5 Tips Memilih Earphone Nirkabel TWS, Aksesori Audio Wajib Masa Kini

Jenis perangkat TWS kini sudah banyak, dari berbagai vendor mulai yang memang khusus rilis aksesori hingga vendor smartphone. Tak heran kalau masyarakat, termasuk Gizmo friends agak sedikit bingung untuk memilih mana yang bagus dan cocok. Tak perlu khawatir, berikut adalah tips memilih TWS yang tepat.

True wireless stereo atau TWS sendiri mulai populer sejak 1 – 2 tahun lalu, ketika sudah mulai banyak dan dengan harga relatif terjangkau. Saat ini, harganya sendiri sudah sangat murah, bahkan mulai dari Rp200 ribuan. Tapi perlu diingat, memilih earphone TWS tak sekadar hanya memilih yang kualitas audionya bagus saja.

Tips Memilih TWS Earbuds

Dalam memilih TWS, ada beberapa faktor lain yang harus diperhatikan. Misalnya, untuk penggunaan jangka panjang, atau bila nantinya bakal sering digunakan untuk komunikasi dengan teman dan rekan kerja. Menentukan mana yang cocok pun juga tak sekadar melihat desain luarnya saja.

Berikut tips memilih TWS secara lengkap versi Gizmologi.

Sesuaikan Desain Earbud

OPPO Enco Air - Enco Buds

Jenis earbud dari masing-masing TWS memang beragam. Ada yang simpel, ada yang memiliki tangkai ke bawah, ada juga yang dilengkapi karet tambahan supaya lebih presisi ketika terpasang di telinga. Menjadi tips memilih TWS yang pertama, Gizmo friends harus menentukan, desain dari earbud bagian dalamnya, lebih cocok yang mana.

Secara umum ada dua yang bisa dipilih; semi-in-ear dan dengan eartip. Semi-in-ear tak dilengkapi dengan karet, dan umumnya yang seperti ini tidak menyumbat suara dari luar. Kelebihannya? Umumnya terasa lebih nyaman di telinga meski berlama-lama.

Sedangkan TWS yang memiliki eartip silikon tambahan, bisa menyumbat suara dari luar sekaligus benar-benar presisi, berkat pilihan ukuran karet yang dapat disesuaikan. Alhasil, dentuman bass juga bisa lebih terasa. Namun kamu harus melepasnya bila ingin mendengarkan suara dari luar—kecuali TWS tersebut punya fitur ambient sound ya.

Perhatikan Mikrofon & Fitur Panggilan

OPPO Enco Buds

Tips memilih TWS bagian ini khusus bagi kamu yang berencana gunakan aksesori audio tersebut untuk melakukan panggilan. Tidak semua TWS memiliki fitur khusus untuk kebutuhan ini, bahkan yang cukup mahal sekalipun. Ada baiknya kamu cek apabila TWS yang hendak dibeli dirancang agar nyaman untuk bertelepon.

Caranya? Dengan melihat apakah ada fitur seperti call noise reduction yang secara otomatis dapat menyaring suara latar dan suara pengguna, hingga jumlah mikrofon pada masing-masing earbud. TWS dengan 2 – 3 mikrofon umumnya punya mikrofon khusus untuk meredam suara latar, agar pengguna bisa dengan nyaman lakukan panggilan meski sedang berada di keramaian sekalipun.

Fitur & Pengendalian

OPPO Enco Air

Pastikan juga TWS yang kamu beli mudah untuk dikendalikan, atau dipasangkan ke smartphone lewat proses pairing instan. Sudah banyak, kok, perangkat yang mendukung protokol seperti Google Fast Pair. Pengendalian di sini juga berarti pintasan-pintasan yang bisa kamu akses ketika sedang menggunakannya.

Misal, dua kali sentuh untuk play/pause, atau sentuh dan tahan untuk akses asisten suara Google/Siri. Menyoal fitur, TWS premium tentu juga punya fitur tambahan seperti active noise cancellation (ANC), atau ambient sound yang bisa membawa masuk suara dari luar. Supaya bisa tetap mendengar pengumuman kedatangan kereta, misalnya, tanpa harus melepas perangkat.

Daya Tahan Baterai

OPPO Enco Air

Yang tak kalah penting dalam tips memilih TWS, adalah daya tahan penggunaan perangkat. Selain durasi total pemakaian, yang juga perlu menjadi perhatian adalah durasi saat dipakai non-stop. Istilahnya, percuma bila sebuah TWS punya total waktu penggunaan 24 jam, namun sekali pakai hanya bertahan 2 jam saja.

Artinya, setiap 2 jam sekali, kamu harus memasukkan earbud kembali ke charging case untuk diisi daya. Setidaknya, pilih yang bisa bertahan hingga 4 jam atau lebih, supaya bakalan tetap aman meski terus-menerus nempel di telinga, tanpa harus sering isi daya ulang. Bisa juga perhatikan fitur ekstra lain seperti fast charging dan dukungan pengisian daya nirkabel (wireless charging).

Garansi & Layanan Purnajual

Bila Gizmo friends berencana untuk menggunakan perangkat TWS dalam jangka waktu yang lama, pastikan juga untuk membeli dari produsen atau merek yang memiliki layanan purnajual terjamin. Jangan sampai ketika perangkat rusak tiba-tiba dalam masa garansi, kesulitan untuk lakukan proses klaim karena service center yang jauh atau terbatas.

Ingin memiliki TWS yang sesuai dengan tips di atas? OPPO Indonesia baru saja hadirkan dua seri TWS terbarunya, dan memenuhi seluruh poin di atas. Keduanya adalah OPPO Enco Buds & OPPO Enco Air. Hadir dalam desain yang berbeda, di mana konsumen dapat memilih, lebih suka desain semi-in-ear atau in-ear-monitoring (IEM).

OPPO Enco Air - Enco Buds

Keduanya sudah kami ulas secara lengkap, memiliki kualitas panggilan suara yang prima, baterai tahan lama, serta fitur pengendalian touchpad yang bisa dikustomisasi lewat aplikasi. Bahkan untuk pengguna smartphone OPPO terbaru, bisa langsung mengaturnya lewat menu Bluetooth, alias tak perlu mengunduh aplikasi.

Dan untuk kualitas suara, keduanya punya karakter berbeda. OPPO Enco Buds memiliki karakter suara yang cenderung hangat, dengan dentuman bass lebih nendang. Sementara OPPO Enco Air lebih balanced, hasil pengembangan dari tim riset OPPO yang telah berjalan lebih dari 15 tahun.

Baik OPPO Enco Buds dan OPPO Enco Air sudah tersedia secara daring maupun luring, masing-masing dibanderol Rp599 ribu & Rp999 ribu. Gizmo friends bisa memilih sesuai dengan preferensi pribadi masing-masing.

Tinggalkan komen