alexa

7 Pilihan Smartphone Belajar Online Rp1 Jutaan, Punya Layar Besar!

PPKM masih & bakal terus diperpanjang sampai persebaran virus COVID-19 melandai. Artinya, sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ) bakal terus diterapkan. Mencari alternatif perangkat yang cocok selain laptop? Simak rekomendasi HP belajar online terjangkau yang layak jadi pilihan.

Untuk mencari HP belajar online yang cocok, dibutuhkan beberapa spesifikasi kunci yang memadai. Beberapa di antaranya seperti layar besar agar terlihat jelas saat sedang bertatap muka secara virtual lewat kelas daring, baterai awet agar tak perlu sering charge, serta kapasitas memori besar untuk menyimpan dokumen maupun tugas pembelajaran.

Tak perlu khawatir, seiring kemajuan teknologi, kini perangkat yang terjangkau pun juga sudah layak untuk digunakan dalam keperluan edukasi. Langsung saja, berikut adalah 7 pilihan HP belajar online terbaik dengan harga terjangkau, tak sampai Rp1,5 juta.

Rekomendasi Hp belajar online terbaik 

realme C21Y

realme C21Y hp belajar online

Dimulai dari HP belajar online terbaru dari realme. Ya, realme C21Y benar-benar diluncurkan khusus untuk kebutuhan tersebut, dengan spesifikasi yang disempurnakan. Dijual dengan harga Rp1,499 juta semasa flash sale. Apa saja yang didapatkan?

Chipset Unisoc octa-core 12nm, memori 3/32GB, baterai 5,000 mAh dan layar IPS 6,5 inci HD+ yang berkualitas. Selain tampil kece, daya tahan fisiknya juga sudah lolos standar TUV Rheinland—dirancang lebih kuat, cocok untuk pelajar. Juga sudah menjalankan Android 11.

Dengan harga paling premium, setup kameranya juga jadi yang paling lengkap. Tiga sensor di belakang terdiri dari sensor utama 13MP, dan dua sensor 2MP untuk depth sensor serta makro. Dalam situasi yang diperlukan, baterai realme C21Y juga bisa digunakan sebagai powerbank lewat fitur reverse charging.

Samsung Galaxy A02

Samsung Galaxy A02

HP belajar online sejutaan berkualitas bagus, bermerek Samsung? Tenang, ada kok. Rilis pada bulan Februari 2021, Samsung meluncurkan Galaxy A02. Dibanderol dengan harga resmi Rp1,4 jutaan, kamu bisa membelinya lebih murah sekitar Rp100 ribu di situs e-dagang ternama.

Layar besar 6,5 inci HD+ PLS yang diusungnya tentu cocok untuk sekolah daring. Sementara penyimpanan internalnya 32GB, dengan RAM 3GB yang cukup untuk multitasking. Kapasitas baterai 5,000 mAh, dua kamera 13MP di belakang plus kamera 5MP di depan juga sudah lebih dari cukup untuk kreasi konten ringan.

OPPO A11k

OPPO A11k

Diluncurkan beberapa bulan setelah penawaran dari Xiaomi, OPPO A11k kini sudah bisa didapatkan dengan harga kurang dari Rp1,5 jutaan. Masih jadi opsi smartphone OPPO termurah, seri ini tampil dengan desain yang berbeda, gunakan pola 3D Diamond Blaze di belakang dan perlindungan Gorilla Glass 3 di depan.

Layarnya sendiri cukup luas di 6,22 inci. Dan selain sensor sidik jari, kamera depannya juga bisa dimanfaatkan untuk fitur face unlock. Chipset Helio P35 kurang lebih sama dengan seri G35, sementara baterai 4,230 mAh masih cukup oke untuk penggunaan seharian.

OPPO juga unggulkan setup dua kamera pada bodi belakang OPPO A11k, mampu hasilkan foto potret. Dan tentunya, fitur AI Beautification juga hadir di kamera depan, agar hasil swafoto bisa lebih maksimal.

Xiaomi Redmi 9A

XIaomi Redmi 9A

Meski dirilis semester kedua tahun 2020, penawaran termurah dari Xiaomi satu ini sangat layak untuk dijadikan pilihan HP belajar online terbaik di rentang harganya. Ya, Xiaomi Redmi 9A kini bisa didapat dengan harga Rp1,199 juta saja. Tampil dengan opsi warna cerah nan atraktif.

Layar besar 6,53 inci HD+ di depan, baterai 5,000 mAh, memori penyimpanan 32GB serta MIUI yang kaya fitur termasuk jadi unggulan. Meski kamera belakangnya hanya satu, mode potret tetap tersedia lewat olah software. Chipset MediaTek Helio G25 juga masih cukup oke untuk kebutuhan belajar.

Advan G5 Plus

Advan G5 Plus

Ketika vendor lokal tak mau kalah bersaing, hasilkan sebuah perangkat Android terjangkau yang cocok untuk dipilih sebagai HP belajar online. Advan G5 Plus dibanderol seharga Rp1,199 juta saja, bahkan diskon khusus di beberapa situs e-dagang.

Dimensi layarnya termasuk yang paling besar di kelasnya, mencapai 6,6 inci. Kapasitas RAM-nya juga lega di 3GB, dengan penyimpanan internal 32GB. Pada bodi belakangnya, disematkan kamera 13MP yang diklaim punya kualitas superior. Namun tentunya, harus ada bagian yang ‘disederhanakan’. Selain chipset Unisoc versi sederhana, kapasitas baterainya juga tergolong kecil di 3,500 mAh saja.

Infinix Smart 5

Infinix Smart 5A

Merek yang satu ini hadirkan opsi yang cukup menarik untuk kamu yang cari HP belajar online murah. Infinix Smart 5 2021 meluncur dengan spesifikasi di atas kertas cukup lengkap, terutama untuk banderol harga Rp1,199 juta. Desainnya sendiri mirip seperti seri yang lebih mahal.

Terdapat tiga sensor kamera pada bodi belakang, meski dua di antaranya hanya sensor sekunder. Layar depannya sangat luas di 6,6 inci, dan tak seperti Advan, Infinix Smart 5 2021 diimbangi baterai berkapasitas 5,000 mAh. Hanya kapasitas RAM-nya saja yang sedikit kurang lega di 2GB, meski sejatinya masih bisa dicukupkan untuk keperluan standar.

Tecno Spark 6 Go

Tecno Spark 6 Go

Jadi yang paling murah, Tecno Spark 6 Go dibanderol harga sekitar Rp1,129 juta saja. Smartphone yang masih satu perusahaan induk dengan Infinix ini jalankan sistem operasi Android 10 Go Edition. Meski begitu, saat kami ulas, fiturnya pun cukup melimpah.

Berkat sistem operasi yang ringan, chipset quad-core serta RAM 2GB tak membuat performanya menjadi lambat. Kapasitas baterai 5,000 mAh juga sudah lebih dari cukup. Menariknya, Tecno berikan teknologi kamera AI yang bisa deteksi 18 skenario berbeda. Fitur yang jarang ditemui di smartphone Android terjangkau.

Itulah 7 saran HP belajar online sejutaan yang menarik dan bisa kamu jadikan pilihan terbaik. Mana yang menurut Gizmo friends paling cocok? Sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing ya!

Tinggalkan komen