Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Asyiknya Mencoba Samsung Dex, Kolaborasi Smartphone dan Laptop yang Bikin Produktif

Jika ditanya untuk apa menghubungkan smartphone ke laptop? Bisa dipastikan sebagian besar akan menjawab untuk transfer atau backup data smartphone ke laptop. Namun Samsung mengembangkan kemungkinan yang lebih besar lagi. Melalui tools Samsung Dex, kita bisa melakukan banyak hal dengan smartphone dan laptop yang terhubung.

Samsung Dex sebenarnya sudah lama dihadirkan. Namun terus terang saja saya sangat jarang memakainya. Karena untuk mengaksesnya cukup ribet. Tetapi Samsung terus mengembangkan fitur ini sehingga sekarang makin powerful.

Awalnya, ketika Samsung Dex diperkenalkan, pengguna membutuhkan DeX Station yang dibeli secara terpisah. Smartphone Samsung dipasangkan ke DeX Station yang kemudian dihubungkan ke laptop agar bisa berfungsi. Pengembangan selanjutnya, tidak perlu lagi DeX Station, cukup kabel USB type C to HDMI. Lebih simpel, tapi tetap saja butuh membeli perangkat tambahan agar bisa bekerja.

Sekarang, kemampuan Samsung DeX makin powerful. Karena tidak perlu lagi DeX Station maupun kabel USB type C to HDMI. Cukup dengan kabel data bawaan, bisa langsung terhubung ke laptop. Bahkan bukan hanya yang menggunakan sistem operasi Windows, sekarang Samsung DeX sudah mendukung laptop MacBook besutan Apple.

Hanya saja, kemampuan Samsung DeX yang baru tersebut saat ini baru bisa digunakan di smartphone Samsung Galaxy Note10 series. Kabar baiknya, Samsung tengah memberikan update firmware ke Galaxy S10 series yang juga akan mendukung Samsung DeX versi baru.

Baca juga: 

Mencoba Samsung DeX

 

Saya berkesempatan mencoba Samsung DeX ini saat melakukan media workshop Samsung Galaxy Note10 series di Seoul, Korea Selatan. Tepatnya di Starfield Library, sebuah perpustakaan dengan desain interior yang spektakuler yang berlokasi di dalam COEX Mall, Gangnam-Gu, Seoul. Kamu bisa menonton video di atas untuk mengetahui secara singkat bagaimana Samsung DeX bekerja.

Cara menggunakannya sangat mudah, yakni install dulu aplikasi Samsung DeX di laptop baik PC maupun MacOS. Selanjutnya sambungkan Samsung Galaxy Note10 dengan kabel data ke laptop. Maka secara otomatis sistem di laptop akan membaca dan menjalankan aplikasi Samsung DeX.

Dan untuk membantu pengguna bekerja lebih nyaman dan efisien, Galaxy Note10 series memiliki fitur Link to Windows yang terintegrasi langsung ke dalam Quick Panel. Dengan fitur ini, kita dapat dengan mudah menghubungkan Galaxy Note10 ke PC berbasis Windows 10 dan menampilkan layar smartphone, mengirim dan menerima pesan, dan melihat notifikasi hingga foto langsung dari komputer.

Nah, fitur Link to Windows ini dapat diakses melalui Quick Panel atau dengan mengakses Setting> Advance Features. Setelah masuk ke akun Microsoft, Galaxy Note10 secara otomatis menautkan PC mereka. Asyik banget kan?

samsung dex

Samsung DeX menjadi satu fitur produktivitas paling seamless yang ada pada Galaxy Note10 maupun Galaxy Note10 Plus. Nah, ini beberapa  hal yang bisa kamu lakukan dengan Samsung DeX.

1. Membuat presentasi 

Samsung DeX memudahkan kita untuk mengakses smartphone dan laptop secara bergantian, tanpa ribet. Dimulai ketika drag and drop dokumen/ foto/ video dari smartphone ke PC/ Mac hingga untuk kebutuhan presentasi.

Kita bisa mempresentasikan file yang ada di smartphone dan menyambungkan ke layar TV/ laptop. Untuk berganti slide, bisa dilakukan langsung pada Note10 atau memanfaatkan Air Action pada S Pen Note10. Jika DeX digunakan pada laptop, kamu bisa menggunakan mouse dan keyboard agar melakukan pekerjaan lebih mudah.

2. Multitasking dengan dua layar sekaligus

Dengan Samsung DeX, kita bisa menaikkan level multi-tasking ke level selanjutnya. Dalam mode Samsung DeX, kita dapat melihat lebih detail pada video, karya seni, dan dokumen dengan tampilan yang lebih besar sambil tetap menggunakan smartphone.

Misalnya saja menonton film di monitor sambil memeriksa teks, atau melakukan panggilan saat me-review dokumen tanpa mengganggu fokus. Skenario penggunaan dua layar ini bisa bermacam-macam untuk mendukung produktivitas.

3. Mengoptimalkan layar besar

Beberapa aplikasi yang kita gunakan setiap hari dioptimalkan untuk bekerja dalam berbagai ukuran layar, misalnya seperti MS Office Suite, Browser hingga YouTube. Aplikasi tersebut nyaman untuk dilihat di smartphone, tapi dengan menggunakan Samsung DeX, kita dapat menyelesaikan pekerjaan dalam waktu singkat hingga mendapatkan pengalaman lebih menyenangkan.

Contoh skenarionya adalah MS Office Suite bisa langsung dibuka ketika akan presentasi ke partner. Kemudian melakukan panggilan video conference untuk berkomunikasi dengan tampilan lebih luas. Foto dan video yang perlu di-edit, bisa diperiksa lagi dengan lebih detail dan mengeditnya langsung dengan Samsung DeX melalui PC atau Mac. Bahkan, bermain game bisa dilakukan dengan DeX.

4. Ragam Aplikasi Pendukung Samsung DeX

Kita tidak perlu khawatir ketika ingin mengakses aplikasi favorit untuk digunakan pada Samsung DeX. Samsung menjalin kemitraan dengan partner terpercaya untuk turut mengoptimalkan kemampuan dari Samsung DeX.

Berikut list beberapa aplikasi yang optimal bekerja pada Samsung DeX.

  • Aplikasi produktivitas: MS Office Suite, dll.
  • Aplikasi editing: Adobe Premiere Rush, Adobe Photoshop Sketch, Adobe Photoshop Mix, dll.
  • Aplikasi Entertainment: YouTube, Spotify, Google Play Movies & TV, dll