Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Spotify dan Kakao Entertainment Perbarui Lisensi, Beberapa Lagu Siap Kembali

0 427

Kakao Entertainment bersama layanan musik streaming Spotify telah mengumumkan pembaruan perjanjian lisensi mereka. Sebelumnya, ratusan lagu K-pop menghilang dari Spotify setelah kontrak antara kedua pihak berakhir. Kedua perusahaan merilis pernyataan terpisah tentang berakhirnya perjanjian ini.

Baca juga: Spotify Gulirkan Fitur Sortir Lagu Berdasarkan Mood & Genre

Saat ini, kedua perusahaan tersebut telah berdamai dan melanjutkan kerja sama. Pada 11 Maret, Spotify dan Kakao Entertainment mengumumkan telah menyelesaikan diskusi tentang pembaruan kontrak lisensi global mereka. Hasilnya, konten Kakao Entertainment akan tersedia di platform Spotify di seluruh dunia, termasuk di Korea Selatan.

Dengan resminya, Spotify dan Kakao Entertainment bekerja sama, sudah sewajarnya jika perdebatan yang terjadi antara fans dan musisi negeri gingseng dapat berakhir. Ketika dunia dihebohkan dengan dihapusnya sebagian lagu dari artis Kakao Entertainment, beberapa pihak mempertanyakan kebijakan tersebut. Mengingat penggemar K-pop yang begitu fanatik permasalahan ini menjadi buah bibir trending topik di Twitter.

Lagu K-Pop Kembali Nongol di Spotify

spotify kpop

Dikutip dari Variety, Spotify menyatakan musik artis Kakao Entertainment akan tersedia di playlistnya lagi untuk penggemar global mereka dan untuk lebih dari 345 juta pendengar di 170 negara di seluruh dunia. Layanan streaming terbesar ini berkomitmen menghubungkan artis dengan penggemar di seluruh dunia dan menampilkan musik dari seluruh dunia.

Lebih lanjut Spotify mengungkapkan akan selalu aktif bekerja dalam negosiasi dengan artis, label, dan pemegang hak untuk memberikan dampak positif pada sistem streaming Korea. “Kami senang dapat menjangkau pendengar Korea tidak hanya dengan lagu-lagu ini tetapi juga dengan perpustakaan kami yang berjumlah lebih dari 70 juta trek dan lebih dari 4 miliar daftar putar,” ujarnya.

Memperhatikan Pertumbuhan Industri Musik Korea Selatan

Spotify

Kakao Entertainment menyatakan telah resmi menyelesaikan diskusi untuk kontrak lisensi musik dengan Spotify. “Kami telah setuju untuk melanjutkan merilis musik kami di layanan global, termasuk di Korea Selatan,” kutipnya.

Melalui kemitraan yang beragam di seluruh dunia, termasuk Spotify, pihak Kakao Entertainment tetap ingin membantu artisnya terhubung dengan pendengar di seluruh dunia dan menciptakan peluang bagi orang-orang untuk menikmati K-pop.

Baca juga: Ekspansi Global, Spotify Perluas Layanan ke 85 Negara Baru di 2021

Dengan hal itu, pihak studio rekaman tersebut akan selalu melindungi hak artis, label, dan pemegang hak serta untuk pertumbuhan ekosistem kreatif yang stabil untuk industri musik Korea. Beberapa artis yang sempat hilang lagunya akan kembali diantaranya IU, Seventeen, Nu’est, Mamamoo, Epik High, Monsta X, Apink, Zico, Block B, Lovelyz, Brave Girls, CNBlue, Younha danlainnya.

Terlepas dari pentingnya K-pop di seluruh dunia, Spotify sudah seharusnya bergerak cepat menyikapi hal ini. Meskipun Spotify mengidentifikasi Korea Selatan sebagai pasar musik terbesar keenam di dunia, pada bulan Februari perusahaan tersebut menggambarkan Korea Selatan sebagai hanya pasar ke-93 dimana layanannya akan tersedia.

Tinggalkan komen