alexa

Eksplorasi Mode Kamera Galaxy Z Fold3 5G, Kreasi Konten Makin Istimewa

Jakarta, Gizmologi – Gizmo friends pasti sudah tahu dong, kalau Samsung Electronics Indonesia baru saja merilis dua smartphone layar lipat terbarunya yaitu Galaxy Z Fold3 5G & Z Flip3 5G. Keduanya hadir dengan segmen harga berbeda, serta form factor yang berbeda pula. Tapi tahukah kamu kalau Galaxy Z Fold3 5G punya fitur kamera keren?

Ya, meskipun lebih mengutamakan produktivitas lewat dukungan layar besar dan stylus S Pen, Samsung berikan beberapa mode kamera khusus pada smartphone ini, ditambah sensor kamera lengkap yang membuatnya sangat cocok bagi kamu para kreator konten. Untuk menciptakan momen berkualitas kapan pun dan di mana pun.

Nah, penasaran dengan keunggulan fitur kamera dari Samsung Galaxy Z Fold3 5G? Sebelum kami sebutkan 6 fitur menarik yang bisa ditemukan, Gizmo friends perlu tahu dulu setup 5 kamera yang ada di produk terbaru Samsung satu ini.

Pada bagian luar bodi, secara total terdapat 4 sensor berbeda; 3 sensor kamera belakang, dan 1 sensor yang ada di Cover Screen Galaxy Z Fold3 5G yang beresolusi 10MP. Kamera belakang masing-masing 12MP.

Ada sensor utama yang didukung Dual Pixel PDAF plus OIS, serta sensor telephoto 2x optical zoom yang juga punya stabilisasi OIS. Sementara sensor ketiga adalah ultra wide-angle dengan sudut pandang 123 derajat.

Pada bagian layar lipat di dalam, Samsung juga sematkan sebuah kamera beresolusi 4MP. Bukan sembarang sensor, ini adalah kamera bawah layar (Under Display Camera) pertama di dunia pada smartphone layar lipat. Ketika tak sedang digunakan, layar bakal tampil penuh, sehingga saat nonton video bisa jadi lebih imersif.

Flex Mode Permudah Pengambilan Foto & Video

Samsung Galaxy Z Fold3 5G

Dengan mekanisme layar lipat, Samsung memperbarui mode khusus, Flex Mode di Galaxy Z Fold3 5G. Selain memudahkan untuk jalankan dua aplikasi sekaligus, kamu juga dapat memanfaatkan mode ini untuk ambil foto dan video.

Tak lagi memerlukan bantuan alat tambahan seperti tripod, cukup lipat layar saja pada rentang 90 derajat dan letakkan di permukaan yang rata atau stabil. Baik dari kamera depan dan belakang, kamu bisa rekam video secara hands-free, bebas gangguan.

Night Mode & Night Hyperlapse

Baik sensor utama dan sensor telephoto pada Galaxy Z Fold3 5G sudah dilengkapi stabilisasi tingkat hardware, membantu pengguna untuk ambil momen dengan jelas meski tangan sedikit bergetar. Namun bila kamu inginkan hasil maksimal, kombinasikan sama Flex Mode dengan Night Mode.

Samsung juga menyediakan fitur Night Hyperlapse, memungkinkan pengguna untuk rekam suasana malam sampai pergerakan langit secara cepat. Umumnya membutuhkan waktu lebih lama dari perekaman video biasa, mengingat durasinya bakal dipercepat.

Nggak mungkin, dong, harus pegang smartphone sampai bermenit-menit lamanya. Selain melelahkan, juga berisiko footage yang ditangkap tidak stabil. Dengan Flex Mode, cukup letakkan perangkat dan rekam sesuai durasi yang diinginkan, sembari beraktivitas lainnya.

Director’s View Untuk Momen Dua Arah

Samsung Galaxy Z Fold3 5G

Banyaknya sensor kamera pada Galaxy Z Fold3 5G tentu bakal terasa kurang berarti kalau bisa digunakan secara bersamaan. Fitur yang sudah hadir di Galaxy S21 Series 5G terbaru, Director’s View juga dibawa ke seri foldable.

Fungsinya? Untuk merekam video dari kamera depan dan belakang secara bersamaan. Cocok untuk momen yang perlu ekspresi dua sisi, maupun jenis reaction video yang sedang populer. Tak hanya itu, saat merekam, bakal ditampilkan tiga sudut pandang dari tiga sensor kamera utamanya.

Tujuannya agar sebelum berpindah kamera, perekam video bisa tahu gambaran bila menggunakan sensor telephoto/ultra-wide sebelum memutuskan untuk ganti kamera. Sebuah fitur yang memang telah dipikirkan secara matang.

Capture View dari Layar Utama

Samsung Galaxy Z Fold3 5G

Layar lipat utama Dynamic AMOLED 2X 7,6 inci juga bisa dimanfaatkan dengan baik ketika sedang ambil foto. Alih-alih tampilkan viewfinder secara penuh, mode Capture View bisa dimanfaatkan. Membuat tampilan selayaknya menjadi seorang fotografer studio profesional.

Lewat mode ini, layar akan terbagi dua, di mana viewfinder kamera serta tombol-tombol ditampilkan di sebagian kanan layar. Sebagian kiri? Akan ditampilkan beberapa tangkapan foto terakhir. Jadi nggak perlu lagi tekan tombol khusus atau masuk ke galeri lebih dulu untuk lihat hasil tangkapan.

Dual Preview dengan Dua Layar Aktif

Anggaplah Gizmo friends sedang ambil foto teman atau keluarga menggunakan layar utama. Skenario yang terjadi di smartphone konvensional, subyek harus mengira-ngira dan melihat hasil foto setelah diambil. Dengan adanya Cover Screen seluas 6,2 inci di depan, situasi seperti ini tak perlu terjadi.

Sembari ambil foto, subyek yang sedang difoto juga bisa atur pose dan posisi di dalam frame. Dengan mengaktifkan fitur Dual Preview, layar luar bakal aktif sebagai viewfinder sekunder, membuat mereka bisa memperbaiki posenya sendiri.

Selfie Pakai Kamera Utama? Bisa!

Samsung Galaxy Z Fold3 5G

Meski dilengkapi kamera depan di masing-masing layar, pengguna Galaxy Z Fold3 5G juga bisa melalukan swafoto atau selfie menggunakan sensor kamera utama. Tentu, caranya bukan dengan memutar foto dan mengira-ngira sendiri ya.

Selain Dual Preview, Cover Screen pada bodi luar juga bisa dijadikan viewfinder ketika sedang foto diri sendiri pakai kamera utama. Bebas pilih deh, mau pakai sensor wide atau ultra wide-angle untuk jarak pandangan yang luas.

Semasa pre-order yang masih berlangsung hingga 29 Agustus 2021, Gizmo friends bisa mendapatkan penawaran khusus untuk pembelian Samsung Galaxy Z Fold 3 5G, lewat situs www.galaxylaunchpack.com atau Galeri Indosat serta XL Center. Bonus hingga Rp5,239 juta, terdiri dari proteksi Samsung Care+, e-voucher serta cashback dari bank tertentu.

Galaxy Z Fold3 5G sendiri hadir dalam dua opsi memori, di mana masing-masing dibanderol seharga Rp24,999 juta (12/256GB) & Rp26,999 juta (12/512GB). Tersedia dengan pilihan warna Phantom Black, Phantom Green dan Phantom Silver. Samsung juga berikan program buy back 60% untuk pembelian smartphone foldable seri berikutnya di tahun depan.


Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama dengan Samsung Electronics Indonesia

Tinggalkan komen