Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Tips Jitu Mengoptimalkan Laptop Bisnis ASUSPRO

Mengoptimalkan Laptop Bisnis Asus Pro

Walaupun smartphone kian membanjiri pasar, namun laptop tetap punya pasar yang tak tergoyahkan. Komputer atau laptop tetap dipercaya sebagai perangkat pendukung produktivitas. Di sektor ini, ASUS menjadi market leader di Indonesia dengan pangsa pasar mencapai 42,46% berdasarkan data GfK di Q3 2018. Laptop bisnis ASUSPRO menjadi salah satu segmen yang diunggulkan oleh produsen asal Taiwan tersebut.

Keberadaan laptop bisnis ASUSPRO mempertegas posisinya yang benar-benar menonjolkan kemampuan mumpuni untuk mendukung produktivitas kerja. Perangkat ini biasanya memiliki kinerja prosesor yang andal, fitur keamanan memadai, kemampuan baterai tahan lama, grafis yang bagus serta desain elegan yang memenuhi nilai estetika.

Namun dari segala kelebihannya, kita tetap bisa lebih mengoptimalkan fungsi dari laptop bisnis AsusPro untuk menjadikannya teman terbaik dalam karir bisnis kita. Terutama karena Asus sendiri masih member ruang agar kita bisa melakukan upgrade pada seri laptop ini.

Tips Laptop Bisnis ASUSPRO

1. Pakai Dual Storage 

Laptop bisnis ASUSPro memiliki tiga varian yang dijual di Indonesia. Semua varian memiliki potensi kerja terbaik karena sudah dilengkapi dengan fitur dual memori. Namun pada saat pembelian ada kemungkinan kamu hanya akan mendapatkan satu jenis memori yakni SSD (Solid State Drive) tipe M.2 atau HDD (Hard Disk Drive) tipe SATA.

Menariknya kamu bisa mengoptimalkan kerja memori tersebut dengan memasangnya secara bersamaan. SSD untuk sistem operasi dan aplikasi, serta HDD untuk penyimpanan data di satu laptop yang sama. Kombinasi kecepatan kedua perangkat tersebut sangat membantu mencapai kinerja terbaik kita. Menariknya, ada kemungkinan memasang dua jenis SSD berjenis SATA.

Memori SSD sendiri mampu menghasilkan kecepatan kerja hingga 500mb/s untuk sequintal reads dan 300mb/s untuk sequintal write. Akan sangat membantu aktivitas kerja cepat yang dibutuhkan para business traveler. Proses booting pun menjadi lebih cepat bila sistem operasi disimpan pada memori SSD.

2. Mengaktifkan Fitur Keamanan

Salah satu hal yang terlintas ketika menemukan gadget bisnis adalah kemungkinan adanya beragam data penting di dalamnya. Mulai dari proposal kerja, presentasi untuk klien, sampai file penting klien yang ada dalam memori penyimpanan. Bayangkan jika hal itu tidak terproteksi dengan baik. Maka akan jadi masalah besar seandainya ada orang tak bertanggung jawab yang mencoba meretasnya.

Related Posts
1 daripada 13

Asus jelas memahami kebutuhan tersebut dan menjadikannya fitur dalam seri Pro yang mereka usung ini. Asus Pro sudah dilengkapi dengan keamanan berlapis yang sangat berguna melindungi data penting.

Asus memiliki fitur HDD protection yang bisa ditemukan pada Asus Pro. Proteksi ini memiliki tiga tingkatan: disable, normal (default), dan advanced. Pengaktifannya pun terhitung mudah karena ada bantuan aplikasi seperti yang tampak pada gambar di bawah ini. Bila fitur keamanan HDD sudah diaktifkan maka, orang lain tidak bisa sembarangan mengakses file yang ada di dalamnya.

Kemudian pengamanan yang sudah mulai lazim diterapkan pada laptop kelas bisnis, fingerprint scan. Semua Asus Pro dilengkapi dengan sensor sidik jari yang terletak di dalam trackpad. Keamanan semacam ini terasa lebih personal karena sistem hanya menerima sidik jari pemiliki laptop, yang mana tidak ada kesamaannya di mana pun. Optimalisasi kemanan bisa dikombinasikan dengan password dan PIN.

Bila HDD protection dan fingerprint scan belum mencukupi, kamu bisa lanjut melakukan keamanan di tingkat BIOS. Model keamanan di sini memang jarang dilakukan para pengguna laptop secara umum. Karena riskan terutama bila lupa password. Tapi tidak ada salahnya kamu mengaplikasikan keamanan di sektor BIOS bila memang mengharapkan data terlindung lebih optimal.

Ada satu fitur keamanan lain yang jarang digunakan, pun sering dilupakan. Yaitu Kensington lock, yang lubang fungsinya ada di sisi laptop. Keamanan ini sebenarnya menyerupai kunci gembok pada sepeda. Membuat laptop tak gampang dicuri dan dibawa pergi. Tak ada salahnya menggunakan fitur ini bila memang laptop akan digunakan hanya di satu tempat saja.

3. Dual Monitor

Opsi terbaik dari keberadaan laptop bisnis ASUSPro adalah dongle tambahan yang diberi nama Sim Pro Dock, yang bisa menjadikannya sebagai sebuah desktop. Memanfaatkan fungsi port USB type C yang cepat, kamu bisa menampilkan kerja dari perangkat Asus Pro ke dalam monitor lain yang tersedia di kantor.

Tidak hanya satu, tapi sampai dua bahkan tiga layar bisa menyajikan olah data secara bersamaan. Ditambah dengan monitor bawaan pada laptop. Hal itu tentu akan sangat berguna ketika kita membutuhkan sajian data yang lebih banyak, tidak terbatas di satu bidang monitor saja.

Dongle yang dijual terpisah tersebut juga memberikan port tambahan untuk USB, audio serta kartu memori. Sehingga kamu tidak perlu lagi memasangkannya langsung ke laptop yang terkadang malah mengganggu kenyamanan.


Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkan laptop bisnis ASUSPro yang termasuk ke bisa dibilang sebagai salah satu gadget bisnis terbaik yang ada saat ini. Kinerja, kemanan, kemudahan yang dibutuhkan dalam melaksanakan model kerja mobile jelas tersedia dan mudah diimplementasikan lewat laptop yang desainnya menyabet penghargaan red dot award 2018. Semoga bermanfaat.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.