Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

ASUS ROG Mothership, Perangkat Gaming Powerful Seharga Mobil

Jika ada uang Rp130 juta dan hanya diberi dua pilihan yaitu mobil atau perangkat gaming ASUS ROG Mothership, mana yang bakal kamu pilih? Sobat missquen mungkin tidak akan  berpikir dua kali untuk langsung memilih mobil. Tapi jika kamu adalah gamer kelas sultan, beli laptop gaming tentu bakal lebih memuaskan hasrat.

Memang ada ya laptop yang seharga mobil baru? Mungkin agak mengagetkan, tapi begitulah adanya. ASUS baru saja merilis laptop gaming terbarunya yang dipasarkan seharga Rp130 juta. Laptop bernama ASUS ROG Mothership tersebut dianggap mendefinisikan ulang arti sebuah mesin gaming portabel sekaligus sebagai dekstop replacment.

ROG Mothership menggunakan desain baru dengan bodi utama ditempatkan pada posisi berdiri. Tidak hanya itu bodi utama pada laptop besutan ASUS ini juga menyatu dengan layar 4K dan dilengkapi dengan keyboard yang dapat dilepas serta digunakan secara nirkabel.

Jimmy Lin, ASUS Regional Director, Southeast Asia, ROG Mothership merupakan bukti bahwa ASUS terus berinovasi untuk menghadirkan yang terbaik bagi gamer. “Dilengkapi dengan hardware paling powerfull untuk sebuah laptop gaming saat ini, ROG Mothership mampu menghadirkan performa yang setara dengan PC dekstop kelas high-end,” ujar Jimmy saat peluncuran AsusROG Mothership di Jakarta (11/7/2019).

Fitur ASUS ROG Mothership

ASUS ROG Mothership juga dilengkapi dengan penyangga khusus agar laptop gaming ini bisa berdiri. Penyangga tersebut dapat langsung terbuka ketika ROG Mothership ditempatkan di atas meja berkat mekanisme khusus pada bagian bawahnya. Agar dapat digunakan dengan nyaman, bagian penyangga ROG Mothership juga dapat diatur sudut kemiringannya.

Perangkat desktop replacement ini juga dilengkapi dengan sistem pendingin menggunakan liquid metal. Liquid metal tersebut ditempatkan sebagai pengganti thermal paste dan mampu mendinginkan prosesor serta GPU hingga 13 derajat Celcius lebih rendah.

Sistem pendinginnya adalah jaringan 8 buah heatpipe yang menghubungkan CPU, GPU serta VRM. Heatpipe tersebut terkoneksi dengan empat buah heatsink yang memiliki sirip dengan ketebalan hanya 0,1mm saja, membuat pendinginan lebih optimal. Keempat heatsink tersebut juga memiliki 375 sirip dengan total luas permukaan hingga lebih dari 200.000mm persegi.

Related Posts
1 daripada 48

Baca juga: ASUS ROG Zephyrus GA502DU, Laptop Gaming Paling Tipis & Ringan

Spesifikasi ASUS ROG Mothership

ROG Mothership juga ditenagai oleh 9 Gen Intel Core i9-9980HK yang menggunakan konfigurasi 8 core dan 16 thread. Prosesor mobile paling kencang yang pernah ada tersebut juga mampu menghadirkan kecepatan pemrosesan hingga 4,7GHz di mode turbo. Tidak hanya mampu untuk gaming, ROG Mothership dipastikan mampu menangani berbagai tugas berat mulai dari 3D rendering, recording, hingga bermain game sambil live streaming.

Laptop ini dibekali denga RAM DDR4 berkapasitas 64GB, ROG Mothership siap untuk digunakan untuk mesin multitasking. Performanya semakin kencang berkat dukungan pemnyimpanan NVMe SSD yang dikonfigurasikan secara RAID 0. laptop ini juga dibekali dengan teknologi HyperDrive Extreme yang mengkoneksikan dua SSD secara langsung ke CPU. Hasilnya adalah sistem penyimpanan super kencang dengan kecepatan baca hingga 8700MBps.

ROG Mothership dibekali oleh salah satu chip grafis terbaik saat ini yaitu NVIDIA GeForce RTX 2080. Chip grafis yang digunakan adalah versi desktop yang telah di-over lock hingga 1880 MHz dengan daya 200W. ROG Mothership mengusung layar beresolusi 4K UHD dengan refresh rate 144Hz, response time 3ms, serta dukungan teknologi NVIDIA G-Sync untuk pengalaman gaming maksimal.

Laptop gaming ini telah dilengkapi dengan moduk 2.5G Ethernet. Keberadaan modul ini juga ditemani dengan WIFI generasi terbaru yaitu 6 (802.11ax) yang mampu menghadirkan kecepatan hingga 2,4Gbps. Selain WIFI, ROG Mothership juga hadir dengan setumpuk opsi konektivitas melalui kabel seperti USB 3.1 Gen 2 yang hadir dalam bentuk port USB Type-A dan Type-C. Ada pula Thunderbolt 3 yang menjanjikan kecepatan transfer lebih cepat berbasis Thunderbolt.

Untuk mendapatkan Laptop paling powerfull di dunia ini kamu harus menyiapkan uang yang sangat besar, laptop ini dibanderol seharga Rp130.999.000.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.