MediaTek Kompanio 900T, Chipset Tablet & Chromebook Kelas Menengah

Jakarta, Gizmologi – Persaingan antar seri dan kelas tablet Android saat ini memang masih belum seramai smartphone. Meski begitu, tingkat minat dan penggunaannya dinilai terus naik berkat adanya situasi pandemi. Salah satu pembuat chipset terkemuka tak mau lewatkan momen tersebut, menghadirkan varian cip baru seperti MediaTek Kompanio 900T.

Ya, kebutuhan akan bekerja dan sekolah daring membuat masyarakat membutuhkan perangkat portabel dengan layar besar, untuk bertatap muka lebih jelas. Maka tak heran bila perangkat tablet jadi solusi utama, terutama seri yang tak terlampau mahal harganya. Tak perlu membeli laptop, dan punya fungsi hampir serupa smartphone dalam hal kelengkapan aplikasi.

Beberapa bulan lalu, MediaTek sendiri sudah merilis chipset terbaiknya khusus untuk tablet serta laptop berjenis Chromebook, yaitu seri Kompanio 1300T. Namun seri tersebut diperuntukkan untuk flagship saja, menjadi opsi untuk melawan chipset milik Qualcomm seperti pada Galaxy Tab S7 FE 5G, atau juga Huawei MatePad 11. Dua tablet terbaru dengan harga premium.

Baca juga: Keunggulan MediaTek Dimensity 1100 5G, Chipset Kencang di POCO X3 GT

“Dengan platform MediaTek Kompanio, pengguna bisa andalkan pengalaman komputasi seluler yang luar biasa,” jelas Zeng Baoqing, General Manager, Intelligent Multimedia Division di MediaTek dalam sebuah rilis digital. Secara garis besar, MediaTek Kompanio 900T dirancang untuk berikan performa tinggi dengan konsumsi daya sangat rendah, sekaligus teknologi canggih untuk konektivitas & AI.

MediaTek Kompanio 900T Gunakan Fabrikasi 6nm

MediaTek Kompanio 900T

Serupa dengan seri sebelumnya, MediaTek Kompanio 900T memiliki arsitektur CPU octa-core alias 8 inti dengan proses fabrikasi 6nm TSMC—dipastikan bakal benar-benar hemat daya. Yang membuatnya berbeda adalah jumlah CPU terkencangnya. Kalau seri 1300T punya 4 inti Cortex-A78 (@ 2.4GHz), 900T hanya punya 2 inti.

Sisanya adalah 6 inti Cortex-A55 (@ 2GHz) yang lebih hemat daya. Untuk menemani CPU-nya, MediaTek Kompanio 900T mengusung GPU Mali-G68 MC4, dukungan jenis RAM LPDDR4x & LPDDR5, serta penyimpanan berjenis UFS 2.1 & 3.1. Dua bagian terakhir memang sudah benar-benar setara flagship masa kini, berikan fleksibilitas bagi perancang produk.

Dengan dukungan konektivitas paling mutakhir, tentunya MediaTek Kompanio 900T juga sudah membawa modem 5G yang mendukung jaringan SA & NSA. Dukungan dual-carrier aggregation mampu berikan kecepatan yang optimal. Sementara teknologi yang juga ada pada cip smartphone seperti MediaTek 5G UltraSave tak lupa disematkan pada chipset baru MediaTek satu ini, hemat daya hingga 50%.

MiraVision Disematkan di Cip MediaTek Kompanio 900T

MediaTek Kompanio 900T

Selain mendukung dua kartu SIM 5G simultan, dukungan lain terkait konektivitas yang dibawa oleh MediaTek Kompanio 900T adalah Wi-Fi 6 2×2 MIMO serta Bluetooth 5.2. Dan mengingat sebuah tablet memerlukan tampilan layar prima, cip ini sudah mendukung resolusi layar tinggi hingga 2K 1200p.

Tak hanya itu, pergerakan halus bisa diberikan oleh vendor dengan menggunakan panel refresh rate 120Hz. Dan untuk konten yang ditampilkan, teknologi MiraVision yang dimiliki MediaTek Kompanio 900T bakal mampu olah kualitas video SDR menjadi mendekati HDR. Bahkan konten HDR10+ bakal tetap ditingkatkan kualitasnya dalam tiap frame.

Meski sangat jarang sebuah tablet atau Chromebook unggulkan kamera, MediaTek Kompanio 900T siapkan dukungan sensor kamera hingga resolusi 108MP untuk satu sensor, atau dua sensor hingga 20MP. Perekaman videonya tentu saja sudah mendukung sampai resolusi 4K.

Pihak MediaTek sendiri tak sebutkan secara gamblang kapan perangkat tablet maupun Chromebook terbaru bakal gunakan cip MediaTek Kompanio 900T ini. Namun dengan semakin banyaknya pilihan, tentu akan membuat tablet masa depan semakin kaya akan opsi—yang berujung menguntungkan konsumen.

Tinggalkan komen