Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Youtap Resmi Hadir, Jadi Teman Dagang Para UMKM Indonesia

0 683

Perusahaan teknologi yang memfokuskan kebutuhan para pelaku usaha, Youtap, kini resmi hadir di Indonesia. Dengan menawarkan berbagai inovasi untuk efisiensi, efektivitas dan produktivitas, Youtap akan membantu pengembangan bisnis terutama para UMKM kecil seperti warung dan toko kelontong.

Sejak diluncurkan pertama kali pada 2007 silam di Selandia Baru, aplikasi ini hanya dapat digunakan untuk proses pembayaran e-money, real time, layanan digital banking, dan layanan platform point sale. Kini, layanan yang mereka hadirkan semakin lengkap.

Menurut Herman Suharto, Chief Executive Officer (CEO) Youtap Indonesia memaparkan, dalam 5 tahun kedepan, pertumbuhan ekonomi nasional akan ditopang oleh ekonomi digital. “Untuk itu, Youtap hadir demi menawarkan solusi bisnis dan fokus untuk membantu pelaku usaha dalam setiap layanan yang diberikan.” ujarnya saat peresmian Youtap Indonesia di kawasan SCBD Jakarta, Selasa (18/2/2020).

Baca juga: Resmi Hadir, Aplikasi Orami Parenting Siap Bantu Para Ibu Indonesia

Fitur Aplikasi Youtap

warung youtapLayanan dan teknologi yang ditawarkan Youtap sangat lengkap, teknologinya sendiri mencakup layanan pembayaran baik tunai maupun non tunai, layanan kasir, pengelolaan inventori, laporan, analisa, customer loyality hingga insight.

Layanan Youtap saat ini sudah diujicobakan mulai dari pelaku usaha (merchant) skala besar sampai ke skala mikro. Pondasi teknologi yang kuat, menjadi alasan kolaborasi antara Youtap dengan mitra strategis. Melalui kerjasama antara Salim Grup, Youtap berhasil menggandeng mitra bisnis besar seperti McDonald’s, LinkAja, DANA dan ShoppeDay.

M. Syaiful Anam, Head of Product Youtap Indonesia mengatakan bahwa dalam penerapannya, aplikasi ini dapat membantu mempercepat proses transaksi serta mencatat segala bentuk transaksi secara rapi. Para pelaku usaha juga dapat melacak pemasukan dan pengeluaran dengan mudah.

“Cara transaksinya menggunakan beberapa metode, bisa cash atau scan QR. Dan tercatat dengan sistem kasir juga disertai buku penjualan digital untuk mengetahui pertumbuhan atau pergerakan uang yang ada di merchant,” ucap Anam.

Aplikasi ini sendiri sudah tersedia untuk pengguna Android di Google Play Store dan segera menyusul untuk pengguna iOS. Untuk cara mendaftar, pengguna atau merchant hanya perlu donwload, register, masukkan produk ke katalog, dan bisa langsung digunakan.