Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Cara Download & Install iOS 14 Developer Beta Langsung dari iPhone

0 8.193

Apple resmi perkenalkan iOS 14 pada pergelaran acara WWDC 2020, yang pertama diadakan secara daring. Jika iOS 13 hadir membawa banyak perbaikan dan optimisasi OS, iOS 14 datang dengan lebih banyak fitur baru, sampai perubahan pada Home Screen pertama kalinya. Tak hanya ikon aplikasi, nantinya pengguna juga bisa meletakkan widgets agar lebih personal.

Setelah diperkenalkan di WWDC, biasanya iOS versi terbaru bakal hadir secara resmi bersamaan dengan iPhone baru, pada peluncuran Apple Event akhir tahun nanti. Namun jika kamu sudah tidak sabar, tentunya kamu dapat memasang versi iOS 14 Beta yang telah dirilis. Bagaimana caranya? Berikut cara install iOS 14 Beta.

Baca juga: Inilah Fitur-fitur Baru iOS 14, Tersedia Mulai iPhone 6s Sampai yang Terbaru

Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Coba iOS 14 Developer Beta

Sebelum memasuki tahap-tahap cara install IOS 14 Beta, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui. Yang pertama, iOS versi Beta dirilis dalam dua jenis; Developer Beta dan Public Beta. Developer Beta tersedia lebih dulu, sementara versi Public Beta menyusul beberapa minggu belakangan. Yang pertama khusus pengembang dengan lebih banyak bug, yang kedua dirilis untuk umum.

Public Beta bisa didapatkan semudah sign-in akun Apple di situs resmi. Sementara Developer Beta berbeda. Kamu harus punya akun Apple Developer khusus, dimana akun tersebut tersedia secara berlangganan seharga USD99 tiap tahunnya. Jika kamu bukan pengembang aplikasi, tentunya harga tersebut akan terasa mahal hanya sekadar untuk mencoba iOS versi terbaru.

Ada alternatif jika kamu ingin dapatkan profil untuk mendapatkan iOS 14 Developer Beta secara gratis tanpa akun Apple Developer, yaitu dengan mengunduhnya di situs non-resmi. Salah satu contohnya adalah betaprofiles.com. Kamu bisa akses secara langsung dari iPhone yang kompatibel melalui peramban seperti Safari. Risiko ditanggung penumpang ya!

Yang perlu kamu siapkan adalah perangkat iPhone yang mendukung. iOS 14 tersedia untuk semua iPhone baru, alias iPhone 6s ke atas (termasuk iPhone SE versi pertama). Sebelum naik, pastikan kamu telah melakukan backup terlebih dahulu sebelum naik ke iOS 14 (alias ketika masih di iOS 13), bisa lewat iCloud atau iTunes via PC. Karena jika backup dilakukan belakangan, hanya bisa di-restore di versi iOS yang sama (yaitu iOS 14).

Cara install iOS 14 Developer Beta

Cara install iOS 14 Beta
(Via idownloadblog.com)
  1. Unduh dan pasang profil iOS 14 Developer Beta yang sudah kamu dapatkan dari situs resmi Apple atau situs lainnya. Pilih “Allow” untuk memasang profil, lalu tutup pesan yang muncul.
  2. Masuk ke menu Settings dan kamu akan temukan “Profile Downloaded” di bagian atas, tepat di bawah akun Apple. Jika tidak ada, bisa ke menu General – Profile. Pilih “iOS 14 Beta Software Profile”, lalu tap tombol install. Ketika sudah, lakukan restart sesuai perintah.
  3. Setelah restart, masuk ke Settings – General – Software Update, dan iOS 14 Developer Beta akan muncul, siap diunduh dan install.

Ukurannya berbeda-beda, bergantung dari iPhone yang digunakan. Di iPhone 7, iOS 14 Developer Beta berukuran sekitar 3,8GB, jadi pastikan memori internalmu cukup sebelum memutuskan untuk mengunduhnya ya.

Itulah cara mudah install iOS 14 Developer Beta. Jika kamu memutuskan untuk mencoba iOS 14 Beta, terutama versi developer ini, sangat disarankan untuk dipasang ke perangkat yang tidak kamu gunakan sebagai smartphone utama sehari-hari. Mengingat versi awal, pasti akan ada banyak bug atau lainnya yang mengganggu penggunaan. Selamat mencoba!