Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Tips Mengoptimalkan Kamera Smartphone Galaxy S20 Series

0 114

Sebagai salah satu faktor penentu utama pada smartphone, kualitas kamera telah menjadi fitur yang ditunggu-tunggu oleh pengguna. Adanya perubahan perilaku konsumen terhadap penggunaan kamera untuk membuat konten lebih baik mendorong Samsung terus berinovasi.

Produsen elektronik asal Korea Selatan tersebut berhasil menciptakan teknologi kamera smartphone yang mumpuni melalui Samsung Galaxy S20 series. Serangkaian teknologi baru pada Samsung Galaxy S20 Series hadir melalui fitur-fitur kamera yang memberi standar baru untuk flagship.

Tommy A. Siahaan, fotografer terkenal di Indonesia menggunakan kamera profesional dalam keseharian mengambil foto. Namun, adanya teknologi kamera pada smartphone Samsung Galaxy S20 Series yang sudah begitu canggih menurutnya mempermudah pengguna pribadi merasakan praktisnya membidik foto berkualitas dengan sekali klik.

Oleh karena itu, ia mengajak pengguna untuk berani bereksplorasi dan mengambil momen terbaik untuk melengkapi cerita mereka menggunakan kamera smartphone.
Baca juga: Mengenal Lebih Dekat Teknologi Space Zoom di Galaxy S20 Ultra

Fotografer profesional Tommy A. Siahaan
Fotografer profesional Tommy A. Siahaan

Beberapa tips dan trik fotografi yang disampaikan Tommy agar dapat memaksimalkan fitur kamera yang dihadirkan Samsung Galaxy S20 Series dan bisa langsung dipraktikkan oleh para pengguna.

Zoom Photography

Ada banyak cara untuk mengambil foto yang memiliki nilai estetika tinggi. Banyak yang beranggapan, foto harus diambil dalam jarak yang cukup jauh dan menghiraukan fitur zoom yang ada pada kamera smartphone. Berbeda dengan Tommy, menurutnya fitur zoom menjadi salah satu fitur yang patut diperhatikan dalam membuat gambar yang menarik. Terutama apabila pengguna tidak dapat mendekati objek fotografi, misalnya hewan liar, konser, atau bahkan bulan.

  • Kenali fitur-fiturnya: Dengan memahami kemampuan lensa zoom Anda, Anda dapat mengambil bidikan jarak dekat, menengah atau jarak jauh.
  • Jadilah pengamat yang diam: Fotografi adalah seni menceritakan kembali kisah tanpa kata sehingga menangkap momen langka mungkin mengharuskan Anda untuk mengamati objek dari kejauhan, fokus, tepat dan diam. Bersabarlah dengan bidikan Anda dan tanyakan pada diri sendiri cerita seperti apa yang Anda coba sampaikan melalui gambar.
  • Ubah perspektif: Terkadang mengubah sudut bidikan Anda akan banyak membantu untuk variasi hasil foto. Jelajahi sekitar Anda, buatlah objek yang jauh terlihat lebih dekat, atau buat beberapa objek terlihat lebih besar dari yang sebenarnya.
  • Sesuaikan ISO: Tergantung pada objeknya, Anda mungkin perlu menyesuaikan ISO. Untuk objek yang tidak bergerak dan dalam kondisi cahaya yang terang, Anda mungkin menginginkan lebih sedikit grain dalam gambar Anda dan karenanya membutuhkan ISO rendah. Sebaliknya, untuk objek bergerak dan dalam kondisi cahaya redup, Anda dapat menyesuaikan ke ISO tinggi untuk meningkatkan shutter-speed Anda. Samsung Galaxy S20 series dilengkapi dengan fitur Pro-Mode yang memungkinkan pengguna untuk mengatur settingan ISO dari 50-3200.
  • Perhatikan komposisi: Kesalahpahaman yang paling umum adalah menempatkan objek Anda di tengah-tengah bidang bingkai (frame). Namun, itu tidak selalu benar dalam setiap situasi, komposisi lebih penting. Memahami bagaimana menyeimbangkan objek fokus Anda dengan lingkungan sekitarnya akan membantu Anda membuat cerita lebih baik.

Pengguna bisa mendapatkan bidikan sempurna dengan memaksimalkan fitur Samsung Galaxy S20 Series. Caranya adalah gunakan fitur 30x High Resolution Zoom pada Galaxy S20 dan S20+ untuk mengeksplorasi hasil fotografi dengan tingkat kedetailan yang tinggi. Selain itu, gunakan fitur zoom hingga 100x Space Zoom pada Galaxy S20 Ultra untuk mendapatkan jarak yang lebih dekat, untuk hasil yang belum pernah ada di smartphone lainnya.

Fotografi cahaya rendah dan cahaya terang

Hasil bidikan Tommy Siahaan menggunakan Samsung Galaxy S20 Series dengan teknologi Live Focus, Nona-binning dan Re-mosaic
Hasil bidikan Tommy Siahaan menggunakan Samsung Galaxy S20 Series dengan teknologi Live Focus, Nona-binning dan Re-mosaic

Memahami pencahayaan: Sebelum menggunakan fitur di Galaxy S20 Series, kamu perlu memahami cara pencahayaan akan bekerja untuk mendapatkan komposisi yang seimbang di antara objek. Lihat apakah berada dalam kondisi cahaya rendah atau cahaya terang dan gunakan fitur yang sesuai.

Kenali teknologi Samsung Galaxy S20 Series:

  • Nona-binning dengan kemampuan kamera 108 MP revolusioner yang mampu menggabungkan 9 pixel menjadi 1 untuk dapat menyerap lebih banyak cahaya, akan memungkinkan Anda mengambil gambar yang lebih jelas dan kaya warna saat kondisi cahaya rendah.
  • Re-mosaic menata ulang piksel RGB dengan setiap gambar yang diambil, memungkinkan untuk mendapatkan hasil foto dengan warna yang serupa dengan apa yang Anda lihat dengan mata, di lingkungan yang cukup cahaya.
  • Night Mode menggunakan teknologi multi-image processing serta komposisi multi ISO untuk meningkatkan sensitivitas sensor gambar, memungkinkan Anda untuk menggunakan kecepatan rana yang lebih cepat, serta mengurangi kekaburan gerakan.

Disclaimer: artikel ini merupakan kerja sama dengan Samsung Indonesia