Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Review Oppo F9: Facelift dengan Penambahan Dual Camera & VOOC Flash Charge

Oppo kembali menghadirkan generasi terbaru melalui Oppo F9. Kali ini dengan mengedepankan kemampuan VOOC Charge (5-minute charging dan 2-hours talk).

Menjelang akhir Agustus yang lalu, OPPO Indonesia kembali meluncurkan portofolio produk barunya di Indonesia. Smartphone yang diberi nama OPPO F9 ini diluncurkan hanya berselang 4 bulan dari generasi sebelumnya, yaitu OPPO F7 yang dirilis pada April 2018.

Entah mengapa beberapa produsen asal Tiongkok gemar merilis seri baru dengan jarak yang teramat pendek. Padahal jika dibandingkan dengan brand global lainya seperti Apple dan Samsung, mereka butuh setahun untuk merilis generasi barunya dengan waktu yang sudah terjadwal.

Tentu mereka punya pertimbanganya sendiri. Apalagi walaupun seri F adalah termasuk kategori flagship (andalan), tetapi tidak termasuk dalam kelas premium. Jadi upaya untuk pengembangan produknya pun tidak seperti seri premium, misalnya saja seri Find dari OPPO yang  untuk meluncurkannya generasi baru butuh waktu beberapa tahun.

Karena merek OPPO yang sudah cukup kuat di pasar, tidak sulit untuk memasarkan perangkat ini.  Pada program pre-order, pihak OPPO menyebut hasil penjualan yang lebih baik daripada seri F sebelumnya sebesar 30%.
Baca: Baru Diluncurkan, Penjualan Smartphone F9 dari OPPO Tembus 30% Lebih Banyak

Related Posts
1 daripada 233

Di sisi lain, pabrikan ponsel asal China ini harus menghadapi tantangan baru. Sejak 2016, produsen smartphone asal China  ini puas merasakan di posisi runner-up alias nomor dua di bawah Samsung. Namun laporan terbaru IDC pada Q2 2018, OPPO terpaksa turun ke peringkat tiga setelah digeser Xiaomi.

Pangsa pasar OPPO turun dari 24% menjadi 18%. Sebaliknya Xiaomi mengalami lonjakan signifikan dari 3% ke 25%. Tentu saja OPPO tak bisa tinggal diam. Mereka harus menyiapkan sejumlah strategi jitu. Penjualan OPPO F9 yang bagus pada masa preorder bisa menjadi modal bahwa brand awareness mereka masih bagus.

Nah, apa yang menarik dari OPPO F9? Smartphone ini lebih mengedepankan kemampuan 5-minute charging dan 2-hours talk, yang menjadi tagline di semua display marketing mereka.

Kami pun berkesempatan menjajal secara langsung ponsel yang memiliki kamera depan apik ini. Dan mungkin kamu sudah tahu bahwa Oppo F9 dengan cantik lewat pilihan cover berwarna gradasi. Namun lebih dari dua hal tersebut, saya akan coba mengulas apa saja yang bisa kita dapat dari ponsel yang dibanderol dengan harga Rp 4,299 juta ini.

Desain  

Desain  

Harus diakui, ketika pertama memandang Oppo F9 saya langsung tertarik karena desain dan warnanya yang begitu cantik. Dalam hal membuat tampilan ponsel terlihat keren, OPPO memang jagonya.

Pada dasarnya, tidak ada perubahan signifikan pada sektor desain ini. Untuk itu kami lebih senang menyebutnya – dengan meminjam istilah yang sering disebut di kalangan otomotif – sebagai facelift.

Pada bagian belakang, OPPO F9 menerapkan teknologi gradient spraying untuk menghasilkan warna gradasi halus yang lebih gelap di bagian atas dan semakin terang di sisi bawah. Menariknya, efek warna bisa berubah tergantung dari sudut pandang mana yang dipilih.  Ditambah dengan floral pattern yang akan berkilau seperti berlian ketika terpapar cahaya, menambah kesan mewah.

Tetapi jangan terkecoh dengan penampilan casing belakang yang kemilau seperti kaca. Karena ini bukan kaca, melainkan plastik polikarbonat. Penggunaan plastik selain untuk lebih menghemat biaya, juga lebih awet. Setidaknya tidak akan ada cerita casingnya retak.

Efek warna floral pattern seperti berlian

Namun di sisi lain, casing ini mudah buram dan ada kemungkinan tergores juga. Jadi harus rajin dibersihkan agar terlihat berkilau. Atau kalau mau lebih aman, memakai jelly case yang sudah disertakan. Walau jika memakainya, casing tidak lagi terlihat kemilau. Selain itu, ponsel terasa cukup ringan dan nuansa plastik tidak memberi kesan premium.

Ada tiga varian warna yang dipilih yaitu sunrise red (merah), twilight blue (biru), dan starry purple (ungu). Ketiganya tampil atraktif tinggal menyesuaikan dengan warna kesukaan atau karakter penggunanya.

Secara umum, desain OPPO F9 mengikuti tren Full View Display dengan notch kecil di bagian atas layar. Dipadu lekukan sisi dan sudutnya yang nyaman digenggam, serta bezel tipis sebagai bingkai layar berkonsep full-view F9.

Logo Oppo, dual-camera horizontal sejajar flash, ditambah penampang fingerprint tersaji secara elegan di bagian belakang. Sementara di tiap sisinya juga bisa ditemukan ragam tombol fungsi minimalis.

Penempatan kamera depan yang letaknya di tengah layar full-view layak diapresiasi secara estetika. Namun dapat menjadi sisi minus ketika memanfaatkan mode display full view. Bagaimanapun juga, secara umum desain OPPO F9 ini bisa dibilang keren.

79%
Awesome

Review Oppo F9

Diperuntukkan bagi mereka yang gemar ber-swafoto dan membuat video blog.

  • Design
  • Display
  • Camera
  • Features
  • Performance
  • Battery