Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Review Samsung Galaxy Tab S5e, Tablet 7 Jutaan dengan Audio Memukau

Jika kita cermati perkembagan teknologi saat ini, jarang sekali produsen yang mengeluarkan jajaran tablet. Karena konsumen kebanyakan lebih memilih smartphone. Tapi bukan berarti tidak ada pasar sam sekali. Buktinya, Samsung mengeluarkan tablet baru yang pasti sudah berdasarkan riset pasar. Tablet tersebut adalah Samsung Galaxy Tab S5e.

Berbagai fitur pintar dijejalkan pada gawai yang membidik segmen tablet kelas atas ini. Pengalaman hiburan yang kaya dan mendalam didukung oleh layar berukuran 10,5 inci dan kapasitas baterai yang besar. Pihak Samsung menganggap, tablet ini cocok bagi mereka yang produktif dan menginginkan pengalaman entertainment berkualitas dalam satu tablet berukuran ringan. Dengan demikian Samsung Galaxy Tab S5e bisa menunjang kebutuhan harian.

Tablet ini hadir bagi pengguna yang menginginkan kecerdasan yang dapat membuat selalu terhubung, sehingga bisa menyelesaikan banyak pekerjaan lebih mudah. Layar lapang dan indah tablet ini memberikan pengalaman entertainment yang premium dan kaya.

Lalu, apa saja kelebihan lainnya? Kali ini, gizmologi berkesempatan mencobanya selama beberapa hari. Simak review Samsung Galaxy Tab S5e selengkapnya berikut ini.

Desain

Bodybagian belakang

Untuk segi desain, tablet ini sangat baik dengan bezel yang tipis tidak hanya itu tebalnya juga hanya 5,5mm, bobotnya juga ringan hanya 400 gram saja.

Untuk bagian belakang, Samsung menggunakan material alumunium ini membuat tampilannya sangat elegan. Dengan material ini baik sidik jari maupun minyak dari tangan tidak mudah menempel seperti padaa material kaca.

Walau agak terasa licin, tetapi grip dari tablet ini sangat baik. Menggenggam tablet ini dalam waktu lama juga tidak ada masalah,dengan posisi vertical atau horizontal.

Masih disisi belakang, ada sebuah kamera yang sayangnya lumayan menonjol, sehingga cukup rawan tergores apabila diletakan dengan layar menghadap keatas. Selebihnya, ada logo Samsung dan tulisan Sound by AKG yang menunjukan tablet ini memiliki audio yang memukau.

Di bodi bagian samping, ada tombol power yang juga sebagai sensor sidik jari. Serta terdapat tombol volume dan slot untuk kartu SIM dan microSD.

Di bagian bawah, juga ada USB Type-C yang diapit dua speaker. Dibagian atas juga ada dua buah speaker yang mendukung surround sound. Sayangnya port jack audio absen pada tablet ini, mengingat memang ukurannya yang sangat tipis.

Layar

layar super AMOLED

Perangkat ini memiliki layar Super AMOLED berukuran 10,5 inci, dengan resolusi WQXGA (2560×1600 piksel), screen to body ratio 81,8% dengan aspek rasio 16:10, dan kerapatan 287 ppi. Untuk spesifikasi ini sepertinya sudah lebih dari cukup untuk memberikan pengalamaan yang baik.

Dan yang keren juga, tablet ini bisa memutar video di YouTube hingga kualitas 1440p60. Untuk Netflix pun device ini juga sanggup memutar di resolusi tertinggi, udah layar cakep, bisa muter resolusi tinggi, speaker surround dan dolby atmos nikmat tuhan mana lagi yang kau dustakan gizmolovers.

Setting pada layar ini juga ada beberapa mode, seperti AMOLED cinma, AMOLED photo, basic, dan yang paling juara adalah mode adaptive display karena dapat menyesuaikan kontras warna pada kondisi tertentu.Tentunya, fitur standar seperti blue light filter dan night mode juga ada pada perangkat ini.

Fitur Samsung Galaxy Tab S5e

Samsung Galaxy Tab S5e telah memakai sistem operasi terbaru Android 9.0 Pie dengan antarmuka yang juga kekinian dari Samsung yaitu OneUI. Samsung membenamkan fitur yang terbilang melimpah pada tablet ini. Terdapat asisten digital Bixby yang bisa berbasis kecerdasan buatan. Aplikasi Office juga sudah tersedia untuk mendukung pekerjaaan.

Tablet ini memiliki fitur split screen yang memungkinkan membuka dua aplikasi sekaligus. Saat di coba menggunakan mengetik di Notes sambil membuka YouTube perangkat ini mampu menjalakan dengan baik tanpa ada lag sedikit pun.

Fitur Split Samsung Galaxy Tab S5e
Fitur Split Screen di Galaxy Tab S5e

Soal keamanan, disaat ini sangat penting. Dimana sudah pasti banyak dari kita yang menyimpan data pribadi pada tablet milik kita. Device ini sudah memiliki fingerprint sensor dan face recognition. Walau respon kurang cepat dan butuh penyesusaian karena sensor sidik jari berada di bagian tombol power. Untuk keamanan data dan privasi, tablet ini juga sudah memiliki Samsung KNOX dan Samsung Pass.

Untuk urusan audio Galaxy Tab S5e ini juara banget, dengan empat buah spiker yang support surround sound dan tuned by AKG. Kayaknya, ini merupakan device dengan audio terbaik.

Belum lagi ada fitur Dolby Atmos yang dapat membuat efek surround sound. Ada empat mode yang dimiliki, yaitu Auto, Movie, Music dan Voice. Kempatnya menawarkan experience yang beda saat nonton atau dengerin musik. Satu hal yang cukup disayangkan adalah absennya port jack audio. Sebagai alternatifnya, kamu bisa menggunakan headset Bluetooth.

Kamera

Kamera belakang Samsung Galaxy Tab S5e
Kamera belakang Samsung Galaxy Tab S5e

Bagaimana dengan fotografi? Untuk urusan ini, Samsung sepertinya hanya memberi kamera ala kadarnya pada Galaxy Tab S5e. Bisa dimaklumi karena ini adalah tablet, kamu pasti bakal kesulitan untuk mengambil foto dengan perangkat sebesar ini. Tetapi fitur ini tetap dibutuhkan untuk kondisi tertentu, terutama video chat.

Related Posts
1 daripada 32

Samsung Galaxy Tab S5e dibekali kamera belakang dengan resolusi 13MP (f/2.0) dan sensor 8MP (f/2.0) pada bagian depan. Jangan harap ada Dual Camera, optical zoom, super wide angle, dan sebagainya seperti kita temui pada smartphone masa kini.

Walau Samsung memberikan kamera yang ala kadarnya. Tetapi, hasil yang diberikan terbilang cukup. Hanya saja untuk kondisi kurang cahaya kamera ini benar-benar tidak bisa diandalkan karena cukup banyak noise dan detail yang hilang.

Untuk perekaman Video, hasil perekamannya bisa mencapai UHD (3840×2160) untuk kamera belakang dan FHD (1920×1020) untuk kamera depan. Berikut beberapa hasil foto :

Hasil Foto Samsung Galaxy Tab S5e:

foto 01 kamera belakang Samsung Galaxy Tab S5e
Foto siang hari dengan kamera belakang
Foto kamera belakang dengan zoom dua kali. Masih terlihat jelas walau detail mulai berkurang
Hasil Foto Outdoor
Foto indoor
Hasil Foto indoor
Foto kamera depan, kualitas ala kadarnya

Performa

Tablet Samsung Galaxy Tab S5e menggunakan jeroan Snapdragon 670 yang dipadukan dengan RAM 4GB serta ROM 64GB, dan adaa juga slot microSD hingga 512GB. Spesifikasi ini sangat cukup untuk menunjang performa yang baik pada tablet ini.

Dengan menggunakan Antutu Benchmark berada dikisiran angka 150 ribuan, saat dicoba menggunakan aplikasi produktivitas seperti Microsoft Office, Canva , Adobe Lightroom, hingga edit video device ini dapat menjalankan dengan baik tanpa kendala. Transisi ketika beralih dari satu aplikasi ke aplikasi lain juga berjalan smooth.

 

Performa Gaming

Untuk gaming, tablet ini ternyata asyik juga berkat GPU Adreno 615. Saat bermain game berat seperti PUBG Mobile, Real Racing 3, Mobile Legends, dan Life After grafis yang ditampilkan cukup baik. Untuk suhunya tablet ini akan mulai panas setelah 30 menit atau lebih setelah dimainkan. Tetapi, panas dirasakan juga masih dalam batas wajar dan tidak mengganggu.

 Baterai

Konsumsi Baterai

Untuk urusan baterai, device ini lumayan irit dapat digunakan seharian tanpa harus di charge . Dengan Android 9 Pie dan ditunjang dengan One UI seperti yang ada di Galaxy S10.Tablet ini sudah memiliki USB Type-C dan fitur fast charging 18W. Untuk mengisi daya baterai dari kosong hingga penuh hanya butuh waktu 2,5 jam, ini termasuk cepat mengingat kapasitas baterainya cukup besar yaitu 7040mAh.

Kesimpulan

Samsung Galaxy Tab S5e adalah tablet kelas atas yang ramping dan ringan. Berbagai fitur pintar dijejalkan pada gawai ini. Pengalaman hiburan yang kaya dan mendalam didukung oleh layar berukuran 10,5 inci dan kapasitas baterai yang besar.

Bagi yang memiliki mobilitas tinggi, tablet ini bisa menjadi alternatif untuk mendukung produktivitas jika membawa laptop terasa berat. Begitupun untuk menunjang entertainment juga sangat nyaman. Tablet dengan harga 7 jutaan ini, sepertinya layak untuk dimiliki. Mengingat banyaknya fitur yang kita dapat dan harga yang masuk akal.

Kamu tertarik untuk memiliki tablet keren ini? Samsung Galaxy Tab S5e bisa dibeli secara online di situs belanja Lazada.

Spesifikasi Samsung Galaxy Tab S5e

Samsung Galaxy Tab S5e spesifikasi
Klik pada gambar untuk spesifikasi lebih detail

General

  • Device Type
    Tablet
  • Model / Series
    Samsung Galaxy Tab S5e
  • Released
    09 April, 2019
  • Status
    Available
  • Price
    IDR7.499.000

Platform

  • Qualcomm SDM670 Snapdragon 670 (10 nm)
  • CPU
    Octa-core (2x2.0 GHz 360 Gold & 6x1.7 GHz Kryo 360 Silver)
  • GPU
    Adreno 615
  • RAM (Memory)
    4 GB
  • Storage
    64 GB, micro SD sampai 512GB
  • Operating System
    Android 9
  • User Interface
    OneUI

Design

  • Dimensions
    245 x 160 x 5.5 mm
  • Weight
    400 g
  • Design Features
    Colors: Black, Gold, Silver
  • Battery
    Non-removable Li-Po 7040 mAh battery
    Fast Charging 18W

Network

  • Network Frequency
    GSM / HSPA / LTE
  • SIM
    Nano-SIM
  • Data Speed
    HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE-A (5CA) Cat16 1024/150 Mbps

Display

  • Screen Type
    Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors
  • Size and Resolution
    10.5 inche (~81.6% screen-to-body ratio), 1600 x 2560 pixels, 16:10 ratio (~288 ppi density)
  • Touch Screen
    Yes
  • Features
    Stylus
    Multi-touch

Camera

  • Multi Camera
    No
  • Rear
    13 MP, f/2.0, 26mm, 1/3.4", 1.0µm, AF
  • Front
    13 MP, f/2.0, 26mm, 1/3.4", 1.0µm, AF
  • Flash
    Yes
  • Video
  • Camera Features
    LED flash, HDR, panorama

Connectivity

  • Wi-fi Wi-Fi is a popular wireless networking technology using radio waves to provide high-speed network connections that allows devices to communicate without cords or cables, Wi-Fi is increasingly becoming the preferred mode of internet connectivity all over the world.
    Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
  • Bluetooth Bluetooth is a wireless communications technology for exchanging data between mobile phones, headsets, computers and other network devices over short distances without wires, Bluetooth technology was primarily designed to support simple wireless networking of personal consumer devices.
    5.0, A2DP, LE
  • USB
    3.1, Type-C 1.0 reversible connector; magnetic connector
  • GPS GPS The Global Positioning System is a satellite-based radio navigation system, GPS permits users to determine their position, velocity and the time 24 hours a day, in all weather, anywhere in the world, In order to locate your position, your device or GPS receiver must have a clear view of the sky.
    Yes, with A-GPS, GLONASS, BDS, GALILEO
  • HDMI HDMI (High-Definition Multimedia Interface) is a compact audio/video interface for transferring uncompressed video data and compressed or uncompressed digital audio data from a HDMI-compliant source device to a compatible computer monitor, video projector, digital television, or digital audio device.
    No
  • Wireless Charging Wireless Charging (Inductive Charging) uses an electromagnetic field to transfer energy between two objects. This is usually done with a charging station. Energy is sent through an inductive coupling to an electrical device, which can then use that energy to charge batteries or run the device.
    No
  • NFC NFC (Near field communication) is a set of standards for smartphones and similar devices to establish peer-to-peer radio communications with each other by touching them together or bringing them into proximity, usually no more than a few inches.
  • Infrared Infrared connectivity is an old wireless technology used to connect two electronic devices. It uses a beam of infrared light to transmit information and so requires direct line of sight and operates only at close range.
    No

Smartphone Features

  • Multimedia Features
    - Fast battery charging
    - Samsung Dex
    - ANT+ support
    - MP4/H.264 player
    - MP3/WAV/eAAC+/Flac player
    - Photo/video editor
    - Document editor
  • FM Radio
    No
  • Web Browser Web Browser => a web browser is a software application used to locate, retrieve and display content on the World Wide Web, including Web pages, images, video and other files, The primary function of a web browser is to render HTML, the code used to design or markup webpages.
    HTML5
  • Messaging
    SMS(threaded view), MMS, Email, Push Email, IM
  • Sensors Sensors are electronic components that detects and responds to some type of input from the physical environment. The specific input could be light, heat, motion, moisture, pressure and location, The output is generally a signal that is converted to use in computing systems, a location sensor, such as a GPS receiver is able to detect current location of your electronic device.
    Fingerprint (side-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass
    ANT+