Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Inilah Daftar 5 Smartphone Terlaris di Asia Tenggara

Persaingan industri smartphone pada kuartal pertama dan kedua tahun 2019 cukup ketat. Banyak sekali produsen yang tancap gas meluncurkan produk entry level untuk meningkatkan volume penjualan. Beberapa di antaranya bahkan berhasil menjadi smartphone terlaris di Asia Tenggara.

Laporan terbaru dari Canalys memasukkan lima smartphone terlaris di Asia Tenggara. Ini merupakan kelanjutan dari laporan yang menyatakan bahwa OPPO berhasil menduduki peringkat pertama produsen smartphone di Indonesia. 

Baca juga: Salip Samsung, OPPO Pimpin Marketshare Smartphone Indonesia Q2 2019

Menurut Canalys, pasar smartphone Asia Tenggara tumbuh moderat dengan kenaikan 2% dibanding tahun yang lalu (YoY). Ada sebanyak 30,7 juta unit dikirimkan selama kuartal II tahun 2019. Hal ini kontras dengan kawasan Asia lainnya yang mengalami penurunan.

Related Posts
1 daripada 258

Samsung mengirimkan 7,7 juta unit, yang artinya tumbuhan 5%, setelah tiga perempat kuartal mengalami penurunan. Di belakangnya adalah Oppo, yang mengirim 7,3 juta unit, mencatat kinerja kuartal terbaiknya dengan pertumbuhan 49% YoY.

Vivo tetap di posisi tiga dengan pengiriman 4,1 juta smartphone, sementara Xiaomi menggantikan Huawei berada di posisi keempat dengan pengiriman 3,7 juta unit. Realme benar-benar menjadi game changer dengan masuk lima besar untuk pertama kalinya, mengirimkan 1,6 juta smartphone, hanya di Asia Tenggara selama tiga kuartal.

5 Smartphone Terlaris di Asia Tenggara

smartphone terlaris di asia tenggaraSebagian besar smartphone di Asia Tenggara didominasi oleh merek asal China seperti Oppo, Vivo, Xiaomi, Realme, dan Huawei yang menguasai 62% pangsa pasar dengan total 19,0 juta unit di Q2. Dari angka tersebut, Canalys menemukan ada lima smartphone terlaris di Asia Tenggara.  Apa saja itu? Yuk simak berikut ini.

1 OPPO A5s

OPPO A5s

OPPO A5s menjadi smartphone terlaris di Asia Tenggara nomor satu yang paling banyak diincar. Dengan terjual sebanyak 2,6 juta unit yang beredar dipasaran. Yang membuat Hp ini laris selain harganya berada di rentang Rp 1,5 hingga Rp 2 juta spesifikasi yang diberikan juga tidak bisa dianggap remeh. Sebenernya, harga dan spesifikasi OPPO A5s kurang lebih mirip dengan pendahulunya. Yaitu, OPPO A5.

Tetapi terdapat beberapa perbedaan. Salah satunya, di sektor “jeroan” nya. OPPO A5 dibekali chipset Snapdragon 450, sementara A5s dibekali chipset baru yaitu Helio P35.Kedua chip sejatinya sama-sama memiliki CPU Cortex-A53 tetapi, Helio memiliki clockspeed yang lebih tinggi. GPU dari kedua ponsel ini juga berbeda, Helio P35 menggunakan PowerVR GE8320, sama seperti yang ada di Helio P22.

Untuk bagian layar, Oppo A5s memiliki bentang 6,2 inci panel IPS yang mendukung resolusi 720 x 1520 piksel.

Desain layarnya berbeda dari Oppo A5 yang menggunakan bilah “notch” memanjang. Oppo A5s lebih kekinian, menggunakan desain waterdrop screen.

Untuk sektor kamera, Oppo masih menyematkan konfigurasi yang sama, yakni 8 megapiksel untuk kamera depan. Kamera ganda yang terususun horisontal di belakang juga masih sama. Kamera utama beresolusi 13 megapiksel dan kamera sekunder 2 megapiksel.

Sayangnya, Oppo A5s hanya memiliki satu varian memori yakni RAM 3 GB dan memori internal 64 GB. Lalu, Oppo A5s masih menjalankan Android 8.1 Oreo yang dilapis antarmuka ColorOS 5.2, bukan Android 9.0 Pie dan ColorOS 6 terkini.

Untuk baterainya sendiri, Oppo A5s memiliki baterai berkapasitas 4.230 mAh. Sedangkan, untuk varian warna yang bisa dipilih yakni merah dan hitam.
Baca juga: OPPO A5s Hadir dengan Varian Baru RAM 3GB, Ini Spesifikasi dan Harganya

2 Samsung Galaxy A10

Samsung Galaxy A10

Samsung kembali ikut meramaikan kelas ponsel entry levelnya. Terbuki, dengan kehadirannya yang cukup menarik konsumen. Dengan terjual sebanyak 2,2 juta unit, Samsung Galaxy A10 termasuk smartphone terlaris di Asia Tenggara.

Samsung menawarkan Galaxy A10 dengan harga Rp 1,6 jutaan. Smarphone ini hadir menggunakan layar LCD IPS dengan resolusi 720×1590 pixels. Sayang, Samsung tidak menyematkan layar AMOLED khas Samsung. Tetapi, ini wajar mengingat harga yang ditawarkan cukup murah.

Dengan harga yang terbilang terjangkau dapat dimaklumi jika Galaxy A10 dijalankan dengan RAM 2GB, serta ditopang dengan prosesor octa-core Exynos 7884 dan juga GPU Mail-G71 MP2.

Meskipun hanya dibekali dengan storage/ruang penyimpanan sebesar 32GB, namun para pengguna tidak perlu kahwatir mengingat Samsung telah menyediakan tempat khusus microSD card mencapai 512GB.

Untuk urusan memotret, pada bagian belakang Samsung Galaxy A10 hanya dibekali dengan kamera utama beresolusi 13MP. Serta pada kamera depan untuk bersua foto selfie hanya dibekali dengan kamera berlensa 5MP.

Nampaknya ponsel ini kurang cocok bagi para penggemar dunia foto, mengingat minimnya spesifikasi yang ditawarkan pada kamera Galaxy A10.

Smartphone ini hanya menawarkan baterai berkapasitas 3400 mAh, terlihat Samsung tidak hanya memangkas dari sektor kamera tapi termasuk pada bagian baterai.Untuk menekan harga agar Samsung Galaxy A10 dapat dijual dengan harga yang terjangkau.

Lalu, Samsung juga turut menghilangkan fitur fingerprint pada perangkatnya ini dan hanya membekalinya dengan face recognition, yaitu menggunakan kamera bagian depan.

3 Redmi Note 7

Redmi Note 7

Hp ini pernah disebut sebagai hp gaib, kenapa? Karena sulit sekali dicari. Xiaomi sukses mengedarkan sebanyak 2,1 juta unit di pasar Asia Tenggara.

Di awal peluncurannya, Redmi Note 7 dibanderol dengan harga mulai Rp 2 jutaan, untuk kameranya Redmi Note 7 dibekali dua kamera belakang 48 MP dan 5MP. Sehingga, mampu menghasilkan foto bokeh yang cukup baik, sementara untuk kamera depan memiliki resolusi sebesar 13 MP.

Xiaomi Redmi Note 7 dibekali chipset Qualcomm Snapdragon 660 Octa-core, dengan paduan RAM yang mempunyai pilihan 3 GB, 4 GB, atau 6 GB dan storage internal dengan pilihan 32 GB atau 64GB.

Baca juga: Review Redmi Note 7: Kompetitif dari Segala Sisi

4 Vivo Y91c

Vivo tak mau kalah dengan Hp Tiongkok lain. Beredar sebanyak 1,4 juta unit di Asia Tenggara, Vivo Y91c menawarkan harga Rp 1,69 juta di Erafone.

Kamu akan mendapatkan prosesor Mediatek Helio P22 dengan 2 GB RAM. Layar Vivo Y91c memiliki resolusi yang sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan Oppo A5s, 720 x 1520 pixel.

Baterai Vivo Y91c tak dapat dianggap remeh sebab memiliki baterai sebesar 4.030 mAh.

Baca juga: Rekomendasi Smartphone Harga Rp1 Jutaan Tahun 2019 yang Cocok Buat Kamu

5 Oppo A3s

Oppo A3s

Rupanya Oppo tak puas dengan A5s, sebab Oppo A3s juga masuk dalam Hp terbanyak di pasar Hp Asia Tenggara. Oppo A3s saat ini dijual mulai dari harga Rp 1,5 juta hingga Rp 1,7 juta.

Dengan harga tersebut, kamu akan mendapatkan prosesor Snapdragon 450 dengan pilihan 2/3 GB RAM. Dengan baterai mencapai 4.230 mAh, Hp ini cukup menemani kegiatan sehari-harimu.

Saat ini Oppo A3s beredar sebanyak 1,2 juta unit di pasar Asia Tenggara.

Baca juga: OPPO A3s Unggulkan Kamera Ganda dan Baterai Kapasitas Besar