Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

AKG N400 Hadir dengan ANC, Alternatif Murah AirPods Pro

0 864

Meski sudah diakuisisi oleh Samsung sebagai bagian dari Harman sejak 2016 lalu, AKG tetap terus memproduksi perangkat audio mereka. Ya, merk ini pasti tidak asing bagi kamu, terutama pengguna smartphone Samsung yang aksesoris audionya sudah banyak menggunakan branding dari AKG, sebut saja earphone TWS, Samsung Galaxy Buds+.

Nah, walaupun sudah bekerja sama dengan Samsung untuk rilis suksesor dari Galaxy Buds, AKG memutuskan untuk rilis N400, sebuah earphone true wireless yang punya nilai tambah dari TWS terbaru milik Samsung, salah satunya adalah Active Noise Cancellation.

Baca juga: Samsung Galaxy Buds+: Suara Lebih Imersif, Daya Tahan Baterai Hingga 22 Jam!

Desain dan Fitur AKG N400

TWS AKG N400

Dilihat dari desain TWS-nya sendiri, AKG N400 sedikit mirip dengan Samsung Galaxy Buds, sama-sama dilengkapi karet wingtip tambahan agar tidak mudah terlepas dari telinga. Varian warnanya juga cukup menarik, selain hitam dan putih, ada warna navy dengan aksen emas di sisi panel sentuh kapasitifnya. Panel sentuh tersebut bisa dikustomisasi untuk mengendalikan musik, volume, serta memanggil asisten suara sesuai selera, termasuk Bixby, Siri dan Google Assistant. Sertifikasi tahan airnya juga lebih tinggi, yaitu IPX7 (untuk kedalaman 1 meter selama 30 menit).

Untuk spesifikasi teknisnya, AKG N400 memiliki driver berdimensi 8,2mm yang berjalan di frekuensi 10Hz – 20KHz, impedansi 16 ohms dan sensitivitas hingga 96 dB SPL. Mendukung konektivitas Bluetooth 5.0, earphone ini bisa menyalurkan suara lewat codec SBC dan AAC. Earbud-nya sendiri memiliki bobot 7,7 gram, ditambah 65 gram dengan case-nya.

AKG N400 diklaim mampu memutar musik hingga 6 jam nonstop, atau 5 jam dengan fitur ANC menyala. Sementara case pada TWS ini bisa menambah daya putar 6 jam, menjadikannya total 12 jam pemakaian. Masa pakai tersebut masih cukup jauh jika dibandingkan dengan Galaxy Buds+ yang diklaim bisa menyala total sampai 22 jam. Metode pengecasannya sama, bisa lewat port USB-C maupun wireless charger.

Wireless charging case AKG N400

Ketika dirilis, Samsung Galaxy Buds+ masih tidak dilengkapi fitur Active Noise Cancellation (ANC), alias hanya pasif. Sementara AKG N400 sudah punya fitur tersebut, membuatnya setara dengan Airpods Pro milik Apple atau WF-1000MX3 dari Sony. ANC membuat pengguna dapat mendengarkan suara lebih fokus dengan menyumbat suara keramaian (noise) dari luar. Lewat aplikasi, pengguna bisa mengatur tingkatan ANC, equalizer serta fungsi panel sentuhnya.

Earphone TWS ini hadir secara diam-diam, tanpa informasi lebih lanjut mengenai ketersediaannya secara global. Untuk saat ini, AKG N400 hanya tersedia di halaman web resmi Samsung Korea Selatan, dengan harga jual sekitar 190 USD atau sekitar Rp3,1 juta. Lebih mahal, mengingat produk ini punya lebih banyak fitur seperti ANC dan sertifikasi tahan air lebih baik.