realme C11 Edisi 2021 Hadir dengan Android Go, Harga Sejutaan

Selain menambah seri baru dengan spesifikasi yang meningkat, umumnya brand smartphone juga lakukan penyegaran seri sebelumnya dengan penamaan yang sama. Hanya ditambah tahunnya saja di belakang, sebagai penanda versi terbaru. Namun realme C11 2021 justru hadir cukup unik.

Mengapa begitu? Pasalnya, bila dibandingkan generasi yang rilis tahun lalu, realme C11 2021 justru punya spesifikasi lebih sederhana. Dalam kata lain, bisa dibilang bila realme memberikan downgrade atau penurunan spesifikasi. Tak sepenuhnya aneh, sih, pasalnya Xiaomi juga melakukan hal yang sama dari seri Redmi 8A ke Redmi 9A.

Tapi alasannya cukup fair; karena Redmi 9A punya banderol harga signifikan lebih murah. Namun untuk realme, kondisinya tak sepenuhnya sama. Memang masih menjadi seri paling terjangkau, tetapi jaraknya tak jauh berbeda.

Baca juga: realme Buds Q2 & Buds Wireless 2 Neo, Audio Nirkabel Terjangkau Rp200 Ribuan

Punya Desain Mirip realme C20

realme C11 2021

Sebelum terjun ke spesifikasi, dari tampak luar terlihat bila realme C11 (2021) mengusung desain yang sama persis dengan realme C20. Dimensinya sama persis mulai dari ketebalan sampai beratnya. Sama-sama belum dilengkapi sensor sidik jari serta memiliki lubang speaker di belakang.

Pada bagian layar, spesifikasinya pun identik. Dimensinya 6,5 inci, gunakan waterdrop notch, panel IPS HD+ dan masih terlindungi oleh lapisan Gorilla Glass 3. realme memang ingin berikan perlindungan fisik yang prima hingga seri terjangkaunya, menampilkan sekian jumlah uji pada halaman produk resminya.

Spesifikasi kameranya sendiri justru setingkat lebih tinggi daripada realme C20, setidaknya secara angka, ya. Dibuat sama dengan tahun lalu, gunakan sensor utama 13MP f/2.2 dan ditemani sensor 2MP sebagai penghasil efek bokeh. Sementara di depan, disematkan sensor kamera 5MP.

realme C11 2021 Gunakan Cip Unisoc

realme C11 2021

Lalu bagian mana yang disederhanakan? Ya, tepatnya chipset yang digunakan. Tidak menggunakan rilisan MediaTek, realme C11 2021 justru ditenagai dengan cip Unisoc SC9863A—sama persis dengan yang digunakan di Nokia C3.

Dipadukan dengan RAM 2GB dan penyimpanan internal 32GB, dipastikan bila performanya bukan yang terbaik. Untuk itu, realme C11 2021 menjalankan realme UI versi spesial, alias versi sederhana berbasis Android Go. Belum diinformasikan apakah kelengkapan fiturnya masih bisa sama persis atau disederhanakan.

Setidaknya untuk bagian kamera, masih ada beragam mode yang bisa dimanfaatkan penggunanya. di antaranya mode potret, efek beauty serta HDR. Sementara kapasitas baterainya masih sama besar di 5,000 mAh, masih gunakan port micro-USB dengan pengisian daya 10 watt saja.

Untuk menghemat daya baterai ketika kapasitas hampir habis, fitur Ultra Saving Mode bisa dimanfaatkan dengan tampilan yang diubah polos, plus enam pintasan aplikasi terpenting saja. Sementara mekanisme kartunya gunakan triple slot, mendukung kapasitas kartu microSD sampai 256GB.

Harga realme C11 2021 di India

realme C11 2021

realme C11 (2021) pertama kali muncul di Rusia, dan kali ini diperkenalkan secara resmi di India. Hadir dalam warna Cool Blue dan Cool Grey, varian memorinya sendiri hanya satu. Sudah tersedia lewat situs resmi realme India serta Amazon India.

Harga resminya INR6,999, yang bila dikonversikan ke rupiah menjadi sekitar Rp1,3 jutaan. Sementara bila dicek ke situs e-dagang Indonesia, realme C11 edisi pertama punya banderol harga kisaran Rp100 ribu lebih mahal. Namun dengan cip Helio G35 yang jauh lebih ngebut.

Tinggalkan komen