Huawei MateBook E, Tablet Tipis dan Ringan dengan CPU Intel Core i7 Tiger Lake

Jakarta, Gizmologi – Dengan kembalinya mobilitas masyarakat pasca melandainya kasus COVID-19, produsen elektronik mulai banyak rilis perangkat portabel termasuk komputer. Yang terbaru, Huawei baru saja merilis Huawei MateBook E. Hadir sebagai penantang Surface Pro 8 milik Microsoft dengan spesifikasi mumpuni, termasuk kemampuan komputasinya.

Sebelum Huawei sendiri, ASUS juga hadirkan opsi terbarunya dengan keunggulan layar OLED, yakni ASUS VivoBook 13 Slate. Dilengkapi hinge fleksibel pada bodi belakang secara terintegrasi, pengguna tak perlu gunakan cover khusus untuk membuat perangkat berdiri pada kemiringan tertentu, baik dalam posisi potret hingga landscape. Sayangnya, Huawei MateBook E tampil lebih sederhana.

Benar-benar seperti tablet MatePad, Huawei MateBook E tidak dilengkapi kickstand khusus, sehingga harus “didukung” dengan flip cover yang juga sekaligus berikan papan ketik berbasis hardware untuk membuatnya berfungsi seperti laptop. Namun dengan begitu, bobotnya bisa direduksi, hanya 709 gram saja. Sementara ketebalannya juga kurang dari 8mm, alias serupa dengan OPPO A95 yang baru dirilis.

Baca juga: Huawei Seeds for the Future 2021, Cari Talenta Digital Berbakat Indonesia

Spesifikasi Unggulan Huawei MateBook E

Huawei MateBook E

Dan selayaknya tablet Android, Huawei MateBook E juga punya keempat bezel layar yang dirancang sangat tipis. Dimensi layarnya sendiri mencapai 12,6 inci, dengan resolusi mencapai 1600p dan rasio 16:10. Menariknya, panel Huawei MateBook E sudah gunakan OLED dengan cakupan warna DCI-P3 100%, cocok untuk kreator konten yang membutuhkan akurasi tinggi.

Penggunaan luar ruangan juga bakal tetap nyaman berkat kecerahan maksimum 600 nits. Sementara bagi mereka yang membutuhkan stylus, Huawei MateBook E juga mendukung stylus M-Pencil generasi kedua. Cara memasangkan sekaligus mengisi dayanya pun mudah, hanya dengan menempelkannya secara magnetik pada bodi sampingnya.

Huawei MateBook E

Mudahnya, Huawei MateBook E adalah wujud lain MatePad Pro 12.6, hanya saja jauh lebih bertenaga dengan prosesor Tiger Lake terbaru dari Intel saat ini. Tersedia opsi hingga Core-i7 dengan kartu grafis Intel Iris Xe, kapasitas RAM 16GB dan penyimpanan hingga 512GB berjenis PCIe SSD. Karena sudah pakai cip terbaru, dukungan Thunderbolt 4 juga tersedia, mendukung monitor resolusi 8K plus konektivitas Wi-Fi 6.

Selain jack audio 3,5mm, sisi kiri bodi Huawei MateBook E juga dilengkapi dengan sensor sidik jari yang tersambung bersama Windows Hello. Dan yang cukup hebat, Huawei masih bisa menyematkan empat speaker internal, lengkap dengan sistem pendingin khusus supaya perangkat bisa tetap bekerja kencang dalam jangka pemakaian yang intensif. Untuk panggilan virtual, disematkan sensor kamera 13MP pada bodi belakangnya, serta kamera 8MP di sisi depan.

Dilengkapi Sensor NFC, Harga Mulai Rp13 Jutaan

Huawei MateBook E

Baterai berkapasitas 42WHr pada Huawei MateBook E diklaim bisa bertahan hingga 8 jam penggunaan. Pengisiannya sendiri cukup praktis lewat port USB-C, mendukung input hingga 65W, 30 menit pengisian sudah bisa menambah daya sampai 54%, sementara untuk daya penuh kaya kisaran 90 menit saja.

Karena Huawei utamakan produk ekosistem yang tersambung satu sama lain, aksesori keyboard tambahan Huawei MateBook E juga dilengkapi dengan NFC. Sehingga pengguna smartphone maupun tablet Huawei bisa menyambungkan perangkatnya secara nirkabel hanya dengan menyentuhkan sisi sebelah touchpad. Jadi daya tarik tersendiri untuk pengguna perangkat Huawei.

Menariknya, semua paket penjualan Huawei MateBook E sudah disertai dengan keyboard. Varian termurah dengan Intel Core-i5 dan memori 8/256GB dibanderol CNY5,999 (Rp13 jutaan). Sementara varian tertinggi (i7/16/512GB) dibanderol CNY8,699 (Rp19 jutaan) sudah termasuk dengan stylus M-Pencil generasi kedua. Mulai dijual di China pada awal Desember mendatang.

Tinggalkan komen