alexa

Riset OCBC NISP Financial Fitness Index, 85% Generasi Muda Kurang Sehat Finansial

Jakarta, Gizmologi – Pengelolaan keuangan memang menjadi hal penting saat ini. Terutama pada era di mana semua bisa dilakukan dengan mudah, termasuk metode pembayaran, sehingga apabila tidak dikendalikan bisa berakibat fatal. Perlunya ada edukasi lebih juga dibuktikan dengan hasil riset dari OCBC NISP, lewat paparan Financial Fitness Index Indonesia.

Bertepatan pada momentum HUT RI ke-76, Bank OCBC NISP mempersembahkan sebuah paparan riset hasil kerjasamanya dengan lembaga terkait, yaitu NielsenIQ. Riset Finansial Fitness Index berikan gambaran kondisi kesehatan finansial generasi muda, melihat perilaku dalam pengaturan finansial dan bagaimana cara memperbaikinya.

Lalu apa yang ditemukan dari riset tersebut? Hanya sekitar 37,72% saja dari generasi muda Indonesia yang memiliki status sehat secara finansial, alias mayoritas masih punya literasi keuangan rendah. Hanya 14,3% anak muda yang terlihat berusaha tingkatkan kesehatan finansialnya, meski kondisinya pun belum ideal. Bila dibandingkan, Singapura sendiri sudah mencapai 61%.

Baca juga: OCBC NISP Luncurkan Financial Fitness, Program Melek Finansial Pribadi

4 Faktor Utama Pengaruhi Hasil Financial Fitness Index

OCBC NISP Financial Fitness Index
Ka Jit, Direktur Bank OCBC NISP dalam sebuah sesi virtual pekan lalu (19/8).

Menurut Ka Jit, Direktur Bank OCBC NISP, akses masyarakat pada layanan dan produk keuangan yang meningkat tak sejalan dengan pemahaman terkait keuangan. “Riset OCBC NISP Financial Fitness Index menunjukkan 85,6% generasi muda terlihat “kurang sehat” secara finansial dan perlu segera melakukan check-up, sisanya terlihat ‘sehat’ namun ternyata PR-nya masih banyak,” tambahnya.

Dalam sebuah sesi virtual yang diadakan Kamis (19/8), turut hadir pula Inggit Primadevi selaku Director Customized Intelligence pada NielsenIQ Indonesia. Inggit mengatakan bila OCBC NISP Financial Fitness Index tak hanya paparkan hasil riset kesehatan keuangan, namun menjadi tolok ukur pengambilan untuk raih kesehatan finansial. Ia kemudian memaparkan empat faktor penting dalam meraih hal tersebut.

“Hasil riset Financial Fitness Index ini menunjukkan empat faktor utama bagaimana meningkatkan kesehatan finansial generasi muda, yakni dengan membuat alokasi anggaran, membuat pencatatan sederhana pengeluaran, konsultasi dengan financial planner dan terus belajar pengaturan keuangan,” jelas Inggit. Dalam riset tersebut, juga diketahui hanya 16% memiliki dana darurat, sementara 43% di antaranya meminjam uang dari keluarga atau teman.

OCBC NISP Ingin Tingkatkan Kemampuan Generasi Muda Sehat Secara Finansial

OCBC Nyala Financial Fitness

Dalam usaha untuk meningkatkan skor Financial Fitness Index generasi muda, OCBC NISP menghadirkan sejumlah program yang bisa membantu meningkatkan kondisi saat ini. Dimulai dengan sebuah metode singkat, Finansial Fitness Check Up yang bisa diakses pada situs berikut, hanya memerlukan waktu sekitar 3 menit dan bersifat rahasia.

Selain itu, ada pula beberapa solusi pendampingan keuangan yang dihadirkan. Mulai dari pelatihan khusus dari para pakar yang telah ditunjuk oleh OCBC NISP, komunitas meNYALA, platform edukasi Ruang MeNYALA dan Financial Fitness Gym.

Generasi muda diajak untuk bangkit dan tak hanya sekadar mau, namun juga mampu meraih kesehatan finansialnya di momentum peringatan HUT RI. “Sudah ada 80 kelas nge-Gym Finansial, 4,000 anggota komunitas dan coach finansial, 250 konten video, podcast dan guidebook yang siap untuk dukung generasi muda #BangkitMerdekaFinansial,” tutup Ka Jit.

Tinggalkan komen