Laptop Acer Aspire Vero: Desain Ramah Lingkungan, Performa Unggulan

Makin banyak perangkat yang diproduksi, makin menumpuk potensi sampah elektronik. Sejumlah perusahaan global menyadari hal itu dengan menyiapkan produk ramah lingkungan, salah satunya Acer. Produsen komputer asal Taiwan tersebut meluncurkan Acer Aspire Vero harga terjangkau di Indonesia.

Laptop ini merupakan produk pertama dari Acer yang yang dirilis melalui inisiatif Earthion. Acer Aspire Vero harga terjangkau mengusung platform Intel generasi 11 terbaru yang dipadukan bersama sistem operasi terbaru juga dalam Windows 11. Semua ini dikemas dalam sebuah perangkat yang terbuat dari materi daur ulang sehingga memberikan pemenuhan kebutuhan teknologi bagi pengguna dengan kesadaran lingkungan.

Melalui Aspire Vero dan lini produk bertajuk “Vero” lainnya, Acer berusaha menjawab tantangan kesehatan lingkungan dengan solusi yang inovatif dan terintegrasi. Penasaran seperti apa yang ditawarkan Acer Aspire Vero harga terjangkau ini? Simak ulasannya berikut ini.

Desain

Berbicara desain ramah lingkungan, Acer Aspire Vero menggunakan material post-consumer recycled (PCR) plastic mulai dari 30% plastik PCR untuk keseluruhan rangka panel atas bawah dan 50% plastik PCR untuk keycaps pada keyboard.

Penggunaan plastik PCR ini diklaim Acer mampu mengurangi emisi karbon hingga 21% dibandingkan produksi rangka dari material plastik baru. Perangkat ini dipadukan dengan kemasan yang juga terbuat dari bahan daur ulang, mulai dari dusnya terbuat dari 80-85% kertas daur ulang, penggunaan tinta dari bahan kedelai.

Warna dari Aspire Vero juga unik dengan abu-abu yang diberi nama Volcano Gray. Acer tidak menggunakan warna tambahan untuk perangkat ini, sehingga warna abu-abu dan aksen bintik kuning merupakan warna natural dari plastik daur ulang PCR ini sendiri. Aksen kuning juga terlihat pada keyboard huruf “R” dan “E” yang melambangkan review, rethink, recycle, dan reduce.

Baca juga: Review Acer Swift 3 Infinity 4: Ultrabook Intel Evo Terjangkau

Layar

Acer Aspire Vero layarPenampilan fisik unik dari Acer Aspire Vero didukung dengan layar panel IPS berukuran 15,6 inci resolusi Full HD (1920×1080). Resolusi dan ukuran yang disematkan sudah baik mengingat dengan ukuran tersebut resolusi Full HD relatif tajam dan tidak terlihat setiap pixel, namun kekurangan layar ada pada kecerahan yang diberikan.

Terukur kecerahan maksimal layar Aspire Vero hanya 227, lebih rendah dibandingkan rata-rata laptop lainnya di sekitar angka 350 nits. Kecerahan layar bukan menjadi masalah apabila perangkat digunakan dalam kondisi dalam ruangan, namun konten visual akan susah dibaca ketika penggunaan pada kondisi luar ruangan di bawah terik matahari.

Fitur

Tidak hanya konservatif dalam materi perangkat keras (hardware), Acer menghadirkan solusi konservatif untuk menghemat daya melalui VeroSense™. Manajemen daya yang baik dapat menghemat penggunaan daya dan memberikan daya tahan baterai lebih baik bagi pengguna.

VeroSense™ menjadi solusi sederhana yang mudah digunakan pengguna untuk memilih kondisi performa perangkat sehingga sesuai dengan kebutuhan situasi tanpa kompromi pada aspek baik performa maupun baterai. Ada empat mode yang ditawarkan VeroSense yaitu sebagai berikut:

  • Eco+ Mode: Penghematan daya tahan baterai paling lama, berdampak besar pada performa,
  • Eco Mode: Penghematan daya tahan baterai, performa lebih baik dari Eco+ Mode
  • Balanced Mode: Mode optimal untuk keseimbangan performa dan daya tahan baterai,
  • Performance Mode: Mode maksimal untuk performa dengan konsumsi tinggi daya baterai,

Empat mode yang diberikan VeroSense tersebut merupakan solusi sederhana yang bisa digunakan semua kalangan pengguna, meski demikian kapasitas baterai menjadi tantangan terbesar untuk menggunakan perangkat dalam jangka waktu lama.

Dengan kapasitas hanya 48Whr maka akan terbatas solusi yang diberikan Acer untuk memberikan daya tahan baterai semaksimal mungkin bagi pengguna.

Kinerja

Acer Aspire VeroSolusi penyimpanan yang diberikan Acer Aspire Vero memiliki performa kecepatan yang mumpuni untuk mencukupi kebutuhan pengguna pada umumnya dengan 256GB PCIe Gen 3, NVMe. Meski belum menggunakan teknologi penyimpanan tertinggi  (PCIe Gen 4), solusi media ini sudah lebih dari cukup bagi sebagian besar pengguna dengan kecepatan transfer hingga 8GB/s.

Unit Acer Aspire Vero yang diuji mengusung platform Intel generasi ke 11 terbaru, tepatnya Intel Core i7-1195G7 dengan frekuensi 2.9 GHz dan turbo hingga 5.0 GHz. Saat ini ketersediaan di Indonesia Acer Aspire Vero didukung Intel Core i5-1155G7 dengan frekuensi 2.5 GHz.

Untuk varian teratasnya, prosesor ini tergolong mumpuni di kelasnya. Beberapa laptop serupa di kelasnya mengusung prosesor di bawahnya seperti Intel Core i7-1185G7 bahkan Intel Core i7-1165G7. Keunggulan prosesor dapat membantu pengguna menjalankan sejumlah aktivitas menuntut dengan responsivitas baik dan cepat.

Untuk departemen grafis, Acer Aspire Vero menggunakan Intel® Iris® Xe graphics yang mampu memberikan performa grafis baik untuk menjalankan aplikasi editing foto, video, bahkan memainkan game ringan di tengah waktu luang.

Kesimpulan

Lini Aspire merupakan salah satu seri produk paling populer persembahan dari Acer. Kehadiran Vero akan membawakan identitas Aspire tersebut beserta dengan kualitas dan performa yang sama. Bagi pengguna dengan kesadaran lingkungan tinggi, pemilihan produk teknologi yang menjunjung penggunaan material daur ulang menjadi nilai lebih yang sulit ditemukan pada produk lainnya.

Aspire Vero menjadi pilihan menarik dan solusi ideal dengan performa mumpuni, kualitas Acer Aspire yang sudah dikenal, beserta kepuasan mengambil keputusan selangkah demi kelestarian lingkungan dengan mengurangi limbah plastik.

Acer Aspire Vero Harga di Indonesia

Acer Aspire Vero sudah tersedia di Indonesia dan dapat masyarakat dapat pre-order mulai dari 25 Oktober – 7 November 2021 melalui Acer eStore, JD.id dan Acer Exclusive Store.

Laptop Acer Aspire Vero harga yang dibanderol adalah Rp10.999.999. Harga ini sudah termasuk pre-installed Windows 11 terbaru beserta Microsoft Office Home & Student 2021 secara gratis.

Beli Acer Aspire Vero di:

Acer eStore JD.ID Shopee.co.id

 

Spesifikasi Acer Aspire Vero

aspire vero av15 51 fpbl 02a

General

Device Type Laptop
Model / Series Acer Aspire Vero (AV15-51)
Released 27 Oktober, 2021
Status Available
Price Rp10.999.999

Platform

Processor Intel® Core™ i5-1155G7 processor
VGA (Graphic Card) Intel Iris Xe
RAM (Memory) 8GB DDR4 Memory (upgradeable up to 24 GB)
Storage 512GB SSD NVMe
Operating System Windows 11 Home

Body

Dimensions -
Display 15.6" FHD (1920 x 1080), IPS, Acer ComfyView™ LED-backlit TFT LCD, 16:9 aspect ratio.
Battery -

Connectivity

Webcam 720 HD webcam
Bluetooth 5.1
Wi-fi 802.11 ac
NFC
I/O Interface -

Other

Audio Stereo speakers, DTS Audio
Features • Features : Acer Bluelight Shield Technology
• Stamp : Office Home Student 2021
• Accessories : Acer Backpack, Exclusive Green Bundle

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.