Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Rumor Peluncuran iPhone 12 di Indonesia, Bakal Hadir Desember 2020?

0 6.651

Pada bulan Oktober 2020 kemarin, Apple telah merilis empat smartphone terbaiknya untuk bersaing melawan flagship Android yang ada sepanjang tahun ini. Ya, meskipun iPhone 12 series sudah diluncurkan secara global, keempatnya tak kunjung hadir resmi di Indonesia. Meski sudah cukup banyak masyarakat yang sudah memilikinya.

Namun untuk membeli smartphone dari luar negeri, pajaknya cukup mahal dan kita harus melakukan register IMEI terlebih dahulu. Belum lagi menanti waktu pendaftaran sinyal, apalagi dengan kabar bila mesin CEIR kapasitasnya sudah hampir penuh, bisa bikin lama. Nah, kabarnya tak perlu menunggu waktu lebih lama lagi untuk membeli iPhone 12 resmi di Indonesia.

Sebelumnya, untuk menantikan kehadiran smartphone Apple secara resmi, membutuhkan waktu rata-rata 3-4 bulan dari peluncuran sampai resmi hadir di Tanah Air. Sebut saja iPhone SE (2020) yang rilis pertengahan bulan April, dan baru masuk ke Indonesia di penghujung bulan September. Namun sepertinya iPhone 12 bakal tak selama itu.

iPhone 12 Bakal Hadir di Pekan Kedua Desember 2020

iPhone 12

Kabar ini didapat oleh MakeMac, yang mengaku telah mendapatkan informasi dari berbagai sumber tepercaya. Disebutkan bahwa iPhone 12 series bakal hadir pada bulan depan, alias bulan terakhir di tahun 2020. Sebelumnya, mereka dapati info bila smartphone terbaik Apple tersebut bakal datang pada 4 Desember 2020.

Tetapi hingga saat ini, belum ada informasi atau rumor jelang tanggal tersebut. Dan dari sumber lain, didapati kabar jika iPhone 12 series bakal hadir di 18 Desember mendatang. Dengan begitu, jeda penjualannya serupa dengan iPhone 11 series yang rilis 2019 lalu. Kabar baik bagi Gizmo friends yang ingin segera melakukan upgrade jelang libur natal dan tahun baru.

Meski rumor tanggal perilisan iPhone 12 series sudah muncul, MakeMac sendiri belum bisa memastikan apakah keempatnya bakal hadir secara serentak, atau dibagi dalam dua batch. Seperti yang kita ketahui, secara global, Apple menyediakan iPhone 12 dan iPhone 12 Pro lebih awal untuk konsumen. baru selang beberapa minggu kemudian, iPhone 12 Mini dan 12 Pro Max tersedia di pasaran.

Mungkin itu adalah strategi Apple agar penjualan keempat serinya bisa maksimal. Karena seperti yang kita tahu, iPhone 12 Mini punya daya tarik besar mengingat dimensinya yang sangat kompak. Sementara iPhone 12 Pro Max kini punya setup kamera yang lebih baik dari varian Pro biasa, setelah sebelum-sebelumnya yang membedakan hanya dimensi layar serta baterainya saja.

Sertifikasi iPhone 12 di Indonesia Sudah Tuntas

Sertifikasi SDPPI iPhone 12
Sertifikasi SDPPI iPhone 12 series.

Yang pasti, keempat seri iPhone 12 telah berhasil mengantongi sertifikasi yang diperlukan untuk ‘tayang’ di Indonesia. Kementerian Perindustrian atau Kemenperin telah rilis sertifikat TKDN, sementara Kominfo juga sudah merilis sertifikat dari Ditjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI), untuk frekuensi radio perangkat.

Sertifikasi diajukan oleh dua distributor resmi perangkat Apple di Indonesia, yang biasa menjual produk iPhone resmi. Yaitu PT Erajaya Swasembada, Tbk dan Mapple Mitra Adiperkasa, yang masing-masing memiliki toko seperti Erafone dan Digimap. Sehingga seharusnya tak membutuhkan waktu lama lagi untuk segera dijual lewat dua rekanan tersebut. Berapa harganya? Kita tunggu saja ya.

Tinggalkan komen