Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

DJI Zenmuse XT2, Drone Cerdas dengan Teknologi Pencitraan Mutakhir

0 211

Fitur cerdas mulai diterapkan pada teknologi drone demi pemanfaatan yang lebih luas lagi. Rangkaian fitur tersebut dapat ditemukan pada kamera drone Dji Zenmuse XT2 yang pekan ini diperagakan di Indonesia untuk kali pertama.

Dji Zenmuse XT2 memungkinkan pengguna bisa menikmati data dan gambar yang tidak tertandingi hasilnya. Hal ini disebabkan kamera ini sendiri merupakan kamera pengolah panas yang mumpuni yang bisa mengolah data menjadi informasi yang dapat dimanfaatkan.

Kamera di drone Dji Zenmuse XT2 dilengkapi dengan stabilisasi menggunakan teknologi Gimbal serta desain dual-sensor yang memadukan radiasi radiometric FLIR. Kamera visual pada Zenmuse XT2 juga sudah berkualitas 4K sehingga memungkinkan pengguna melihat data thermal atau panas dan visual secara bersamaan.

DJI Zenmuse XT2
Kamera Zenmuse XT2. Foto oleh YouTube.com

Beberapa fitur cerdas pada Dji Zenmuse XT2 ini yakni teknologi FLIR MSX guna menggabungkan data visual dan pencitraan thermal ke dalam satu gambar sehingga pengguna bisa mengidentifikasi obyek yang menjadi perhatian. Lalu ada fitur Spotlight Pro untuk membantu pemakai memusatkan perhatian pada pengoperasian penerbangan yang aman.

Fitur Spotlight ini dapat pula membuat pengguna melakukan analisa data saat kamera secara otomatis melacak obyek melalui dua metode penerbangan cerdas, yaitu QuickTrack untuk memusatkan kamera pada area yang dipilih. Lalu ada HeatTrack untuk secara otomatis melacak obyek terpanas dalam tampilan.

Ada pula fitur Temp Alaram untuk menafsirkan data thermal secara real-time yang bisa memperingatkan operator drone jika suhu obyek melebihi ambang batas.

Dji Zenmuse XT2  dirancang tanah banting serta membekali diri dengan perlindungan IP44 yang membuatnya tetap bisa terbang meski cuaca berkabut, hujan dan berkabut. Visual kamera ini berkekuatan 12 MP, lalu tersedia dalam dua resolusi sensor thermal, yakni 640 x 512 atau 336 x 256, dengan lensa 9mm, 13mm, 19mm dan 25mm.

Panel Discussion Speakers
DJI Bermitra dengan Halo Robotics untuk menghadirkan teknologi pencitraan udara mutakhir di Indonesia

“Dji Zenmuse XT2 adalah permulaan dari berbagai solusi sederhana namun mumpuni yang akan kami perkenalkan ke pasar Indonesia,” kata Jan Gasparic, Head of Enterprise Partnership, DJI.\

Drone Dji Zenmuse XT2 menyasar konsumen untuk mendukung kerja mereka, seperti dalam melakukan inspeksi infrastruktur, fasilitas energi, pemetaan situs konstruksi dan keamanan publik. Pada inspeksi infrastruktur, misalnya, kamera Zenmuse drone DJI memungkinkan inspeksi pada jarak jauh pada saluran listrik, menara telekomunikasi dan jembatan.

Untuk memuluskan penjualan di pasar Indonesia, DJI menggandeng Halo Robotics, distributor teknologi drone komersial.

“Para pelanggan kami selalu mencari alat dan teknologi baru yang bisa meningkatkan efisiensi dan mengoptimalkan proses kerja. Oleh karena itu, drone saat ini makin menjadi bagian besar dari operasi mereka,” kata Eli Mosele, Presiden Direkur Halo Robotics. “Kami sangat bersemangat dengan kemitraan bersama DJI ini, dan kami tidak sabar untuk menghadirkan solusi dan produk DJI,” tambahnya.

Dji Zenmuse XT2 sudah mulai tersedia sejak 24 Mei 2018 dan bisa dibeli melalui Halo Robotics dan dealer resmi DJI di Indonesia.

Baca juga: Teknologi Beehive Drones Menangkan Microsoft Imagine Cup 2018, Ini Inovasinya

 

 

Tinggalkan komen