiliki fitur yang bermanfaat untuk generasi Live, mulai dari triple camera 48MP dengan fitur super steady, AI gaming booster untuk pengalaman gaming maksimal, serta dilengkapi NFC dan pre-loaded Samsung Pay yang dapat memfasilitasi pembayaran online.

Konfigurasi triple camera adalah dibekali lensa utama sebesar 48MP, lensa Ultra Wide yang dapat mengambil video dengan sudut pandang 123° serta Depth Lens yang dapat menghasilkan efek video bokeh secara optimal melalui fitur Live Focus. Pengguna dapat mengatur kedalaman bokeh bahkan memiliki berbagai opsi seperti efek blur yang berputar (spin), zoom, color pop, mono, side, serta efek warna vintage agar menghasilkan konten yang lebih kreatif dan dramatis.

Fitur Super Steady yang telah dihadirkan pada Galaxy A50s memungkinkan pengguna untuk merekam video secara mulus dan meminimalisasi goncancang, bahkan untuk merekam momen aksi cepat di segala situasi agar menghasilkan konten live yang semakin unik, kreatif, dan otentik.
Baca: Review Samsung Galaxy A50s: Upgrade Menjadi Lebih Baik

Didukung dengan AI Gaming Booster, Galaxy A50s memiliki kemampuan performa yang prima. Fitur AI Gaming Booster dapat mengenali tipe game yang sedang dimainkan dan secara otomatis mengoptimalkan performa sehingga memberikan tampilan yang detail serta meminimalisir terjadinya lag pada saat proses bermain game online.

Disamping itu, layar Super-AMOLED Infinity-U yang luas berukuran 6,4 inci FHD+, kualitas suara terbaik Dolby Atmos, serta kapasitas baterai 4.000 mAh dengan kemampuan fast charging semakin memperkaya pengalaman bermain game yang lebih epik dan menyenangkan.

Konsumen bisa memiliki Galaxy A50s dengan harga Rp 4.099.000,- untuk A50s dengan RAM 4GB, dan Rp 4.899.000,- untuk A50s dengan RAM 6GB. Tersedia tiga pilihan warna yaitu Prism Crush Black, Prism Crush White, dan Prism Crush Green.

Pada bulan Desember 2019 ini, Samsung menghadirkan promo akhir tahun bagi konsumen yang membeli Galaxy A Series terbaru. Smartphone ini bisa menjadi pilihan menarik untuk persembahan hadiah bagi orang terkasih.


Disclaimer: artikel ini merupakan kerja sama dengan Samsung Indonesia

1 Comment
  1. […] Additionally learn: Alternative of Smartphone lineups for the Dwell Era […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.